Foto 5 Cara Merawat Kulit Kering yang Wajib Kamu Tahu

5 Cara Merawat Kulit Kering yang Wajib Kamu Tahu

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Kulit berminyak selalu dikeluhkan menjadi biang kerok jerawat. Padahal kulit kering pun sebenarnya juga memberi dampak yang tak kalah menyebalkannya. Untuk mengatasi kulit kering, simak info berikut i

Kulit kering tidak bisa memproduksi minyak atau sebum sebanyak kulit normal, sehingga pori-pori kulit pun kecil dan tidak  pernah berjerawat. Meski terdengar bagus, sebenarnya kulit sangat membutuhkan minyak untuk mempertahankan kelembaban. Tanpa kelembaban, kulit akan terlihat kasar dan mengelupas. Selain itu, keriput pun akan muncul lebih awal.

Kulit kering juga merusak bagian yang menjadi pagar bagi kelembaban di kulit. Akibatnya, akan terlihat bagian di lapisan dalam kulit yang pecah. Padahal bagian inilah yang seharusnya menjaga kelembaban kulit agar tetap di dalam, dan membuang zat-zat lain yang bisa menyebabkan iritasi. Banyak dari kita yang masih bingung mendiagnosa apakah kulitnya kering atau kombinasi. Jika kamu tidak memiliki minyak di kulitmu, sepertinya kamu memiliki kulit kering. Terlebih lagi, kalau kamu mengalami iritasi atau kulit mengelupas, kemungkinan besar kulitmu memang kering.

5 Cara Merawat Kulit Kering yang Wajib Kamu Tahu

Jangan sampai kulitmu menjadi iritasi karena sembarangan dalam merawatnya ya, ladies!

1. Hati-hati Memilih Cleanser

Cleanser

Foaming cleanser dan gel cleanser yang banyak beredar biasanya mengandung sulfate (biasanya tertera sebagai sodium lauryl sulfate, sodium laureth sulfate, atau ammonium laureth sulfate). Bahan ini merupakan zat surfaktan, yang artinya adalah agen cleansing yang membuang minyak dari wajah. Bahan ini terlalu keras untuk kulit wajah dan bisa mengurangi kelembaban dari kulit kita setiap kali usai mencuci wajah. Membasuh dengan cleanser yang membuat kulit kering akan menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati. Oleh sebab itulah, untuk mengatasi atau mencegah kulit kering, hal utama yang harus kamu perhatikan adalah memilih produk skincare-mu, termasuk cleanser. Pastikan cleanser yang kamu pakai bebas sulfate atau tidak.

2. Jangan Menunda Memakai Moisturizer

Memakai moisturizer

Setelah membasuh wajahmu, pakailah toner dengan formula bebas alkohol, serta segeralah menggunakan moisturizer. Kalau kamu membiarkan kulitmu begitu saja tanpa mengoleskan pelembab selama 1 menit, kulitmu akan mengalami dehidrasi. Lakukan rutinitas skincare-mu dengan cepat, dan pastikan kulitmu lembab dengan toner. Dengan begitu, kulit pun akan lebih lembut dan terlindungi.

3. Jangan Pernah Melewatkan Night Cream

Night cream

Beberapa orang memilih untuk tidak memakai krim malam agar kulit mereka bisa bernafas. Namun, menggunakan night cream di malam hari sangatlah penting. Night cream merupakan moisturizer tanpa kandungan tabir surya di dalamnya. Kamu pun tak harus selalu menggunakan produk yang berlabel “night cream.” Pelembab apapun bisa kamu gunakan asalkan tidak mengandung SPF. Di malam hari ketika kulit kita beristirahat, kemampuan kulit untuk menyerap sangatlah tinggi. Hal ini akan mempermudah bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam produk skincare jauh lebih mudah terserap ke dalam kulit.

4. Coba Humidifier

Humidifier

Sumber: Pennstate

Buat kamu yang tinggal di daerah dengan udara yang kering, ada baiknya kamu selalu menyediakan humidifier untuk menambah kelembaban ke udara. Udara yang lebih lembab akan memberikan kelembaban yang lebih baik pula bagi kulitmu. 

5. Gunakan Serum

Menggunakan serum

Agar kulitmu semakin terhidrasi, gunakanlah beberapa  tetes lightweight serum sebelum memakai oil-free moisturizer. Dengan begitu, kulitmu pun akan terawat dengan lebih maksimal.      


Nah, itu dia cara paling tepat untuk merawat kulit kering kamu, ladies! Jangan sampai kamu salah merawatnya hingga membuat kulit menjadi iritasi ya.

Tags:

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini