Foto Ingin Tetap Memiliki Badan Langsing Meski Makan Banyak? Simak 10 Rahasianya!

Ingin Tetap Memiliki Badan Langsing Meski Makan Banyak? Simak 10 Rahasianya!

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Semua wanita pasti ingin tetap memiliki badan langsing meskipun makan banyak

Makan banyak tapi tetap langsing, mana ada wanita yang tidak mau mengalami hal seperti ini? Sayangnya, tidak semua orang bisa memiliki tubuh yang tetap langsing kalau terus menuruti nafsu makan. Malah banyak wanita yang mati-matian berjuang diet demi memiliki tubuh langsing penuh pesona. Memiliki badan langsing memang membutuhkan usaha yang tidak sedikit, ladies! Kamu harus menjaga pola makan dan rajin berolahraga.

Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya ada trik untuk kamu yang gemar makan dan tetap memiliki badan langsing lho, ladies! Yuk, simak!

10 Rahasia Tetap Memiliki Badan Langsing Meskipun Kamu Makan Banyak

Lakukan hal ini agar ketika kamu makan banyak badanmu tetap langsing ya, ladies!

1. Jangan Ragu Mengonsumsi Bahan Makanan Kaya Protein

Makanan berprotein

Ternyata tubuhmu punya kemampuan yang sangat baik untuk mencerna protein yang kamu konsumsi. Jadi, jangan ragu untuk rajin mengonsumsi bahan makanan kaya protein. Aneka jenis daging, ikan, kacang-kacangan, dan produk turunan lainnya tentu memiliki banyak protein. Agar tidak menimbun lemak, sebaiknya kamu mengolah bahan makanan kaya protein dengan cara dipanggang, dibakar, dikukus, atau dijadikan bahan sup.

Lebih hebatnya lagi, konsumsi protein dalam porsi seimbang juga akan mendukung perkembangan otot dan proses regenerasi sel-sel tubuh. Sehingga tubuhmu akan tampak semakin atletis dan awet muda.

2. Mencermati Makanan Apa yang Boleh Disantap dalam Jumlah Banyak

Makan buah

Jenis makanan yang paling baik disantap dalam jumlah banyak adalah sayuran dan buah-buahan, karena kedua jenis bahan makanan ini memiliki kalori yang relatif rendah jika dibandingkan dengan bahan makanan lain. Sayuran dan buah-buahan yang rendah kalori namun kaya vitamin dan mineral akan mencukupi kebutuhan gizi harian tubuhmu. Sehingga tubuhmu akan lebih berenergi dan bersemangat.

Kamu tidak perlu takut akan merasa lapar atau lemas jika mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan sembari mengurangi porsi karbohidrat karena asupan serat dari sayuran dan buah-buahan akan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Kamu bisa mengonsumsi buah seperti alpukat yang mengandung lemak tak jenuh dan pisang yang cepat membuat kamu menjadi lebih cepat kenyang. 

3. Sudah Makan Banyak, Imbangi dengan Minum Air Putih

Air putih

Minum air putih bukan sekadar sebagai pelepas dahaga lo, ladies. Bila kamu sudah makan banyak, minum air putih akan membantumu membatasi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Coba bayangkan berapa banyak tambahan kalori pada tubuhmu bila seandainya kamu masih meminum aneka minuman manis seperti teh, kopi, soda, atau minuman modern lainnya. Minum air putih akan membantu menstabilkan metabolisme tubuhmu. Selain itu, cairan tubuh pun akan berada pada kondisi optimal bila kamu selalu mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup.

BACA JUGA: Cara Cepat Mengecilkan Perut dengan Diet Mudah dan Efisien yang Wajib Kamu Coba

4. Menyeimbangkan Metabolisme Tubuh dengan Giat Berolahraga

Olahraga

Punya hobi makan tidak jadi masalah selama kamu bisa menyeimbangkannya dengan aktivitas fisikmu. Hobi makan memang bikin kamu perlu usaha ekstra untuk mempertahankan berat badan. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, ladies. Kamu bebas memilih bentuk aktivitas fisik yang kamu sukai. Kamu boleh melakukan beragam jenis olahraga demi menyeimbangkan jumlah kalori yang keluar masuk pada tubuh.

Usahakan untuk berolahraga minimal 150 menit setiap minggunya. Nantinya kamu akan terbiasa menyesuaikan aktivitas olahraga dengan waktu senggang yang kamu miliki. Sehingga kamu tidak akan merasa terbebani dengan olahraga. Sebab olahraga sudah menjadi bagian dari rutinitasmu.

5. Jauhi Makanan yang Mengandung Garam

Garam

Tahukah kamu bahwa garam memiliki kontribusi yang besar untuk membuat berat badan kamu bertambah? Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi garam, selain berat badanmu bertambah, kamu merasa kembung dan kesulitan untuk menurunukan berat badan. Garam juga membuat kamu merasa sering lapar dan sering haus. Untuk mengontrol jumlah garam yang masuk ke dalam tubuhmu, kamu bisa mengecek label nutrisi untuk jumlah kandungan sodium dan pilihlah makanan segar dibandingkan makanan cepat saji. Manfaat yang kamu dapatkan dari mengurangi konsumsi garam adalah wajahmu yang membengkak dan perut yang membuncit akan mengecil setelah kamu mengurangi konsumsi sodium pada makananmu.

6. Konsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas

Makan makanan pedas dapat membuatmu lebih cepat kenyang berdasarkan studi yang dilakukan oleh British Journal of Nutrition. Ilmuwan di State University of New York di Buffalo juga menemukan bahwa capsaicin (yang ada dalam cabai) dapat mengeluarkan hormon endorphin dari otak sehingga selain kamu merasa kenyang kamu juga merasa senang.

7. Hindari Minum Diet Soda

Diet soda

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Texas Health Science Center, bahwa orang yang gemar minum soda memiliki resiko lebih besar untuk kelebihan berat badan. Minum dua kaleng soda dapat membuat pinggang membesar sebesar 500% lho. Gula buatan dalam soda dapat membuat tubuh kehilangan kemampuannya untuk menyerap gula natural dalam makanan sehingga jika kamu sering mengonsumsi diet soda, kamu akan cenderung lebih banyak makan karena tubuhmu merasa kamu masih kekurangan gula.

BACA JUGA: Begini Cara Mengencangkan Bokong agar Kamu Bisa Tampil Lebih Percaya Diri

8. Fokuslah pada Nutrisi yang Masuk Dibadingkan dengan Berapa Kalori yang Masuk

Makan sayur

Daripada kamu menghitung berapa kalori yang masuk, sebaiknya kamu menghitung berapa nutrisi yang masuk. Pastikan kamu mengonsumsi sayur-sayuran, karbohidrat dan protein. Melalui cara ini, tubuhmu akan merasa kenyang lebih lama dibandingkan kamu menghitung kalori yang masuk. Kamu juga mencoba trik warna, dimana kamu harus memastikan di makananmu terdiri dari warna oranye, hijau, serta merah untuk memastikan kamu mengonsumsi sayuran dan karbohidrat dengan tepat.

9. Makanlah dengan Perlahan

Makan

Di tengah aktivitas yang padat, kamu pasti sering terburu-buru dalam makan. Berdasarkan penelitian oleh The University of Rhode Island, perut kamu membutuhkan waktu 20 menit untuk mengirim pesan ke otak bahwa kamu sudah cukup kenyang. Jika kamu makan dengan terburu-buru, perutmu belum merasa kenyang meskipun kamu sudah makan banyak sehingga kamu menjadi makan lebih banyak lagi. 

Makanlah dengan perlahan, setidaknya kunyahlah 10 kali, letakkan garpu kamu di setiap gigitannya dan makanlah dengan perlahan-lahan. Akan lebih bagus jika kamu fokus pada makananmu dan tidak memainkan handphone ketika sedang makan.

10. Jangan Takut Makan Malam

Makan malam

Makan malam membuat gemuk hanyalah mitos belaka. Konsumsilah 70% kalori sebelum makan malam dan 30% untuk makan malam dan beri waktu pada dirimu sekitar 90 menit untuk akhirnya tidur. Hal ini karena tubuhmu butuh 90 menit untuk mencerna makanan dengan baik.


Jadi, sekarang sudah tahu kan caranya agar tetap langsing. Kini kebiasaan makan banyak tidak akan membuatmu khawatir lagi karena kamu sudah tahu cara untuk hidup sehat meski nafsu makan senantiasa besar. Selamat menikmati makanan kesukaanmu.

Tags:

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

in Diet
5 Tips Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga yang Perlu Kamu Coba

5 Tips Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga yang Perlu Kamu Coba

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
in Diet
Inilah 5 Tips Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga yang Perlu Dicoba

Inilah 5 Tips Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga yang Perlu Dicoba

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
in Diet
5 Makanan Sehat yang Bisa Mengecilkan Perut

5 Makanan Sehat yang Bisa Mengecilkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
in Diet
8 Tips Diet Selama Bulan Puasa agar Berat Badan Tetap Terjaga

8 Tips Diet Selama Bulan Puasa agar Berat Badan Tetap Terjaga

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
in Diet
6 Rahasia Berat Badan Ideal Para Wanita Jepang yang Bisa Kamu Tiru

6 Rahasia Berat Badan Ideal Para Wanita Jepang yang Bisa Kamu Tiru

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
in Diet
5 Diet yang Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan

5 Diet yang Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
in Diet
5 Rahasia Mengecilkan Paha dan Betis dengan Cepat

5 Rahasia Mengecilkan Paha dan Betis dengan Cepat

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
in Diet
5 Tips Mengecilkan Paha yang Bisa Kamu Coba di Rumah

5 Tips Mengecilkan Paha yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani