Kawaii Beauty Japan

Skin Care

7 Manfaat Tidak Disangka Buah Semangka untuk Perawatan Kulit Wajahmu

Tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan, buah semangka juga bisa kamu manfaatkan untuk wajah lho.

Ika Ayuning

Ketika udara panas, makan buah semangka tentunya sangat menyegarkan. Semangka yang 92% terdiri dari air juga kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E dan Likopen yang bermanfaat sebagai antioksidan. Karena kandungan-kandungan tersebut, selain bermanfaat untuk tubuh, semangka juga bermanfaat untuk kecantikan. 

Perawatan kecantikan tidak harus kamu dapatkan secara mahal lho, ladies! Karena sesungguhnya kamu bisa memanfaatkan buah semangka untuk perawatan wajah kamu. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak!

7 Manfaat Tidak Disangka Buah Semangka untuk Perawatan Kulit Wajahmu

Bagaimana cara memanfaatka buah semangkamu? Yuk, simak!

1. Toner Alami

Toner

Seperti telah dijelaskan bahwa semangka mengandung banyak air, maka semangka juga bermanfaat sebagai toner alami. Kamu dapat memanfaatkan irisan semangka segar atau mencampurnya dengan madu kemudian memijatnya pada kulit wajah. Selain cara tersebut, kamu juga dapat membuat jus semangka lalu mengoleskannya pada wajah dan leher.

2. ​​​​​​​Perawatan untuk Kulit Berminyak

Berminyak

Semangka yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit berminyak bekerja langsung pada pori-pori yang besar. Hal ini dikarenakan pori-pori kulit yang besar tersebut dapat memicu kelenjar minyak bersekresi berlebih. Semangka yang kaya vitamin A dapat mengurangi ukuran pori-pori kulit dan meminimalkan sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous. Lakukan dengan memijat kulit menggunakan irisan semangka segar atau mencampurnya dengan madu kemudian dioleskan pada kulit wajah.

3. Perawatan untuk Kulit Kering (Melembapkan)

Merawat kulit

Jika kamu memiliki kulit kering, maka perbanyaklah mengkonsumsi buah semangka yang kaya akan air ini untuk mengatasinya. Selain melembabkan, tubuh juga terhindar dari dehidrasi jika kamu rajin mengkonsumsi semangka. Dehidrasi sendiri adalah salah satu penyebab kulit wajah kamu kering dan kusam.

4. Mencegah Penuaan Dini

Awet muda

Rajin mengkonsumsi semangka juga dapat mencegah penuaan dini pada kulit kamu. Kandungan dalam semangka seperti likopen, vitamin A dan C dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya garis-garis halus (kerutan), keriput dan bintik-bintik karena usia. Kamu dapat menggunakan semangka sebagai masker atau langsung mengkonsumsinya dalam keadaan segar.

5. Menghilangkan Noda/Flek Hitam dan Mencerahkan Kulit Wajah

Mencerahkan kulit wajah

Manfaat lain dari buah semangka adalah sebagai scrub yang dapat menghilangkan noda/flek hitam yang ada pada wajah. Caranya sangat mudah, campurkan semangka yang sudah dihaluskan secukupnya dengan 2 sendok makan garam. Kemudian oleskan pada wajah dengan memijatnya. Diamkan selama 10-15 menit atau biarkan sampai kering dan setelah itu bilas dengan air bersih. Noda pada wajah akan berangsur-angsur hilang dan kulit menjadi lebih cerah bersinar.

Tagged in:

Artikel Terkait