Kawaii Beauty Japan

Skin Care

7 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar yang Seharusnya Kamu Lakukan

Inilah 5 cara mudah membersihkan wajah dengan baik dan benar yang bisa kamu aplikasikan mulai sekarang, ladies!

Wikan Saputri

Membersihkan wajah nampaknya memang kegiatan yang sepele untuk dilakukan. Tuang sabun muka, kemudian bilas dan keringkan dengan haduk. Tentunya siapapun bisa melakukan hal ini bukan? Namun, meskipun membersihkan wajah memang seharusnya menjadi agenda wajib setiap wanita. Pasalnya, meskipun sering dianggap sebagai hal yang sepele, membersihkan wajah ternyata juga memiliki cara dan trik tertentu agar kotoran benar-benar terangkat secara sempurna.

Membersihkan wajah membutuhkan trik agar wajahmu bisa halus dan secara maksimal. Nah, nerikut ini akan dibahas mengenai cara membersihkan wajah yang benar dan pastinya bisa menghindarkanmu dari kulit kusam dan berjerawat. Yuk, simak

7 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar yang Seharusnya Kamu Lakukan

Bersihkan wajahmu dengan benar ya, ladies!

1. Cuci Muka 2 Kali Sehari

Cuci muka

Mencuci muka memang merupakan solusi paling sederhana untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel di wajah kita setelah seharian beraktifitas. Untuk tetap menjaga kesehatan kulit wajahmu, kamu hanya perlu untuk mencuci muka minimal 2 kali dalam sehari, yaitu saat bangun tidur dan saat akan tidur malam. Kelihatan sepele, bukan? Meskipun begitu banyak wanita yang lupa melakukannya, terutama cuci muka saat akan tidur malam. Biasanya karena sudah terlalu lelah beraktifitas seharian kita sering melupakan ritual rutin ini. Padahal jika kamu lupa tidak mencuci muka saat akan tidur malam, resiko kulit kusam dan timbul jerawat di wajah akan bertambah besar, lho ladies!

2. Bersihkan Semua Make up

Make up

Meskipun kamu tidak pernah menggunakan makeup tebal, tapi foundation, bb cream, atau mungkin compact powder yang kamu gunakan bisa menyumbat pori-porimu jika tidak kamu bersihkan dengan menyeluruh. Hal ini akan menyebabkan pori-pori membuka lebar dan mengijinkan bakteri penyebab jerawat masuk ke dalamnya, alhasil jerawat pun akan tumbuh dengan subur. So, membersihkan makeup itu penting, ya ladies!

3. Mencuci Wajah dengan Air Hangat

Air hangat

Selama ini seringkali kita mencuci wajah hanya dengan menggunakan air keran biasa, atau mungkin ada yang lebih suka menggunakan air dingin agar merasakan sensasi yang menyegarkan. Tapi tahukah kamu jika sebenarnya air dingin ini akan memaksa pori-pori wajah untuk tertutup. Padahal saat membersihkan wajah, kita perlu membersihkan sisa-sisa makeup hingga ke dalam pori-pori wajah. Untuk membuka pori-pori wajah ini kita bisa menggunakan air hangat untuk membasuh muka saat kita akan mencuci muka, begitu pula saat kita akan membilas facial foam dari wajah kita. Dengan begitu kulit wajah kita pun akan bersih maksimal. Tapi ingat, ladies! Meskipun air hangat ini baik untuk membersihkan wajah, tapi jangan menggunakan air yang terlalu panas untuk mencuci muka, ya! Karena hal ini akan menyebabkan kulit kering dan kusam.

4. Pijat Wajah dengan Gerakan Memutar

Gerakan memutar

Saat kamu membersihkan wajah, tepatnya saat kamu sedang mencuci muka, pijatlah wajahmu dengan lembut. Gerakkan tanganmu memutar ke arah belakang, kemudian pijat-pijatlah dengan perlahan. Lakukan pemijatan selama 1 menit saat cuci muka, setelah bilaslah dengan bersih. Ohiya, cara ini juga sangat efektif untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajahmu, lho ladies!

5. Hindari Menggosok Wajah dengan Handuk

Handuk

Menggosok wajah dengan menggunakan handuk adalah kesalahan yang sering kita lakukan setiap harinya. Meskipun terdengar sepele, tapi menggosok wajah dengan handuk ini sangat fatal akibatnya, lho ladies! Setelah kamu selesai membersihkan wajah, biasakan untuk menepuk-nepuk dengan lembut wajah dengan handuk yang lembut. Pasalnya, setelah dibersihkan, biasanya kulit wajah akan terasa lembab, hal ini membuatnya rentan akan iritasi yang bisa terjadi jika kamu menggosoknya menggunakan handuk, bahkan handuk paling lembut sekalipun.

Tagged in:
Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait