Kawaii Beauty Japan

Makeup

Simak 8 Alasan Kenapa Make Up Wajah Kamu Tidak Tahan Lama

Selain menyebabkan jerawat, minyak di wajah juga seringkali menjadikan makeup cepat luntur. Di samping itu, ada alasan-alasan lainnya kenapa makeup kamu tidak tahan lama. Yuk simak!

Santi Berlinawati

Memakai make up bagi wanita adalah hal yang wajib dilakukan untuk menutupi kekurangan pada wajah. Jika tidak menggunakan make up pada wajah rasanya pasti ada sesuatu yang kurang. Namun, terkadang ketika memakai make up seringkali make up kita tidak bertahan lama padahal make up yang digunakan sudah jenis waterproof. 

Untuk kamu yang harus memakai full makeup setiap hari, Kamu pasti mengerti rasanya harus bolak-balik untuk touch up. Pastinya repot sekali kan kalau harus membawa semua perlengkapan make up-mu? Sebenarnya ada beberapa alasan yang membuat makeup-mu tidak bisa tahan lama. Yuk, simak apa saja karena bisa jadi selama ini kamu sering melakukannya, ladies!

8 Alasan Kenapa Make Up Wajah Kamu Tidak Tahan Lama

Ketahui alasan kenapa make up wajah kamu selama ini tidak bertahan lama ya, ladies!

1. Kamu Terlalu Sering Menyentuh Wajahmu

Make up wajah

Kita tahu kalau terlalu sering memegang rambut bisa membuatnya berminyak. Begitu juga dengan menyentuh wajah menggunakan tangan. Suhu hangat dari tanganmu, ditambah dengan seringnya menyentuh wajah akan merusak makeup-mu. Tak hanya itu, kamu juga pasti tahu jika kebiasaan memegang-megang kulit wajah juga dapat menyebarkan bakteri pemicu jerawat. Jadi, kenapa masih saja mengutak-atik wajahmu?

2. Kamu Tidak Melakukan Blotting

Oil Paper

Minyak yang berlebihan biasanya adalah yang menyebabkan makeup cepat luntur. Jika kulitmu adalah jenis yang berminyak, kamu pasti tahu gimana rasanya ketika jam 3 siang bercermin dan melihat wajahmu sudah dipenuhi minyak. Lebih baik tidak menutupinya langsung dengan make up. Lakukan blotting menggunakan blotting paper, kertas minyak, tisu, atau produk lainnya untuk menyerap minyak dari wajahmu. Ada juga produk blotting berjenis stik yang cukup mudah dipakai dan memberikan hasil matte, serta produk blotting berbentuk mirip beauty blender.

3. Kamu Menggunakan Produk Terlalu Banyak

Make up

Kalau kamu menggunakan moisturizer dan foundation dalam waktu 5 menit, bisa dipastikan makeup-mu akan cepat sekali luntur. Agar makeup lebih awet, kamu harus memberikan waktu bagi moisturizer untuk terserap ke dalam kulit sebelum mengaplikasikan foundation dan produk lainnya. Pastikan juga moisturizer yang kamu pakai secukupnya saja, dan tidak terlalu banyak.

4. Kamu Memakai Jenis Foundation yang Salah

Foundation

Pilihlah foundation yang benar-benar sesuai untuk jenis kulitmu. Jika foundation-mu sudah mulai luntur di siang hari, berarti foundation tersebut kurang tepat untukmu. Kalau kulitmu berminyak, carilah foundation dengan formula water based atau oil-free, seperti Clinique Stay-Matte atay Revlon ColorStay.

5. Kamu Tidak Memakai Primer

Primer

Primer adalah tahap yang sangat penting untuk mendapatkan makeup yang tahan lama. Menggunakan primer setiap hari akan sangat membantu mempertahankan foundation agar tidak cepat luntur. Jadi, kalau makeup-mu tidak bisa bertahan lama, sebaiknya kamu mulai memiliki primer. Dengan tambahan produk ini saja, kamu tak perlu lagi bolak-balik memoles dandanan wajahmu.

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait