Foto Tips Merawat Wajah yang Perlu Kamu Lakukan untuk Mengecilkan Pori-Pori

Tips Merawat Wajah yang Perlu Kamu Lakukan untuk Mengecilkan Pori-Pori

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Pori-pori kulit yang besar seringkali membuat kulit tampak kasar. Mungkin kamu bisa menutupinya dengan foundation. Tapi, apa kamu tidak ingin memiliki kulit yang benar-benar halus walau tanpa ditutupi

Memiliki kulit berminyak pasti rasanya merepotkan ya, ladies! Hal ini karena kamu harus rajin menyerap minyak dengan menggunakan blotting paper. Untuk kamu yang memiliki jenis pori-pori yang besar, biasanya cenderung memiliki kulit berminyak.ori-pori yang membesar bukan hanya milik mereka yang mempunyai kulit berminyak. Semakin kita tua, pori-pori kulit pun biasanya juga akan terlihat semakin besar karena kondisi kulit yang juga semakin menurun.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkecil ukuran pori-porimu. Seperti halnya tips berikut ini, yang akan membuat pori-pori semakin kecil sehingga kulit pun terlihat lebih halus dan mulus. Sebelum mengecilkan pori-pori kamu, kamu harus membersihkan pori-porimu agar terbebas dari komedo dan jerawat. Yuk, simak!

4 Tips untuk Membuka Pori-pori

Jangan biarkan wajahmu menjadi tempat bersarangnya bakteri hingga muncul komedo dan jerawat ya, ladies!

1. Eksfoliasi Profesional

Eksfoliasi

Untuk mengatasi komedo dan pori-pori yang tersumbat, kamu harus melakukan perawatan ekstraksi profesional dari ahli kecantikan secara rutin setiap bulan. Cara ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan melakukan ekstraksi manual ataupun menyikat wajah dengan facial cleansing brush.

2. Eksfoliasi Sendiri

Eksfoliasi

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengeksfoliasi kulitmu secara lembut, serta mencegah sel-sel kulit mati agar tidak tersumbat. Menyikat kulit dengan lembut akan mengangkat sel-sel kulit mati dan bisa dilakukan setiap hari. Kamu bisa menggunakan mechanical brush atau skin brush yang lembut. Sebelum menyikat kulit wajahmu, pastikan kulit sudah dipersiapkan terlebih dahulu dengan membasuhnya menggunakan air hangat dan cleanser lembut. Berhati-hatilah untuk tidak menggosoknya terlalu kasar karena akan menyebabkan iritasi dan inflamasi, sehingga kulitmu akan kemerahan dan sembap.

3. Gunakan Salicylic Acid

Salicyl acid

Bahan ini sangat mudah meresap ke dalam kulit dan menjadikannya bersih. Kulit akan halus tanpa menyebabkan iritasi. Selain itu, bakteri dan minyak penyebab jerawat pun akan berkurang.

4. Gunakan Uap

Menggunakan uap

Panas yang dihasilkan uap akan menaikkan temperatur kulit, sehingga minyak yang mengeras di dalam pori-pori pun akan lebih mudah dikeluarkan dan dibersihkan.     

Tips Merawat Wajah yang Perlu Kamu Lakukan untuk Membuat Pori-Pori Mengecil

Agar kulitmu terasa halus dan mulus, yuk kecilkan pori-pori kamu dengan cara ini, ladies!

1. Peeling Chemical

Peeling chemical

Peeling chemical akan membantu permukaan kulit semakin halus, yang akan meminimalisir penampakan pori-pori yang membesar. Selain itu, cara ini juga dapat membersihkan pori-pori dan memperkecil ukurannya dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang terakumulasi dan menyumbat pori-pori.

2. Gunakan Retinol

Retinol

Retinol merupakan bahan yang berbasis vitamin A yang digunakan sebaga anti-aging dan anti kerutan. Retinol mampu membuat kulit kembali kenyal dengan meningkatkan produksi kolagen dan mengecilkan pori-pori. Bahan ini juga cukup efektif untuk mengurangi produksi dan ukuran kelenjar minyak, sehingga pori-pori pun semakin mengecil. Untuk komedo, kamu juga bisa menggunakan retinoid yang biasa dipakai untuk jerawat agar komedomu bisa dibersihkan.

3. Pakai Sunscreen

Sunscreen

Sinar matahari merupakan salah satu faktor penyebab ukuran pori-pori membesar. Sinar matahari akan mengganggu produksi kolagen sehingga pori-pori semakin besar. Di samping itu, kulitmu pun akan semakin kendur karena berkurangnya elastisitas. Jadi, lindungi pori-porimu dan kulit secara keseluruhan dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari dengan tabir surya atau sunscreen.

4. Coba Laser Treatment

Laster treatment

Laser adalah cara yang fantastis untuk mengatasi masalah pori-pori yang membesar. Ada berbagai macam laser treatment, di antaranya adalah Fraxel dan Laser Genesis. Fraxel akan memperhalus permukaan kulit sembari menstimulasi produksi kolagen sehingga kulit lebih kenyal dari dalam. Sementara itu Laser Genesis hampir sama namun lebih lembut dan memerlukan beberapa tahap, namun mampu mencapai lapisan kulit yang lebih dalam.


Dengan mengikuti tips ini, pori-porimu dijamin akan semakin kecil. Kulit pun kian mulus dan cantik.    

Tags:

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini