Foto 7 Kebiasaan Buruk Tidak Kamu Sadari yang Menjadi Penyebab Wajah Kusam

7 Kebiasaan Buruk Tidak Kamu Sadari yang Menjadi Penyebab Wajah Kusam

Foto Marga Apsari
Kulit kusam mengurangi rasa percaya dirimu? Coba hindari 4 kebiasaan buruk ini, ladies!

Kulit kusam adalah salah satu masalah utama yang dialami banyak wanita. Mungkin kamu juga salah satunya ya, ladies. Tentunya kondisi ini akan membuat rasa percaya diri terus menurun. Kamu harus terus menerus melapisi wajahmu dengan make up yang tebal agar kulit tampak lebih cerah dan segar. Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan buruk yang membuat kulit jadi kusam. Bisa jadi, beberapa hal ini sudah jadi kebiasaan sehari-harimu.

Nah, agar kamu bisa mencegah wajahmu agar terhindar dari kulit kusam, yuk ketahui terlebih dulu kebiasaan buruk ini agar kulit wajahmu bisa menjadi cerah kembali, ladies!

7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kulit Tampak Kusam

Jika kamu ingin masalah kulit kusammu teratasi, ada baiknya kamu menghentikan 7 kebiasaan buruk ini:

1. Tidak Rutin Mengganti Sprei

Sprei

Seberapa sering kamu mengganti spreimu? Tidur dengan sprei dan sarung bantal yang kotor membuat kulit terasa lebih lengket dan kotor saat bangun pagi. Sprei yang kotor bisa jadi sarang kuman dan bakteri. Selain wajah menjadi mudah berjerawat, kulit juga akan terasa lebih kusam. Waktu optimal untuk mengganti sprei adalah seminggu sekali. Jadi, jika kamu ingin meningkatkan kualitas tidur dan terhindar dari masalah kulit wajah, jangan malas mengganti sprei ya!

2. Terlalu Sering Mandi

Mandi

Memang setelah selesai mandi tubuh jadi terasa lebih segar. Namun ketahuilah, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk dalam hal mandi. Saat mandi, sabun akan membantu menghilangkan bakteri dan minyak alami pada kulit. Jika terlalu sering, kulit akan menjadi terlalu kering dan minyak alami akan diproduksi leih banyak lagi untuk menggantikan yang hilang akibat sabun. Kelebihan minyak pada kulit akan membuatnya tampak lebih kusam. Kamu cukup mandi dua kali sehari saja, ladies!

3. Penggunaan Produk Perawatan yang Terlalu Keras

Membersihkan wajah

Bagi kamu yang memiliki masalah jerawat, pastinya tidak akan melewatkan pemakaian produk skin care pembasmi jerawat. Tidak sedikit wanita yang menggunakan produk dengan bahan yang cukup keras agar jerawat dapat cepat hilang. Namun, ini dapat membuat kulit jadi kering dan kusam. Ada baiknya kamu memilih produk penghilang jerawat yang lembut atau terbuat dari bahan-bahan alami, agar kulit tetap sehat dan segar.

4. Menggunakan Sabun dengan Bahan Keras

Cuci muka

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan produk penghilang jerawat, sabun dengan bahan yang keras juga dapat membuat kulit jadi iritasi, kering, gatal, infeksi, dan juga kusam. Sebaiknya, pilihlah sabun dengan kandungan melembapkan seperti cocoa butter atau olive oil. 

5. Tidak Cukup Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah

Jika kamu pikir bahwa membersihkan wajah dua kali sehari sudah cukup, maka kamu salah besar. Salah satu perawatan tambahan yang harus kamu lakukan adalah eksfoliasi atau scrubbing. Eksfoliasi sangat penting untuk mengangkat sel kulit mati dan mengatasi kulit kusam. Kamu bisa gunakan bahan-bahan alami untuk scrubbing seperti gula. Namun, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi karena bisa membuat kulit iritasi.

6. Malas Pakai Pelembap

Pelembap

Setelah eksfoliasi, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menggunakan pelembap. Dengan demikian, kulit tetap terjaga dari kekeringan, tampak halus dan bersinar. Pakailah pelembap dengan gerakan memutar sambil memjiat wajah dengan lembut. Hal ini dapat membantuk melepaskan oksigen ke permukaan kulit, hasilnya wajah jadi tampak lebih sehat.

7. Kurang Minum Air

Minum air putih

Kulit yang dehidrasi sangat rawan menjadi kusam karena volume aliran darah ke kulit sangat berkurang. Tidak hanya kusam saja, kurang minum air juga akan membuatmu lebih cepat keriput. Jadi, tetaplah minum air setidaknya 8 gelas sehari, meskipun kamu tak merasa haus ya, ladies!


Adakah kebiasaan-kebiasaan di atas yang sering kamu lakukan, ladies? Ada baiknya kamu segera mengurangi atau menghentikannya agar kulit tetap terjaga kesehatan dan kesegarannya. Tentu saja, kulit tak lagi menjadi kusam dan kamu bisa tampil lebih percaya diri.

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini