Foto 5 Cara Merawat Kulit Berdasarkan Ahli Dermatologi yang Perlu Kamu Tahu

5 Cara Merawat Kulit Berdasarkan Ahli Dermatologi yang Perlu Kamu Tahu

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Ladies, pastinya kamu mau kan punya kulit yang kencang, bersih, bercahaya, dan awet muda? Untuk itu, yuk ikuti 5 tips merawat kulit dari ahli dermatologi terkenal dari Amerika berikut ini!

Memiliki kulit yang lembut dan cerah adalah dambaan semua wanita. Untuk mendapatkannya dibutuhkan perawatan yang rutin dan teratur, tidak hanya dengan menggunakan produk kecantikan, namun peran dermatologist juga sangat dibutuhkan. Banyak faktor dari luar dan dalam yang bisa mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit kita. Sinar matahari, polusi, pola makan, dan kebiasaan menjaga kebersihan adalah beberapa di antaranya.

Untuk menghindari efek buruk pada kulit wajahmu seperti penuaan, jerawat, maupun wajah kusam dermatologist dari Amerika Serikat memiliki beberapa trik rahasia agar kecantikan kulit kamu tetap terjaga. Yuk, simak!

5 Cara Merawat Kulit Berdasarkan Ahli Dermatologi yang Perlu Kamu Tahu

Rawat kulit kamu dengan benar melalui cara ini, ladies!

1. Antisipasi Penuaan Kulit Mulai dari Sekarang

Penuaan kulit

Kapan seharusnya kita mulai memperhatikan garis-garis yang muncul di wajah kita? Jawabannya adalah ketika pertama kali kamu melihatnya. Ibaratnya, lebih baik membersihkan kamar sebelum menjadi terlalu kotor. Begitu juga dengan kulitmu. Melakukan suntik botox atau filler di usia 30an ketika garis-garis halus mulai terlihat adalah hal yang lebih tepat dilakukan daripada menunggu hingga usia 40an. Dengan melakukannya lebih dini, gerakan otot yang membentuk kerutan akan dihalangi, sehingga kerutanmu pun tidak akan melebar. — Paul Jarrod Frank, M.D., direktur 5th Avenue Dermatology Surgery and Laser Center dan clinical assistant professor of dermatology di Icahn School of Medicine of Mount Sinai di New York City, USA.  

2. Apapun Perubahan yang Kamu Lakukan, Kulitmu Tahu

Kulit berjerawat

Misalnya saja ketika ada seorang wanita yang tiba-tiba mendapati ruam-ruam merah di wajahnya, dan ternyata itu rosacea. Ketika ditelusuri apakah dia mengkonsumsi sesuatu yang sebelumnya tidak dia konsumsi, ternyata memang benar. Dia menambahkan krim ke dalam kopinya. Ada berbagai banyak hal yang bisa memicu terjadinya rosacea, salah satunya adalah makanan. Dan ketika wanita tersebut berhenti mengkonsumsi krim, rosacea pun menghilang. Intinya, jika ada masalah yang terjadi pada kulitmu, kamu juga perlu memperhatikan kalau-kalau ada perubahan kebiasaan yang kamu lakukan. — Valerie Goldburt, M.D., cosmetic dermatologist di Advanced Dermatology Center for Laser and Cosmetic Surgery dan assistant clinical professor di Mount Sinai Health System di New York City, USA. 

3. Jangan Melakukan yang Biasa Kamu Lakukan

Mencuci muka

Pada saat kita semakin menua, kondisi dan stamina kulit pun berubah. Bukan tidak mungkin jika kebiasaan yang biasa kita lakukan pun  memberi efek yang berbeda pada kulit. Misalnya ada yang selama bertahun-tahun terbiasa tidur dengan full makeup tanpa membersihkannya, dan kulitnya baik-baik saja. Namun di usia 40an, timbullah jerawat cystic yang susah sekali diobati. Akan tetapi ketika dia menghentikan kebiasaannya tidur dengan makeup, jerawat tersebut menghilang. Ternyata yang biasa dilakukan bertahun-tahun sebelumnya pun bisa tidak berlaku lagi ketika kulit kita semakin menua. — Paul Jarrod Frank, M.D

4. Berhenti Menyentuh Jerawatmu

Pegang jerawat

Meski kita semua sudah tahu kalau mengutak-atik jerawat itu dilarang, namun kita sering tak sadar ketika melakukannya. Mengutak-atik jerawat tanpa sadar biasanya terjadi ketika kita cemas atau tegang. Untuk mencegahnya, alihkan respon cemas atau tegangmu pada hal lain. Misalnya saja dengan memakai gelang karet dan memainkannya ketika rasa cemas itu datang. Atau dengan meremas stress ball, serta berjalan-jalan keluar ruangan. Dengan begitu, kebiasaanmu mengutak-atik jerawat akan hilang dengan sendirinya. — Dendy Engelman, M.D., associate dermatologic surgeon di Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery di New York City, USA. 

5. Kulit Juga Butuh Jadwal

Perawatan kulit

Banyak yang bertanya produk apa yang bagus dan tepat untuk kulit mereka. Sebenarnya merawat kulit itu lebih dari memilih produk yang tepat, namun juga kapan menggunakannya. Satu aturan yang wajib kamu pegang adalah siang hari waktunya perlindungan dan malam hari waktunya perawatan. Di pagi hari, gunakan serum antioksidan untuk menetralisir radikal bebas, yang merupakan molekul berbahaya yang tercipta ketika kamu terpapar sinar matahari dan polusi. Radikal bebas dapat merusak kolagen dan elastin, sehingga kerutan dan noda-noda akan muncul. Di malam hari, gunakanlah pelembab atau serum yang mengandung peptides atau retinol. Bahan tersebut sangat efektif untuk menstimulasi kolagen, sehingga kerutan dan noda gelap pun hilang. — Mary Lupo, M.D., direktur Tulane University Resident Cosmetic Clinic danclinical professor of dermatology di Tulane University School of Medicine di New Orleans, USA.  


 Nah, itu dia cara merawat kulit yang perlu kamu ketahui, ladies! Tetap jaga kulitmu dengan baik ya!

Tags:

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini