Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Tepat dengan Bahan Rumahan

Apa kamu merasa tidak nyaman dengan bau yang berasal dari kaki kamu? Yuk, atasi dengan cara menghilangkan bau kaki yang praktis dan mudah berikut ini!

Inka Rahmawati

Masalah bau kaki memang tidak mengenal usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua bisa mengalami masalah ini. Bau kaki umumnya disebabkan oleh kebiasaan hidup yang tidak sehat dan  terhambatnya sirkulasi udara karena sepatu atau kaos kaki yang terlalu rapat menutup kaki dalam waktu yang cukup lama. Akibatnya keringat yang keluar dari kaki tidak bisa menguap. 

Cara Menghilangkan bau kaki mungkin terkesan sepele dan bukan hal yang penting. Tetapi, jika kaki kamu berbau tentu saja akan menimbulkan berbagai masalah. Terlebih lagi jika kamu harus membuka sepatu di tengah aktivitas bersama teman-teman maupun orang banyak. Bau kaki yang tak sedap bukan saja akan menyebabkan kita merasa minder namun juga dapat menghambat pergaulan. Yuk, simak cara menghilangkannya dengan bahan-bahan di sekitar kamu, ladies!

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Tepat dengan Bahan Rumahan

Jangan sampai kamu membuat orang lain terganggu dengan bau kaki kamu ya, ladies!

1. Pilih Kaos Kaki Bahan Lembut

Kaos kaki

Bila kamu sering mengenakan sepatu atau alas kaki tertutup, pilihlah kaos kaki dengan bahan yang halus yang mudah menyerap keringat misalnya bahan katun atau sutera yang mana sangat cocok dalam menjaga kaki kamu tetap kering dan sebaiknya hindari menggunakan kaos kaki lebih dari sehari untuk mencegah bakteri mudah sekali datang pada kaki yang mudah berkeringat.

2. Gunakan Bedak Antiseptik atau Antiperspirant

Bedak tabur

Apabila kaki kamu termasuk yang mudah mengeluarkan keringat, sebaiknya gunakan bedak antiseptik bisa juga bedak yang biasa digunakan untuk biang keringat sebelum anda mengenakan kaos kaki dan sepatu atau menggunakan Antiperspirant, untuk kamu yang belum tau apa itu antiperspirant. Antiperspirant adalah bahan kosmetik yang berbentuk krim biasanya dipakai untuk membersihkan wajah, tetapi ini difungsikan khusus untuk digunakan pada kaki.

Caranya, taburkan saja bedak pada kaki yang telah dikeringkan terutama pada sela jari kaki sebelum memakai kaos kaki dan Antiperspirant dioleskan pada telapak kaki untuk mengurangi keluarnya keringat karena pori-pori akan dipersempit dengan begitu aktivitas yang akan kamu kerjakan dalam waktu lama tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan kaki, jadi bau kaki akan sulit menghinggapi orang-orang yang rutin menggunakan Antiperspirant sebelum mengenakan kaos kaki dan sepatu.

3. Cucilah Kaki dengan Air Garam

Menggunakan garam

Untuk mengurangi bau kaki, sering-seringlah merendam kaki dalam air yang dicampur dengan garam selama 20 menit karena air garam sangat baik untuk menghalau kutu air dan membuat kaki lebih sehat tanpa bau. Lakukan cara ini begitu tiba di rumah setelah mengenakan sepatu dalam waktu yang lama di sekolah atau di kantor. Sebaiknya gunakanlah epsom salt untuk mentralisir bau kaki kamu.

4. Rendam Kaki dalam Air Lemon Tea

Lemon tea

Lemon ternyata juga efektif untuk menghilangakan bau kaki yang tidak sedap. Tetapi agar tidak terlalu banyak menggunakan lemon bisa juga gunakan teh bekas rendaman yang telah basi dan tambahkan jeruk lemon dengan air untuk merendam kaki. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali, termasuk untuk memelihara kesehatan kaki.

5. Pilih Sepatu yang Longgar dan Berongga

Memakai sepatu

Dalam memilih sepatu yang sehat untuk kaki juga merupakan cara menghilangkan bau kaki yang cukup efektif. Ukuran sepatu juga jangan terlalu sempit yang justru akan mengkondisikan kelembapan pada kaki dan sepatu yang sehat dan baik adalah yang memberikan sirkulasi udara pada kaki.

Nah, itu dia cara menghilangkan bau kaki yang bisa kamu lakukan, ladies. Tidak sulit kan? Jangan biarkan kakimu bau lagi ya!

Inka Rahmawati
Enjoy life, be grateful and learn to give :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy