Foto Cara Membuat Masker Kefir untuk Merawat Kulit Wajah Sesuai dengan Kulitmu

Cara Membuat Masker Kefir untuk Merawat Kulit Wajah Sesuai dengan Kulitmu

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Coba masker kefir dan rasakan manfaatnya untuk kulit wajahmu, ladies!

Banyak wanita mendambakan kulit wajah yang sehat dan cerah. Ada yang melakukan perawatan dengan menggunakan produk kecantikan buatan pabrik dan ada pula yang memilih menggunakan bahan alami untuk mempercantik kulit wajah mereka. Berikut akan dibahas mengenai salah satu bahan alami untuk membuat masker wajah yang cocok digunakan pada kulit berjerawat, berminyak, maupun kulit kering. Iya, bahan alami tersebut adalah kefir. Tapi, apakah kamu sudah tahu dengan jenis masker yang satu ini? Yuk, kenali lebih dalam.

Mengapa Kefir?

Yoghurt

Kefir adalah bahan alami yang  bisa mengontrol kadar asam dalam sel kulit di wajahmu. Masker kefir terbuat dari susu (sapi ataupun kambin) fermentasi yang di dalamnya kemudian dimasukkan butiran kefir. Kefir juga mengandung Alpha Hydroxyl Acid (AHA) yang bisa menyeimbangkan PH kulit sekaligus mengurangi kerutan dan mencegah terjadinya proses penuaan dini. Tak hanya itu, lactobacilli yang terdapat pada kefir juga bisa membersihkan dan menambah elastisitas kulit sehingga membuatnya tampak lebih muda dan lebih segar. Berikut beberapa resep masker kefir sesuai jenis kulitmu.

Cara Membuat Masker Kefir untuk Merawat Kulit Wajah Sesuai dengan Kulitmu

Masker kefir dengan timun

Ketika kamu memakai masker kefir, memang harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah kamu ya, ladies! Yuk, buat sendiri masker kefir untukmu. Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu hanya membutuhkan biji kefir yang banyak dijual di pasaran.

1. Kulit Berjerawat

Untuk mengatasi kulit berjerawat, kamu bisa menggunakan kefir sebagai perawatan luar dan dalam. Pada perawatan luar kamu bisa menggunakan kefir sebagai masker, dan untuk perawatan dari dalam kamu bisa meminumnya secara langsung. Hal ini diseabkan oleh manfaat kefir untuk melancarkan proses pencernaan. Lalu apa hubungannya dengan kulit? Pada dasarnya, proses pencernaan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Jika pencernaan terganggu, maka proses detoksifikasi tubuh pun turut terganggu dan menyebabkan timbulnya jerawat di mana-mana.

Cara menggunakan kefir untuk masker adalah dengan meletakkan sehelai kain kasa yang tipis di wajahmu, kemudian aplikasikan kefir di atasnya. Tunggu selama 15-20 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini rutin setiap harinya untuk hasil maksimal.

2. Kulit Berminyak

Untuk perawatan kulit berminyak, cara membuat masker kefir sangatlah mudah. Siapkan 2 sendok makan kefir, satu putih telur, dan 1 sendok makan madu. Aduk semua bahan hingga merata dan membentuk pasta, kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan wajahmu. Tunggu selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mengontrol produksi minyak pada kulit, membersihkan, dan melindungi kulit dari radikal bebas.

3. Kulit Kering

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, masker kefir ini akan bisa menutrisi kulit, melembapkannya, dan sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas. Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat masker kefir untuk kulit kering adalah 2 sendok makan kefir, 1 sendok teh olive oil, dan satu kuning telur. Campurkan semua bahan hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan pada permukaan kulit wajahmu. Tunggu hingga 15 sampai 20 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat, kemudian bilas sekali lagi dengan air dingin.


Nah, itulah cara membuat masker kefir sesuai dengan jenis kulit sekaligus manfaatnya untuk kulit wajahmu. Tidak perlu khawatir! Masker kefir ini dijamin aman dan tidak menimbulkan efek samping, lho ladies! Selain mudah, kamu juga tidak perlu menghabiskan uangmu untuk membeli masker kefir yang harganya mahal kan?

Tags:

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini