Foto 7 Cara Membersihkan Komedo Ini Harus Segera Kamu Hentikan

7 Cara Membersihkan Komedo Ini Harus Segera Kamu Hentikan

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Apapun jenis kulit kita, komedo sepertinya tidak bisa dihindari. Cara instan yang sering dilakukan adalah memencetnya, padahal hal itu bisa menimbulkan bekas di wajahmu lho.

Komedo merupakan permasalahan besar setelhah jerawat yang sering dialami oleh wanita. Tidak peduli dengan jenis kulit kita, komedo bisa saja tumbuh di jenis kulit manapun. Area yang sering ditumbuhi jerawat antara lain bagian hidung dan bawah bibir.  Area kulit yang berminyak seringkali berubah menjadi titik-titik hitam komedo yang susah untuk disingkirkan. Kurangnya kebersihan kulit serta kadar minyak yang berlebih bisa menjadi pemicu timbulnya komedo.

Ada beberapa cara alami untuk menghilangkan komedo yang sering beredar di masyarakat, namun tidak semuanya bisa kamu percaya lho, ladies! Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut dalam membersihkan komedo yang harus segera kamu hentikan. Yuk, simak!

7 Cara Membersihkan Komedo Ini Harus Segera Kamu Hentikan

Ternyata cara membersihkan komedo dengan cara ini salah lho, ladies!

1. Over Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah

Scrub memang sangat baik untuk menjaga pori-pori tetap bersih dan menghilangkan minyak. Namun, terlalu berlebihan melakukan scrub justru akan merusak kulitmu. Kulit jadi iritasi, kemerahan, dan kering. Partikel-partikel kecil di dalam scrub dapat menyebabkan inflamasi. Sementara itu, kandungan salicylic acid yang bisa menyingkirkan sel-sel kulit mati dan minyak dari kulit, akan membuat kulit kasar jika digunakan dengan terlalu kasar. Komedo pun akan semakin parah. Lakukan scrubbing satu atau dua kali dalam seminggu, dan pijat kulit dengan sangat lembut ketika melakukannya.

2. Memencet Komedo

Komedo

Sama seperti jerawat, memencet komedo agar keluar akan menyebabkan trauma pada kulit. Hal ini akan menimbulkan luka terbuka, infeksi, dan bekas pada kulit. Cara yang lebih tepat untuk mengeluarkan komedo adalah dengan ekstraksi atau mencabut.

3. Kamu Tidak Mempersiapkan Kulit Sebelum Melakukan Ekstraksi

Mempersiapkan kulit

Ekstraksi adalah cara yang lebih tepat untuk menghilangkan komedo. Namun kamu harus mempersiapkan kulit sebelum melakukannya. Bersihkan kulit terlebih dahulu menggunakan cleanser lembut, dan gunakan uap untuk membuka dan melunakkan minyak yang mengeras di dalam pori-porimu. Kamu bisa melakukannya usai mandi. Pakai sedikit moisturizer untuk mengikat panas pada kulit, dan kamu pun siap mencabut komedomu.

4. Kamu Tidak Tahu Teknik yang Tepat untuk Melakukan Ekstraksi

Cotton bud

Ekstraksi bisa dilakukan dengan atau tanpa alat bantu. Namun keduanya membutuhkan teknik yang tepat agar tidak meninggalkan bekas. Gunakan ekstraktor komedo berkualitas bagus, dan tekan ke bawah dengan lembut. Kemudian lanjutkan dengan cotton bud. Kalau kamu tidak ingin menggunakan alat, kamu juga bisa memakai jarimu. Jangan tempatkan kedua jari terlalu dekat. Beri jarak sedikit agar komedo bisa keluar dari dalam. Sembari memencet, geser jari untuk mencegah bekas di kulit. Misalnya saja, pertama-tama posisikan jari dengan arah pukul 3 dan 9, kemudian geser ke 5 dan 10, kemudian geser ke 2 dan 7. Dan jangan pernah menggunakan kukumu.

5. Kamu Memaksa Komedo yang Bandel

Komedo yang bandel

Pilihlah komedo yang paling hitam untuk memulai. Namun jika komedo tersebut tidak bisa keluar juga, beralihlah ke komedo lainnya. Kamu bisa kembali lagi nanti. Namun jika dalam percobaan ketiga tidak mau keluar juga, berarti memang belum waktunya. Jangan memaksa, atau kulitmu nanti bisa rusak.

6. Kamu Kurang Menggunakan Moisturizer

Moisturizer

Meski terdengar aneh, namun menjaga kadar minyak kulit justru dapat meminimalisir komedo. Minyak yang memiliki formula yang berat, seperti minyak alpukat memang bisa membuat kulit semakin berminyak. Akan tetapi, kekurangan minyak pada kulit justru akan membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak. Jadi, jagalah agar kulitmu selalu lembab agar komedo tidak bertambah banyak.

7. Kamu Terlalu Sering Melihat Ke Cermin Pembesar

Cermin pembesar

Cermin pembesar bisa membantu melihat dengan lebih jelas setiap detil kulitmu. Namun, hal itu juga bisa membuatmu salah persepsi mengenai komedo atau jerawat mana yang harus disingkirkan. Padahal mungkin saja ketika kamu melihat di cermin biasa, masalahnya sebenarnya tidak sebesar itu. Jadi, lebih baik jauhkan diri dari cermin pembesar.


Nah, ladies segera hentikan cara membersihkan komedo ini ya agar wajahmu bisa terbebas dari luka karena komedo dan pori-pori yang membesar karena perlakukan terhadap komedo yang salah.

              

Tags:

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini