Foto Khasiat Super Akar Teratai

Khasiat Super Akar Teratai

Foto Kasih Elia LG
Bunga teratai merupakan tanaman cantik yang umumnya menghiasi kolam. Selain itu, bagian lain dari teratai juga sangat berguna, antara lain; bijinya yang dapat diolah menjadi cemilan.

Akar? Ternyata sering dijadikan cemilan seperti keripik atau sebagai campuran dalam tumis sayuran. Wah, ternyata akarnya memiliki banyak fungsi dan kaya akan nutrisi bagi tubuh ya! Akan tetapi, ternyata masih banyak orang yang jarang mengolah akar teratai sebagai bahan makanan. Nah, apa saja sih manfaat dari akar teratai bagi kesehatan?

Akar Teratai sebagai Sumber Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang dapat membersihkan tubuh kita dari radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh serta berperan penting dalam penyembuhan luka. Dengan konsumsi vitamin C secara teratur, maka daya tahan tubuh akan menjadi jauh lebih baik. Banyak yang salah kaprah tentang vitamin C, kebanyakan hanya mengetahui bahwa vitamin C hanya bisa didapat dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, kiwi, apel, dll. yang dikenal luas sebagai sumber vitamin C. Jangan salah, akar teratai pun juga merupakan salah satu sumber vitamin C yang sangat baik lho! Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsinya jika kamu butuh vitamin C.

Mood Booster

Seringkali kita merasa bad mood dan ingin ngemil, betul tidak? Nah, daripada harus mengunyah cokelat yang bisa bikin kamu gemuk, lebih baik ganti cemilanmu dengan akar teratai! Jangan salah, tanaman ini mengandung vitamin B kompleks yang bisa mempengaruhi suasana hati alias mood kita. Nah, salah sat zat vitamin B kompleks ini bernama pyridoxine yang bisa membantu mengatasi sakit kepala, rasa gugup, dan ketegangan. Selain itu vitamin B kompleks juga sangat diperlukan oleh tubuh guna mengubah makanan menjadi energi dan menjaga kesehatan rambut, kulit, hati, dan mata. Wow, banyak sekali manfaatnya!

Obat bagi Banyak Penyakit

Akar teratai cukup dikenal dalam pengobatan tradisional Cina sebagai jus. Akar teratai diolah menjadi minuman yang umumnya digunakan untuk menenangkan perut, terutama usus. Orang yang mengalami mimisan dan diare juga umumnya disarankan meminum jus akar teratai ini. Jika kurang suka dengan rasanya yang pahit, kamu juga bisa menambahkan jahe ke dalamnya. Dengan jahe, rasa tentu akan lebih enak dan juga memberikan manfaat tambahan seperti menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi masalah sembelit, dan menjaga berat badan.

Nah, ketiga manfaat tersebut bisa kamu dapatkan sekaligus dalam akar teratai. Sesuatu yang baik bagi tubuh, tentu akan baik bagi kecantikanmu juga, yuk coba biasakan konsumsi akar teratai mulai dari sekarang!

Artikel Selanjutnya

Foto Kasih Elia LG

Kasih Elia LG

Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini