Foto 10 Cara Memakai Make up yang Harus Kamu Hentikan Sekarang Juga

10 Cara Memakai Make up yang Harus Kamu Hentikan Sekarang Juga

Foto Marga Apsari
Hati-hati ladies, beberapa kebiasaan ini ternyata seringkali disepelekan banyak orang.

Bagi sebagian besar wanita, makeup merupakan kegiatan yang sangat penting. Sebelum pergi ke luar rumah, seperti ke kantor, kencan dengan kekasih atau hang out dengan teman-teman, tentu kamu akan mengaplikasikan makeup. Baik tebal maupun tipis, kebanyakan wanita paling tidak pergi dengan menggunakan bedak dan lipstik.

Tahukah kamu, ternyata ada beberapa kebiasaan buruk saat mengaplikasikan makeup yang harus disingkirkan mulai dari sekarang? Bahkan, ternyata beberapa kebiasaan ini dianggap sepele oleh banyak orang. Bisa jadi, kamu adalah salah satunya. Kebiasaan buruk inilah yang akan menghalangimu dari mendapatkan hasil riasan yang sempurna.

10 Cara Memakai Make up yang Harus Kamu Hentikan Sekarang Juga

Penasaran apa saja kebiasaan buruk makeup tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini yuk, ladies!

1. Meniup Kuas Make up

Meniup kuas make up

Sumber: QC Make up Academy

Kebanyakan orang mengambil produk makeup dalam jumlah banyak dengan kuas, lalu meniupkan kelebihannya tersebut. Seperti seakan-akan hal itu wajar untuk dilakukan. Namun, meniup kuas akan membuatnya jadi sarang bakteri yang akan menempel di wajahmu saat dipakai. Ini juga bisa membuat wajahmu jadi breakout. Daripada meniupkannya, lebih baik kamu menepukkannya pada lengan atau ujung kemasan produk.

2. Tidak Membersihkan Kuas

Kuas make up

Tidak jauh berbeda dengan meniup kuas, membiarkan kuasmu kotor juga bisa menjadikannya sebagai sarang bakteri. Bakteri ini nantinya akan menempel pada wajah. Sebaiknya, bersihkanlah kuas makeupmu paling tidak 2 minggu sekali. Kamu bisa menggunakan cara ini (link ke artikel yang ada video bikin alas pembersih brush), untuk mempersingkat waktu membersihkan kuas makeup!

3. Tidur dengan Make up

Tidur dengan make up

Seberapa lelahnya kamu, membersihkan makeup adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan. Sebab, membiarkan makeup di kulit wajah semalaman adalah cara terbaik untuk membuat kulit menjadi rusak. Tidak hanya muncul jerawat, tidak membersihkan makeup juga akan membuat pori-pori wajahmu tersumbat dan menambahkan kerut halus. Jika kamu semalas itu untuk membersihkan wajah dengan sabun, kamu bisa menggunakan micellar water atau tisu basah.

4, Tidak Menggunakan Pelembap Sebelum Foundation

Pelembap

Menggunakan pelembap sebelum makeup merupakan salah satu langkah terpenting dalam ritual kecantikanmu. Tanpa pelembap, kulit akan terasa kering, bintik hitam jadi lebih mudah timbul. Sebelum mengaplikasikan makeup, kamu membutuhkan kulit wajah yang sehat dan lembap agar hasilnya maksimal. Kamu bisa gunakan pelembap dengan SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV.

5. Menyamakan Warna Eyeshadow dengan Pakaian

Eyeshadow

Kebanyakan orang menyamakan warna eyeshadow dengan pakaian yang dikenakan. Daripada seperti itu, kamu bisa memilih warna eyeshadow yang senada dengan warna bola mata. Kamu bisa juga menggunakan warna-warna yang kontras dengan mata untuk membuat bola matamu tampak lebih bersinar. Misalnya, mata berwarna hijau akan tampak sangat cantik dengan warna eyeshadow kecokelatan. Sementara mata berwarna biru akan tampak semakin indah dengan warna eyeshadow jingga.

6. Menggunakan Tangan Saat Menentukan Warna Foundation

Foundation

Saat menentukan warna foundation yang tepat, hindari untuk mengetesnya di punggung tangan. Sebab, foundation akan kamu pakai di wajah. Cobalah foundation di bagian tulang pipi dekat telinga dan sekitar tulang rahang. Kamu akan lebih mudah menemukan warna foundation yang cocok!

7. Tidak Membaurkan Foundation dengan Rata

Foundation

Saat kamu menggunakan foundation di seluruh bagian wajah, keseringan kita hanya mengaplikasikannya sampai dagu atau tulang rahang. Ini akan membuat tampilanmu jadi belang. Jangan sampai ini terjadi padamu, ladies! Tentu kamu tidak ingin warna kulit wajahmu jadi jauh lebih putih daripada lehermu, kan? Gunakan foundation hingga ke bagian leher. Kamu bisa menambahkan bronzer di sekitar leher untuk membuat tampilannya lebih natural.

8. Tidak Mengunci Concealer

Concealer

Setelah selesia meng-cover area bawah mata dengan concealer, jangan langsung beralih ke eyeshadow atau yang lainnya. Pastikan kamu untuk mengunci concealer-mu agar tidak cakey atau luntur dengan mengaplikasikan translucent powder. 

9. Hanya Menggunakan Lip Liner di Pinggir Bibir Saja

Lip liner

Seberapa sering kamu menggunakan lip liner sebatas untuk membingkai bibirmu, ladies? Kebanyakan orang hanya menggunakan lip liner sebagai bingkai, kemudian langsung mengisinya dengan lipstik. Jika ingin membuat tampilan lipstikmu lebih tahan lama dan mencolok, jangan lupa untuk baurkan lip liner dengan lipstik ya!

10. Menekan Maskara ke Botol 

Maskara

Kebanyakan dari kita, ketika menggunakan maskara, memasukkan kembali ke dalam botol agar bisa warna yang dihasilkan semakin hitam yang menyebabkan maskara lebih mudah kering karena kamu memasukkan udara ke dalam botol. Sebaiknya kami memutar kuas maskara di dalam botolnya tanpa perlu memasukkan kuas terlalu dalam. Hal ini akan membuat maskara kamu lebih awet untuk pemakaian selanjutnya.


Itu dia, ladies cara memakai make up yang sebaiknya kamu hentikan. Jangan lagi lakukan kebiasaan yang salah ini ya.

Tags:

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Tampil Cantik dan Fresh  bersama Brand Lokal Emina Cosmetics

Tampil Cantik dan Fresh bersama Brand Lokal Emina Cosmetics

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
FEEL THE COLOR: Wardah ajak Wanita Indonesia untuk Bereksperimen

FEEL THE COLOR: Wardah ajak Wanita Indonesia untuk Bereksperimen

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tutorial Makeup Wajah Bergaya Retro Seperti Zendaya

Tutorial Makeup Wajah Bergaya Retro Seperti Zendaya

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Makeup 101: Panduan Membeli Palette Eyeshadow Asli dan Murah

Makeup 101: Panduan Membeli Palette Eyeshadow Asli dan Murah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tidak Perlu ke Salon, Tutorial Cantik untuk  Wisuda

Tidak Perlu ke Salon, Tutorial Cantik untuk Wisuda

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
One Brand Tutorial untuk Cantik di Siang dan Malam Hari

One Brand Tutorial untuk Cantik di Siang dan Malam Hari

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Trik Menutupi Lingkaran Hitam Mata dengan Concealer

Trik Menutupi Lingkaran Hitam Mata dengan Concealer

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
2 Trik Makeup Wajah Flawless untuk Selfie Sempurna di Instagram

2 Trik Makeup Wajah Flawless untuk Selfie Sempurna di Instagram

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani