Kawaii Beauty Japan

Skin Care

8 Buah dan Sayur yang Menjadi Rahasia Awet Muda di Usia 30-an

Ladies, sadarkah kamu kalau makanan yang kamu makan, seperti karbohidrat, gula, dan produk susu dapat mempengaruhi kesehatan kulitmu? Ganti dengan buah dan sayur di bawah ini agar kamu awet muda.

Santi Berlinawati

Berbagai masalah kulit ternyata sering dipicu oleh makanan. Misalnya saja keriput yang terjadi karena elastisitas kulit yang berkurang akibat terlalu banyak gula ataupun jerawat pada wanita dewasa yang terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi produk susu. Kita memang tidak bisa memiliki wajah yang selamanya kencang tanpa keriput, namun kita bisa mencegahnya agar kulit terhindari dari penuaan dini.

Banyak hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari penuaan dini, seperti ke dokter wajah ataupun menggunakan produk-produk kecantikan anti-aging. Nah, agar ketika di usia 30-an kulitmu bisa tetap kencang, kamu bisa mencegahnya dengan mengurangi makanan manis dan menggantinya dengan buah dan sayur agar tetap awet muda. Tapi, kamu juga perlu mengetahui buah dan sayur yang dapat membuatmu awet muda lho. Apa saja? Yuk, simak!

8 Buah dan Sayur yang Menjadi Rahasia Awet Muda di Usia 30-an

Sering-sering mengonsumsi buah dan sayuran ini sebagai camilan kamu yuk, ladies!

1. Semangka

Semangka

Semangka merupakan buah yang dipenuhi dengan kandungan lycopene, yaitu zat antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas perusak sel-sel kulit. Di samping itu, semangka juga memiliki kandungan sun protector factor of 3, yang mampu berperan sebagai tabir surya alami. Namun kamu tetap harus menggunakan tabir surya. Menurut penelitian, semangka juga terbukti bisa mengurangi inflamasi. Jadi, tak perlu diragukan lagi bahwa semangka adalah salah satu buah ajaib yang penuh dengan manfaat kecantikan.

2. Delima

Delima

Buah delima adalah salah satu sumber vitamin C alami terbaik yang pernah ada. Vitamin C sendiri merupakan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab keriput. Dalam sebuah penelitian, dilakukan tes efek penggunaan jus delima, ekstrak delima, dan minyak delima untuk mengatasi kerusakan akibat sinar UVB. Dan semuanya terbukti sangat efektif mengurangi efek merugikan dari radiasi sinar UVB. Buah ini juga memiliki komponen yang disebut dengan anthocyanin, yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

3. Paprika 

Paprika

Ini dia satu lagi bahan makanan alami yang tinggi vitamin C, yaitu paprika. Namun kamu harus memastikan dulu jika paprika yang kamu pakai benar-benar sudah matang. Menurut studi, vitamin C yang terkandung di dalam paprika akan semakin meningkat ketika paprika sudah matang. Tandanya adalah warna paprika yang semakin tajam. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai perawatan dari dalam. Tambahkan ke dalam saladmu agar kulitmu dapat memproduksi lebih banyak kolagen, serta terlindungi dari sinar matahari.

4. Sirup Maple

Sirup Mapel

Sirup maple memang biasanya banyak mengandung gula. Namun, kalau kamu menggunakannya dalam jumlah yang sedikit, kamu akan mendapatkan manfaat dari antioksidan yang terkandung di dalamnya. Selain itu, sirup maple juga mengandung zat anti-inflamasi yang sangat berguna untuk kecantikan kulitmu. Untuk menghindari kandungan gula di dalamnya, kamu bisa menggunakan sirup maple sebagai masker. Siapkan 1 sdm sirup maple murni dan 1 sdm susu hangat, campurkan jadi satu. Kemudian tambahkan 3 sdm oats yang sudah dihaluskan, dan aduk lagi sampai tercampur rata. Ambil sedikit dan mulailah memijatkannya pada wajah dengan lembut selama 20 menit. Jika sudah, bilas bersih dan lanjutkan dengan memakai moisturizer.

5. Extra-Virgin Olive Oil

Olive oil

Kalau kamu pernah membaca tentang diet Mediterranean, kamu pasti banyak melihat penggunakan minyak zaitun di dalam metode diet tersebut. Minyak zaitun memang merupakan lemak baik yang memiliki khasiat anti-inflamasi yang sangat ampuh dan bermanfaat untuk kesehatan kulitmu. Di samping itu, setidaknya dua penelitian sudah membuktikan bahwa jika pola makan kita banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dari minyak zaitun, kita akan lebih terlindungi dari sinar matahari yang merusak kulit. Terlebih lagi, studi lain juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dapat membantu mereka yang mengalami luka bakar selama proses penyembuhan. Jadi, kamu bisa melihat betapa berkhasiat minyak yang satu ini untuk memperlambat proses penuaan pada kulitmu.

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait