Foto 10 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Tidur yang Perlu Kamu Coba

10 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Tidur yang Perlu Kamu Coba

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Kini kamu bisa menurunkan berat badanmu di atas tempat tidur, lho ladies! Coba 5 cara berikut sebelum tidur!

Menurunkan berat badan bisa menjadi hal yang menakutkan bagi kebanyakan wanita. Bagaimana tidak? Ini berarti kamu harus mengucapkan selamat tinggal kepada makanan enak yang selama ini kamu sering konsumsi. Belum lagi kamu harus rajin untuk berolahraga untuk membuat badanmu menjadi semakin kencang. Untuk dapat menurunkan berat badan bisa diperlukan usaha yang konsisten agar berat badanmu bisa turun.

Bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga di pagi atau sore hari, atau bagi kamu yang selalu gagal menjalankan rencana diet yang telah disusun rapi, kali ini impianmu menurunkan badan bisa segera kamu wujudkan. Tidak dengan diet maupun olahraga berat, karena kabar gembiranya adalah kamu bisa menurunkan berat badan di atas kasur, ladies! Kok bisa? Yep, berikut akan dibahas tentang beberapa cara untuk menurunkan berat badan saat kamu sedang tertidur lelap. Yuk, simak!

10 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Tidur yang Perlu Kamu Coba

Hanya dengan tidur kamu bisa menurunkan berat badan kamu lho, ladies! Yuk, simak caranya!

1.Makan Malam Rendah Sodium

Makan malam sayur-sayuran

Mengurangi konsumsi garam saat makan malam terbukti efektif untuk mengurangi berat badanmu saat tidur. Pasalnya, menurut buku diet legendaris yang ditulis oleh Keri Gans, kamu bisa menghindari bangun dalam keadaan perut kembung dengan mengurangi konsumsi garam pada saat makan malam. Ia menyarankan untuk lebih mengutamakan menu makan malam dengan sayuran yang dikukus serta protein tanpa lemak seperti telur dan olahan kedelai. Jadi, sedapat mungkin kurangi konsumsi garam di malam hari, ya ladies!

2. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih

Konsumsi air putih tak hanya membantumu memenuhi asupan mineral dalam tubuh dan mengatasi bahaya dehidrasi. Pada dasarnya, konsumsi air akan membantumu membersihkan alat pencernaan sekaligus mengurangi kadar air dalam tubuhmu. Agar kamu tidak sering buang air saat sudah di atas tempat tidur, kamu bisa menghentikan konsumsi air satu jam sebelum berangkat tidur.

3. Tidur dalam Gelap

Tidur malam

Saat kamu tidur dengan lamu menyala terang, tubuhmu akan kesulitan untuk memproduksi zat melatonin. Padahal zat inilah yang bisa membuat tidurmu lebih berkualitas. Nah, tidur berkualitas itulah yang bisa melancarkan pencernaan dan membuatmu tidak mudah lapar, ladies! So, jangan lupa matikan lampu sebelum tidur, ya!

4. Olahraga Malam

Plank

Banyak orang yang mengatakan bahwa olahraga malam membuat seseorang sulit untuk tidur. Namun, penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menyebutkan fakta sebaliknya. Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang melakukan olahraga malam bisa tidur dengan cepat dan memiliki kualitas tidur yang tinggi.

5. Mengatur Suhu Ruangan

Ruangan dingin

Mungkin selama ini kita mengira bahwa tidur pada suhu berapapun tidak berpengaruh pada pembakaran kalori pada tubuh kita. Tapi penelitian National Institute of Health mengatakan bahwa seseoranga yang tidur pada suhu 18 derajat Celsius kehilangan 7 kalori lebih banyak dibanding dengan mereka yang tidur dalam suhu 23 derajat Celsius. So, mulai sekarang set AC di suhu 18 derajat Celsius, yuk ladies!

6. Makanlah Gandum Ketika Makan Siang

Gandum

Menurut Cat Smiley, pemilik Whistler Fitness Vacations, sebuah tempat penhulang lemak di Amerika Serikat, kamu pastinya sudah mengetahui untuk menghindari makanan berat seperti kopi, cola, dan alkohol sebelum tidur. Namun, tahukah kamu bahwa sebaiknya mengonsumsi karbohidrat ketika makan siang. Hormon serotonin akan mengubah menjadi melatonin ketika kamu sedang tidur, dan hormon serotonin berasal dari karbohidrat kompleks gandum. Jadi, kamu tidak perlu mengonsumsi makanan berkarbohidrat ketika tidur, kamu hanya perlu mengonsumsinya di siang hari. Kamu hanya perlu makan 20 gram makanan berserat untuk mengubah zat serotonin untuk bisa tidur dengan nyenyak, seperti roti gandum, ataupun nasi merah.

7. Jika Kamu Ingin Makan di Malam Hari, Jangan Makan Terlalu Banyak

Makan malam

Sebaiknya memang ketika kamu tidur kamu tidak tidur dalam keadaan perut yang lapar dan kamu juga sebaiknya tidak tidur dalam kondisi perut yang kekenyangan. Ketika kamu tidur dalam posisi kekenyangan, tubuhmu akan berusaha mencerna makanan yang kamu konsumsi di malam hari dan ketika tubuhmu sedang bekerja, begitu juga denganmu. Begitu juga ketika kamu sedang tidur, semakin sedikit kamu beristirahat, kamu akan bangun dengan keadaan pusing. Menurut Isabel Smith, MS, RD, CDN, setidaknya kamu makan malam sejam atau dua jam sebelum kamur tidur.

8. Mint Memiliki Peranan Penting

Daun mint

Beberapa wangi-wangian bisa membuatmu terasa ingin makan dan bisa juga membuat kamu terasa cepat kenyang. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Neurological and Orthopaedic Medicine menemukan bahwa orang yang mencium peppermint setiap dua jam dapat menurunkan berat badan sebesar 2,3 kg dalam satu bulan. Pisang, apel jijau, dan vanilla memiliki efek yang sama dengan peppermint. Kamu bisa saja menggunakan lilin mint aromaterapi sebelum tidur untuk menurunkan berat badanmu. Jika kamu tidak suka dengan bau lilin, kamu bisa meneteskan beberapa tetes minyak peppermint pada bantalmu.

9. Jauhkan Semua Smartphone dan Matikan TV

Menjauhkan gadget

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Pediatric Obesity Journal, bahwa anak-anak yang mendapatkan paparan sinar TV ataupun komputer serta gadget, 1,47 kali lebih mudah kelebihan berat badan. Selain itu berdasarkan studi, menonton tv selama dua jam sebelum tidur dapat meningkatkan resiko diabetes, penyakit jantung, dan resiko kematian sampai 20%. Jadi, matikan semua gadget kamu sebelum tidur ya, ladies!

10. Mandi dengan Air Hangat

Mandi

Mandi dengan air hangat dapat membuatmu melepaskan segala stres dan melemaskan otot. Tidak hanya itu, mandi dengan air hangat juga bisa menghasilkan hormon oksitosin atau hormon cinta. Panas dari shower juga dapat menaikkan temperatur tubuh sehingga bisa menurunkan berat badanmu.


Nah, itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badanmu selagi tidur. Tidak sulit kan? Lets try, ladies!

Tags:

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Caffino, Kopi Pertama yang Mengedepankan Authenticity

Caffino, Kopi Pertama yang Mengedepankan Authenticity

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kulit Kenyal Bercahaya Hanya Dengan Satu Produk

Kulit Kenyal Bercahaya Hanya Dengan Satu Produk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

DHC Brand Skincare Berbahan Alami Khas Jepang

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani