Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Kapankah Sebenarnya Jerawat Benar-Benar Hilang dari Kulit Wajah?

Siapa bilang jerawat hanya dialami oleh remaja saja? Ternyata banyak juga orang dewasa yang masih belum bisa mengatasi jerawatnya. Sebenarnya kapan jerawat benar-benar bisa hilang?

Santi Berlinawati

Jerawat di usia belia sudah biasa. Dan kamu pun pasti juga sudah tahu penyebab-penyebabnya, termasuk perubahan hormon, masa puber, kulit berminyak, stres, dan pola makan yang biasanya tidak sehat di usia 20an. Faktor-faktor tersebut memang penyebab utama jerawat pada masa remaja. Namun kalau jerawat terus saja tumbuh hingga usia 30an bahkan 40an, apa penyebabnya? Dan di usia berapa jerawat akan benar-benar hilang? 

Ternyata usia tidak bisa selalu memperlambat tumbuhnya jerawatmu. Jika penyebab utamanya tidak diatasi, maka jerawat pun bisa tumbuh bahkan hingga usia 50an. Kenapa ini bisa terjadi?

Hormon

Sedih

Perubahan hormon pada wanita tak hanya terjadi di usia remaja saja. Hormon yang naik turun, stres, dan faktor genetik bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wanita dewasa. Jerawat dewasa muncul di awal usia 20an-30an. Stres dan faktor genetis akan memperparah kondisi tersebut. Begitu juga dengan perubahan hormon pada saat hamil, yang bisa memperburuk atau sebaliknya, memperbaikinya. 

Perubahan hormon juga dapat dipengaruhi oleh penggunaan pil KB, serta masa pra menstruasi. Di samping itu, perubahan hormon pada masa perimenopausal juga bisa mengubah proses kimia minyak pada kulit, sehingga memicu jerawat pada orang dewasa.

Alergi Jamur

Lotion

Jerawat pada orang dewasa juga dapat terjadi karena kulit alergi terhadap jamur. Jamur pada kulit yang tumbuh tidak terkendali akan memicu jerawat. Penyebab tumbuhnya jamur pada kulit bisa berasal dari penggunaan lotion ataupun minyak, kontrasepsi oral, ataupun stres. Selain itu, kulit berminyak juga merupakan tempat yang subur bagi jamur untuk tumbuh semakin lebat.

Pola Makan

Makan

Pola makan dan gaya hidup memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh kita, termasuk bagi kondisi kulit. Meski gaya hidup bukanlah penyebab utama jerawat dewasa, namun merupakan faktor yang cukup mempengaruhi. Oleh sebab itulah kita juga harus memperhatikan pola makan, kualitas tidur, dan olahraga. Makanan seperti gula dan produk susu juga harus dikurangi karena mengandung zat yang bisa memicu inflamasi agar jerawat tidak semakin parah. Begitu juga dengan makanan yang mengandung gluten, kafein, cokelat, alkohol, serta tepung.

Terlalu Banyak Minyak ataupun Terlalu Sedikit Minyak pada Wajah 

Minyak pada wajah

Jerawat karena kulit wajah yang terlalu berminyak pasti sudah tak asing lagi karena minyak yang berlebihan mudah sekali terperangkap di dalam pori-pori dan menyebabkan inflamasi. Akan tetapi, ternyata ketika kita bertambah tua dan kulit sudah mulai semakin kering karena kadar minyak yang semakin berkurang, bukan berarti jerawat akan serta merta lenyap. Minyak yang dihasilkan akan lebih kental dan waxy. Sehingga bukannya mengalir keluar kulit, namun justru terperangkap di dalam pori-pori. 

Hal yang lebih buruk lagi, ketika kulit kering, sel-sel kulit mati akan mengelupas dan menutup pori-pori kulit, yang sebelumnya sudah tertutupi oleh minyak. Kamu mungkin akan melihat komedo mulai bermunculan, atau pori-pori semakin membesar. Inilah biasanya awal mula jerawat.   

Nah, itu dia ladies, karena jerawat tetap bisa muncul di usia dewasa, selalu jaga kebersihan kulit serta gaya hidup ya. Gunakan produk yang bisa mengeksfoliasi dan membersihkan pori-pori, seperti produk-produk yang mengandung salicyl acid atau benzoyl peroxide. Bisabol dan sulfur juga merupakan kandungan yang cukup direkomendasikan karena bisa meredakan inflamasi dan mengendalikan minyak pada wajah.

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait