Foto 10 Cara Merawat Kulit yang Perlu Kamu Perhatikan untuk Menghindari Sunburn saat Berenang

10 Cara Merawat Kulit yang Perlu Kamu Perhatikan untuk Menghindari Sunburn saat Berenang

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Ini dia hal yang harus kamu perhatikan agar kulit tidak gosong setelah berenang!

Musim liburan sudah tiba. Bagaimana caramu untuk menghabiskan waktumu dengan liburan? Berenang di siang hari ketika panas memang akan menyenangkan. Namun, saat kamu memutuskan untuk berenang di pantai ataupun di kolam, kamu sebaiknya memperhatikan dampak buruknya bagi kulit cantikmu. Perubahan suhu pada air dan serapan sinar ultra violet yang semakin tinggi, sangat berpotensi untuk mengubah kulit putihmu menjadi tampak hitam dan gosong di bagian tertentu.

Nah, untuk menghindari hal ini, kamu bisa mencoba beberapa hal berikut ini untuk menjaga warna kulitmu agar tidak gosong meskipun berenang di bawah sinar matahari. Yuk,simak 10 hal yang harus kamu perhatikan untuk menghindari sunburn berikut ini!

  1. Pertama kali, kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk berenang. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir dampak paparan sinar ultraviolet. Waktu yang tepat untuk berenang adalah sebelum matahari meninggi dan sebelum matahari terbenam, yaitu sekitar pukul 7-9 pagi dan 4-6 sore hari. Pada waktu tersebut, suhu air masih sejuk dan intensitas sinar matahari masih rendah sehingga cocok untuk berenang.
  2. Gunakan sunscreen 20-30 menit sebelum berenang, dan gunakan di tempat yang teduh agar sunscreen meresap sempurna.
  3. Banyak orang yang hanya menggunakan sunscreen secara asal-asalan, padahal sunscreen harus diaplikasikan secara merata dan cukup tebal agar kamu bisa mendapatkan perlindungan maksimal dari sinar UV. Gunakan pada daerah yang terpapar langsung oleh sinar matahari, termasuk punggung, telinga, bahu, bagian belakang lutut, dan kaki.
  4. Aturan penggunaan sunscreen yang biasa kita temui biasanya menyarankan untuk mengoleskan sunscreen kembali setelah 2-4 jam. Tapi, penelitian terbaru membuktikan bahwa mengoleskan sunscreen 20-30 menit sekali jauh lebih efektif daripada harus menunggu 2 jam.
  5. Ingat, krim penolak serangga akan mengurangi efektifitas sunscreen untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV. Jadi bagi kamu yang juga mengoleskan krim penolak serangga bersamaan dengan sunscreen, pastikan untuk memilih sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi dan gunakan lebih sering dari biasanya.
  6. Hal sepele yang sering dilupakan adalah mengocok sunscreen sebelum mengaplikasikannya pada permukaan kulit.
  7. Berhati-hatilah saat mengaplikasikan sunscreen di daerah sekitar mata. Pastikan kamu mengoleskan sunscreen setidaknya 2 cm di bawah matamu, di atas tulang pipi.
  8. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat dan khawatir menggunakan sunscreen akan menimbulkan lebih banyak jerawat dari biasanya, kamu disarankan untuk menggunakan sunscreen yang berbahan dasar air.
  9. Setelah menggunakan sunscreen, jangan lupa untuk selalu meletakkan kemasan sunscreenmu di tempat yang teduh dengan dibungkus handuk basah.
  10. Setelah selesai berenang dan main di pantai seharian, pastikan untuk segera mandi dan membersihkan wajah dengan benar.

Nah, itulah 10 hal yang perlu kamu perhatikan untuk menghindari sunburn di daerah tertentu setelah berenang seharian. So, pastikan kamu tidak melewatkan satu poin pun ya, ladies! Semoga bermanfaat!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini