Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Mitos Payudara Yang Perlu Kamu Ketahui Kebenarannya

Banyak beredar mitos tentang payudara, mulai dari payudara bisa membesar bila disentuh orang lain hingga masalah pemakaian bra di saat tidur. Temukan jawabannya disini!

Istiarina Putri

Ladies, payudara merupakan bagian yang penting bagi seorang wanita. Menjaga keindahan dan kesehatan payudara merupakan kewajiban kita sebagai wanita.

Namun seringkali mitos yang beredar membuat kamu menjadi khawatir, padahal belum tentu mitos tersebut benar adanya. Nah, berikut ini beberapa mitos payudara yang perlu kamu ketahui kebenarannya.

Payudara Lebih Besar Jika Disentuh Orang Lain?

Pertumbuhan payudara ditentukan oleh 2 hal, gen dan hormon. Inilah mengapa beberapa perempuan memiliki pertumbuhan payudara lebih cepat dibandingkan yang lainnya. Ukuran payudara yang sudah dimiliki biasanya sulit untuk bertambah besar secara alami, sehingga menggunakan bantuan implan atau operasi untuk memperbesarnnya.

Kulit Payudara Yang Sensitif

Sebenarnnya kulit payudara sama seperti kulit bagian tubuh lainnya. Bagian yang sensitive dari payudara adalah bagian putting, karena terdapat ujung-ujung syaraf. Sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mengusapkan lotion atau pelembab pada bagian payudaramu.

Wanita dengan Payudara besar, Rentan Kanker

Mungkin kamu sering mendengar tentang hal ini. Namun belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan hal ini. Kanker payudara umumnya berkaitan dengan kelenjar susu, sedangkan ukuran payudara berkaitan dengan jaringan lemak. Jadi besar kecilnya ukuran payudara tidak berpengaruh, karena kanker payudara bisa terjadi pada siapa saja.

BACA JUGA: Mau Cegah Kanker Payudara? Yuk Makan Sup Miso!

Payudara gatal artinya sedang tumbuh

Ini hanya mitos belaka ladies. Justru sensasi gatal merupakan peringatan bagi kamu akan terjangkit penyakit. Mengngat payudara tertutup oleh kulit, folikel rambut, dan kelenjar keringat, sehingga mudah berkeringat.

Payudara Mengendur setelah Menyusui

Perubahan payudara atau kendur akan terjadi sesuai dengan waktunya, bukan karena menyusui. Didalam payudaramu terdapat beberapa jaringan lemak. Dengan menyusui justru menciptakan jaringan lemak yang lebih padat pada payudara,

Bra Dengan Kawat Memicu Kanker Payudara

Sering dikatakan bahwa penggunaan bra kawat dapat memicu kanker payudara karena menekan sistem getah bening. Namun berdasarkan penelitian yang tekah dilakukan, hal itu tidaklah benar. Fakta lain menunjukkan sebagian besar wanita di tahun 1960-an pergi tanpa menggunakan bra, namun hal tersebut tidak membuat diagnosa kanker payudara mengalami penurunan.

BACA JUGA: Tips Memilih Bra yang Benar dan Nyaman

Posisi Tidur Mempengaruhi Ukuran Payudara

Jangan percaya jika kamu mendengar mitos mengenai ukuran payudara yang tidak sama karena sering tidur dengan posisi miring. Karena pada faktanya, posisi tidur sama sekali tidak mempengaruhi pertumbuhan payudara kamu. Posisi tidur yang berubah – ubah justru mampu menjaga aliran darah ke payudara.

Payudara ‘Rusak’ karena Tidak Menggunakan Bra saat Olahraga

Tidak menggunakan bra saat olahraga tentu tidak akan ‘merusak’ payudaramu, lebih tepatnya akan membuatnya terasa sakit dan tidak nyaman. Terutama bagi wanita dengan payudara besar. Sehingga disarankan untuk kamu menggunakan bra saat berolahraga, terutama sport bra. Selain untuk rasa nyaman, penggunaan bra juga akan menghindarkanmu dari sakit punggung.

Waspada terhadap mitos yang beredar memang diperlukan, tapi pastikan dulu kebenarannya agar kamu tidak salah dalam menggambil tindakan.

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy