Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

7 Tips Olahraga agar Kamu Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Sukses

Ini dia 7 tips menurunkan berat badan dengan olahraga sehat secara rutin yang wajib kamu coba!

Wikan Saputri

Memiliki badan dengan berat dan bentuk ideal memang menjadi impian sebagian besar wanita. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan ideal, mulai dari diet, mengonsumsi makanan tertentu, hingga melakukan olahraga secara rutin. Meskipun begitu olahraga secara rutin memang menjadi pilihan yang paling ampuh dan efektif untuk menurunkan berat badan.

Penurunan berat berat badan dengan melakukan olahraga rutin tidak bisa terjadi secara cepat, melainkan berangsur-angsur setiap harinya, namun olahraga rutin ini bisa menjaga berat badan agar tidak cepat naik, ladies! Langsung saja kita simak tips olahraga untuk menurunkan berat badan berikut ini!

7 Tips Olahraga agar Kamu Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Sukses

Kamu sering olahraga tapi berat badanmu tidak kunjung turun? Mungkin kamu belum memanfaatkan tips yang satu ini, ladies!

1. Pemanasan Sebelum Berolahraga

Stretching

Melakukan pemanasan sebelum berolahraga sangat penting untuk melancarkan sirkulasi darah dan mempersiapkan jantung untuk untuk memompa darah lebih cepat. Dengan melakukan pemanasan 10 sampai 20 menit sebelum melakukan olahraga inti, kamu bisa merenggangkan otot-otot yang kaku dan mengurangi resiko cedera saat melakukan olahraga inti. Satu sesi pemanasan bisa terbagi menjadi jogging, stretching lutut, stretching kaki, stretching samping, dan peregangan pinggul. Masing-masing bisa kamu lakukan selama 5 menit untuk hasil maksimal.

2. Olahraga di Pagi Hari

Olahraga

Pagi hari sangatlah cocok digunakan untuk berolahraga. Selain metabolisme tubuh masih tinggi, olahraga di pagi hari sebelum sarapan sangat baik untuk meningkatkan daya fokus, pemahaman bacaan, dan fungsi kognitif. Tak hanya itu, olahraga setelah bangun tidur di pagi hari juga lebih efektif untuk meningkatkan pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh. Para ahli menyarankan untuk melakukan olahraga aerobic selama 20 menit setiap bangun tidur untuk menurunkan berat badan.

3. Pengulangan Latihan Setelah Istirahat

Latiha

Menurut penelitian terbaru, melakukan olahraga rutin dengan pengulangan olahraga ringan lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan dengan olahraga terus menerus selama 30 menit. So, jika kamu memiliki waktu untuk olahraga selama 30 menit setiap harinya, kamu bisa mengubahnya menjadi 3 sesi olahraga yang masing-masing sesi harus dilakukan selama 10 menit. Misalnya, 10 menit cardio cepat di pagi hari, 10 menit jalan cepat setelah makan siang, dan 10 menit angkat beban setelah makan malam.

4. Latihan Mengangkat Beban

Mengangkat beban

Di antara banyak variasi olahraga, bisa dikatakan bahwa mengangkat beban adalah olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dan membangun otot sehingga badan akan lebih berbentuk dan tidak bergelambir. Tak hanya itu, olahraga angkat beban juga bisa menghindarkanmu dari bahaya diabetes, menghilangkan depresi, hingga mencegah sakit punggung. Para ahli menyarankan untuk melakukan 30 menit latihan angkat beban setiap harinya untuk mendapat bentuk tubuh yang ideal.

5. Olahraga Sambil Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik

Mendengarkan music dengan irama cepat dan suara keras akan semakin memacu semangat dan kinerja atletikmu, ladies! Biasakan untuk olahraga sambil mendengarkan music upbeat dan music-musik irama cepat lainnya untuk meningkatkan aktivitasmu.

Tagged in:
Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy