Kawaii Beauty Japan

Skin Care

7 Kebiasaan Buruk Tidak Kamu Sadari yang Menjadi Penyebab Wajah Kusam

Kulit kusam mengurangi rasa percaya dirimu? Coba hindari 4 kebiasaan buruk ini, ladies!

Marga Apsari

Kulit kusam adalah salah satu masalah utama yang dialami banyak wanita. Mungkin kamu juga salah satunya ya, ladies. Tentunya kondisi ini akan membuat rasa percaya diri terus menurun. Kamu harus terus menerus melapisi wajahmu dengan make up yang tebal agar kulit tampak lebih cerah dan segar. Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan buruk yang membuat kulit jadi kusam. Bisa jadi, beberapa hal ini sudah jadi kebiasaan sehari-harimu.

Nah, agar kamu bisa mencegah wajahmu agar terhindar dari kulit kusam, yuk ketahui terlebih dulu kebiasaan buruk ini agar kulit wajahmu bisa menjadi cerah kembali, ladies!

7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kulit Tampak Kusam

Jika kamu ingin masalah kulit kusammu teratasi, ada baiknya kamu menghentikan 7 kebiasaan buruk ini:

1. Tidak Rutin Mengganti Sprei

Sprei

Seberapa sering kamu mengganti spreimu? Tidur dengan sprei dan sarung bantal yang kotor membuat kulit terasa lebih lengket dan kotor saat bangun pagi. Sprei yang kotor bisa jadi sarang kuman dan bakteri. Selain wajah menjadi mudah berjerawat, kulit juga akan terasa lebih kusam. Waktu optimal untuk mengganti sprei adalah seminggu sekali. Jadi, jika kamu ingin meningkatkan kualitas tidur dan terhindar dari masalah kulit wajah, jangan malas mengganti sprei ya!

2. Terlalu Sering Mandi

Mandi

Memang setelah selesai mandi tubuh jadi terasa lebih segar. Namun ketahuilah, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk dalam hal mandi. Saat mandi, sabun akan membantu menghilangkan bakteri dan minyak alami pada kulit. Jika terlalu sering, kulit akan menjadi terlalu kering dan minyak alami akan diproduksi leih banyak lagi untuk menggantikan yang hilang akibat sabun. Kelebihan minyak pada kulit akan membuatnya tampak lebih kusam. Kamu cukup mandi dua kali sehari saja, ladies!

3. Penggunaan Produk Perawatan yang Terlalu Keras

Membersihkan wajah

Bagi kamu yang memiliki masalah jerawat, pastinya tidak akan melewatkan pemakaian produk skin care pembasmi jerawat. Tidak sedikit wanita yang menggunakan produk dengan bahan yang cukup keras agar jerawat dapat cepat hilang. Namun, ini dapat membuat kulit jadi kering dan kusam. Ada baiknya kamu memilih produk penghilang jerawat yang lembut atau terbuat dari bahan-bahan alami, agar kulit tetap sehat dan segar.

4. Menggunakan Sabun dengan Bahan Keras

Cuci muka

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan produk penghilang jerawat, sabun dengan bahan yang keras juga dapat membuat kulit jadi iritasi, kering, gatal, infeksi, dan juga kusam. Sebaiknya, pilihlah sabun dengan kandungan melembapkan seperti cocoa butter atau olive oil. 

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait