Kawaii Beauty Japan

Makeup

7 Cara Memakai Blush on yang Ternyata Salah

Memakai blush on memang gampang-gampang susah. Banyak yang ternyata belum benar-benar menguasai cara yang tepat dan masih melakukan kesalahan-kesalahan fatal seperti yang berikut ini.

Santi Berlinawati

Blush on bisa menjadi cara tercepat untuk membuat wajahmu tampak lebih segar dan cantik. Namun, blush on juga bisa jadi mimpi buruk kalau kamu salah menggunakannya. Bukannya semakin cantik, kamu bisa terlihat norak ketika memilih warna yang kurang tepat atau wajahmu yang bulat akan semakin terlihat bulat karena memulaskannya pada bagian yang salah.

Pemakaian blush on yang tepat dapat membuat penampilan kamu menjadi lebih tirus dan penampilan keseluruhan menjadi semakin cantik. Memakai blush on memang kesannya simpel, namun rupanya masih banyak lho wanita yang sering memakai blush on dengan cara yang salah. Apakah kamu salah satunya? Yuk, simak!

7 Cara Memakai Blush on yang Ternyata Salah

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika menggunakan blush on dan bagaimana memperbaikinya.

Kesalahan 1: Tidak Mengikuti Bentuk Wajah

Blush on

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah banyak yang tidak tahu bagaimana harus menggunakan blush on sesuai dengan bentuk wajahnya. Bagi yang berwajah oval, gunakan pada area apple of the cheeks ke arah atas, dan untuk wajah bulat, pulaskan mengikuti tulang pipi. Sementara itu untuk wajah berbentuk hati, fokuslah pada bagian di bawah apple of the cheeks, dan untuk wajah persegi, pulaskan tepat pada apple of the cheeks.

Kesalahan 2: Memilih Warna Hanya Karena Kamu Lihat Itu Cantik

Purple blush on

Warna yang menurutmu cantik belum tentu cantik juga ketika digunakan di kulitmu. Blush on yang shimmery tidak cocok untuk semua orang. Untuk mereka yang berjerawat dan memiliki pori-pori lebar, lebih baik pilih formula matte saja. Warna yang terlalu orange juga akan terlihat norak. Sebaliknya, jika terlalu netral, warna tersebut juga akan tampak kusam pada kulit gelap, dan tidak kelihatan pada kulit pucat. Warna blush on yang sepertinya norak ketika masih di kemasan, bisa jadi justru tampak natural di kulitmu. Jadi mana yang harus dipilih? Kulit putih biasanya cocok dengan warna-warna peach yang ringan dan netral. Kulit medium cocok dengan warna rosy-pink atau peach medium, dan kulit gelap cocok dengan warna peach gelap, rose, dan reddish-purple.

Kesalahan 3: Tidak Memakai Primer

Primer

Tidak memakai bisa membuat blush on cepat luntur, terutama jika kulitmu berminyak. Gunakan primer sebelum kamu memakai blush on agar lebih tahan lama.

Kesalahan 4: Memakai Terlalu Banyak

Blush on

Blush on dapat membuat wajah tampak lebih segar, namun memakai terlalu banyak akan memberikan efek sebaliknya. Cara terbaik agar tidak berlebihan adalah dengan memakainya dengan bantuan cahaya alami. Kalau blush on-mu berbentuk powder, jangan lupa juga untuk mengibaskan sisa-sisanya sebelum memakainya. Melalui cara tersebut,hasilnya akan lebih rata dan tidak berat. Gunakan juga tanganmu dengan ringan ketika memulaskan blush on ke pipimu.

Kesalahan 5: Memilih Formula yang Salah

Powder blush on

Kalau kulitmu kering, blush on powder tidak cocok untukmu. Blush on powder akan sulit menempel di kulit kering dan terlihat chalky. Lebih baik kamu memilih blush on dengan formula cream yang sekaligus memiliki kandungan moisturizer. Dengan blush on berbentuk cream, wajahmu akan tampak dewy dan bersinar. Sedangkan untuk kulit berminyak, pilihlah blush on berbentuk powder.

Kesalahan 6: Menggunakan Brush dengan Ukuran yang Salah

Blush brush

Brush yang terlalu besar akan membuat blush on-mu melebar kemana-mana. Berbagai macam brush dibuat untuk target pemakaian di area wajah yang berbeda-beda. Jadi, gunakanlah brush yang memang dibuat khusus untuk mengaplikasikan blush.

Kesalahan 7: Kurang Membaurkan

Membaurkan

Salah satu aturan pokok dalam memakai blush on adalah jangan sampai ada garis atau area yang memperlihatkan di mana warna itu berawal. Targetnya adalah bagaimana membuat warna itu seolah-olah muncul dari dalam. Untuk blush on powder, gunakanlah 2 macam brush, yaitu 1 untuk mengaplikasikan warna, dan 1 lagi untuk membaurkan. Gunakan brush untuk membaurkan dengan gerakan melingkar. Sedangkan untuk blush on cream, baurkan dengan beauty blender lembab. Kamu juga bisa sedikit menambahkan tinted moisturizer pada beauty blender tersebut.

Jadi, sekarang sudah tahu kan cara memakai blush on dengan tepat agar pipimu bisa menjadi tirus dan penampilanmu semakin cantik? Selamat mencobanya!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait