Foto 5 Cara Membuat Masker Alami dari Cokelat yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

5 Cara Membuat Masker Alami dari Cokelat yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Semakin banyak saja bahan makanan yang bisa disulap menjadi masker perawatan wajah. Salah satunya adalah makanan favorit kaum wanita, yaitu cokelat. Cokelat bisa kamu manfaatkan sebagai masker wajah.

Kulit wajah memang membutuhkan banyak perawatan agar dapat membuat wajah menjadi cantik dan halus. Salah satu cara untuk merawat kulit wajah adalah dengan menggunakan masker. Ada banyak masker yang beredar di pasaran. Tapi, kamu juga bisa memanfaatkan bahan disekitarmu untuk dapat merawat wajah. Salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan adalah cokelat. Cokelat selain lezat, ternyata juga bisa membuat kulit kita semakin bercahaya dan muda.

Cokelat atau kokoa kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Flavanol pada kokoa juga mampu memperbaiki terkstur kulit dan menghidrasinya. Terlebih lagi, kokoa memiliki kandungan mineral yang meningkatkan pertumbuhan sel-sel dan jaringan kulit yang baru, sehingga bisa membuat wajah selalu lembut dan awet muda. Yuk, simak cara membuatnya!

5 Cara Membuat Masker Alami dari Cokelat untuk Membuat Wajah Menjadi Awet Muda

Kamu tidak harus ke tempat spa kok untuk membu

1. Hydrating Chocolate Face Mask

Chocolate

Untuk membuat masker wajah dari cokelat yang sangat melembabkan ini, kamu memerlukan 50 gr cokelat (dengan kandungan kokoa 70-90%). Lelehkan hingga cair, kemudian campurkan 1 sdm cokelat cair ini dengan 1 sdm minyak zaitun. Atau kamu bisa juga menggunakan minyak almond, minyak linen, atau grape seed oil. Tambahkan kuning telur, dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan masker pada wajah dan lehermu. Pastikan juga temperatur masker tersebut cukup nyaman untuk dipakai. Diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat. Kamu akan merasakan kulitmu semakin kenyal dan lembut terhidrasi.

2. Toning Chocolate Face Mask

Masker Cokelat

Dengan kombinasi buah-buahan segar yang kaya akan vitamin, masker ini akan membuat kulitmu semakin elastis dan lembab. Persiapkan 50 gr cokelat (dengan kandungan kokoa 70-90%), dan lelehkan hingga mencair. Ambil blender, dan masukkan apel, pisang, stroberi, dan semangka, kemudian blenderlah sampai halus. Ambil 2-3 sdm campuran buah-buahan tersebut, dan masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan 1 sdm cokelat cair, dan aduk sampai tercampur rata. Kalau masih ada sisa pasta buah-buahan di blender, kamu bisa meminumnya sebagai perawatan kulit dari dalam. Setelah itu, aplikasikan masker pada wajah dan leher selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

3. Rejuvenating Chocolate Face Mask

Chocolate mask

Masker ini sangat efektif untuk meremajakan kulitmu sehingga kulit akan tampak lebih bercahaya dan muda. Untuk membuatnya, campurkan 1 sdm cokelat leleh dengan 1 sdm krim kental serta 1 sdm madu. Campurkan hingga rata, dan gunakan pada wajah dan leher. Tunggu hingga kurang lebih 15 menit, kemudian kamu bisa membilasnya dengan air hangat. Kalau kulitmu masih terasa lengket, kamu bisa mengusapnya dengan toner favoritmu.

4. Regenerating Chocolate Face Mask

Chocolate mask

Dengan masker cokelat yang satu ini, sel-sel kulitmu pun akan lebih mudah diregenerasi. Hasilnya, kulit semakin sehat, halus, dan fresh. Siapkan 1 sdm cokelat cair, dan campurkan dengan 1 sdt minyak almond dan 1 sdt rose hip oil. Pastikan maskermu hangat dan nyaman dikenakan pada muka. Tambahkan 1 tetes minyak essential rose, aduk lagi sampai rata. Pakaikan masker pada wajah dan leher selama 20 menit, dan bilas dengan air hangat.

5. Anti-aging Chocolate Face Mask

Chocolate mask

Selain cokelat batang, kamu juga bisa memanfaatkan cokelat bubuk untuk membuat masker. Masker yang satu ini juga memanfaatkan yogurt yang memiliki kandungan anti-aging dan moisturizer, oatmeal yang mengurangi minyak berlebihan dan mengeksfoliasi, serta madu yang mengandung zat anti-inflamasi dan anti bakteri. Pertama-tama, masukkan 1 sdm cokelat bubuk tanpa pemanis ke dalam mangkuk. Tambahkan 2 sdm plain yogurt, 1 sdm oatmeal halus, dan 1 sdt madu. Campurkan sampai rata, dan gunakan pada wajah dan leher. Diamkan selama 15-20 menit, dan usap dengan handuk basah sebelum membilasnya dengan air hangat.


Bagaimana, ladies? Tidak sulit kan untuk membuat masker cokelat untuk wajahmu? Sebaiknya kamu gunakan secara rutin setidaknya satu kali dalam seminggu. Selamat mencobanya!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini