Foto Betulkah Merokok Bisa Menurunkan Berat Badan? Simak Faktanya!

Betulkah Merokok Bisa Menurunkan Berat Badan? Simak Faktanya!

Foto Hikma Adriani
Hikma Adriani
Contributor
Apa kamu pernah dengan bahwa merokok bisa menurunkan berat badan?

Memang nyatanya, banyak orang yang berhenti merokok berat badannya jadi bertambah. Namun, itu dikarenakan mereka mengalihkan kecanduan mereka pada makanan, bukan karena tembakau bisa membuat badanmu kurus, namun ada hal lainnya yang membuat badanmu menjadi kurus. Rokok juga bisa memicu berbagai penyakit mematikan di tubuh kita dan tubuh orang lain yang menghisap asap rokok tersebut. Kamu tidak bisa berpura-pura soal itu.

Sebenarnya merokok memang bisa membuat badan menjadi kurus. Hal ini karena nikotin memiliki efek menekan nafsu makan kita sehingga kita cenderung untuk tidak merasa lapar meskipun belum makan seharian. Bisa jadi kamu berpikiran untuk menyeimbangkan gaya hidup sehat dan tidak sehat menjadi satu yaitu dengan merokok namun melakukan olahraga agar membuat badan menjadi fit. Namun, hal ini tetap saja tidak baik. Berikut alasannya.

Alasan Kebiasaan Merokok Tidak Digunakan untuk Menurunkan Berat Badan

Meskipun merokok bisa membantumu menurunkan berat badan, tapi sebaiknya jangan kamu gunakan lho, ladies!

1. Bukan Nikotin yang Berbahaya

Rokok

Zat nikotin saja sebenarnya tidak berbahaya. Zat nikotin sebenarnya memiliki efek yangs sama dengan caffeine. Hal yang membuat rokok berbahaya adalah ribuan komposisi lain yang terkandung di dalam sebatang rokok, termasuk lebih dari 50 karsinogen. Nikotin, dicampur dengan bahan-bahan tersebut, tentu memiliki efek yang sangat berbahaya bagi tubuh kamu bahkan bisa memicu kanker.

2. Mengurangi Rokok Itu Sama Sekali Tidak Membantu

Merokok

Jika kamu pikir mengurangi rokok beberapa batang per hari bisa membantu menyehatkan tubuh kembali, kamu salah. Justru dengan mengurangi asupan rokok, tubuhmu yang sudah kecanduan akan menagih lebih banyak rokok. Ujung-ujungnya, rokok yang dihisap jadi sama saja, atau bahkan lebih banyak, jumlahnya dari yang biasa.

Kalau kamu berniat mengurangi asupan rokok, jadikan itu sebagai langkah awal untuk berhenti merokok sama sekali, bukan sebagai langkah pembenaran semata.

3. Kamu Tidak Bisa Mengimbangi Kebiasaan Merokok Dengan Pola Hidup Sehat

Lari

Jika kamu pikir kamu bisa menolak efek berbahaya dari rokok dengan cara olahraga dan makan makanan organik, kamu salah besar. Ini sudah terbukti, merokok begitu berbahayanya sehingga mampu merusak organ tubuh. Tidak ada pola hidup sehat yang bisa mencegah efek buruk tersebut.

4. Efek Tidak Nafsu Makan yang Dihasilkan oleh Merokok Sama Sekali Tidak Sehat  

Sakit perut

Merokok untuk menurunkan badan sebenarnya tentu saja menggiurkan, apalagi jika kamu kesulitan untuk menjalankan diet. Merokok dapat membuatmu menjadi ketagihan, sehingga sangat tidak baik mengingat efeknya yang dapat merusak tubuh. Alasan sebenarnya kenapa kamu merasa tidak lapar ketika merokok adalah ketika kamu merokok, pembuluh darah menjadi sempit sehingga aliran darah menjadi tidak lancar mengalir ke perut yang menyebabkan perut menjadi berhenti berfungsi.

Inilah alasan mengapa merokok meningkatkan risiko penyakit jantung. Merokok dapat menyempitkan pembuluh darah, yang meningkatkan risiko pembuluh arteri menjadi tersumbat yang menyebabkan penyakit jantung.

5. Rokok ‘Light’ Itu Sama Buruknya dengan Rokok Biasa

Merokok

Rokok yang berlabel “light” atau ringan itu sama berbahayanya dengan rook-rokok biasa. Rokok “light” memang mengandung lebih sedikit tar dan bahan berbahaya lainnya, tapi perokok yang ganti rokok jadi “light” justru akan merokok lebih banyak untuk mengimbangi kurangnya rasa dari rokok tersebut. Ujung-ujungnya, hasilnya sama saja kan?

6. Butuh Usaha Beberapa Kali sampai Bisa Berhenti Merokok Total

Merokok

Jangan putus asa jika kamu merasa gagal dalam percobaan pertama. Rata-rata perokok juga tidak bisa berhenti langsung kok di percobaan pertama. Kuncinya adalah tidak menyerah dan ingatkan terus dirimu berkali-kali bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan.

7. Bukan Cuma Kesehatan yang Kamu Dapatkan Saat Berhenti Merokok

Sakit

Biasanya, kampanye anti rokok selalu menitik-beratkan pada faktor kesehatan. Padahal, ada banyak keuntungan lainnya yang kamu dapatkan saat berhenti merokok, selain mendapatkan kembalik kesehatanmu. Diantaranya adalah, kamu jadi lebih fokus, sadar sekitar, bisa merasakan makanan dengan lebih baik, dan bahkan bisa mencium aroma udara.


Nah, itu dia alasan kenapa kamu sebaiknya tidak menurunkan badan dengan cara merokok, ladies! Masih mau mencobanya?

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2017 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Miss V dengan Thermiva Kini Telah Hadir di Indonesia

Perawatan Miss V dengan Thermiva Kini Telah Hadir di Indonesia

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
7 Cara Mencegah Kanker yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

7 Cara Mencegah Kanker yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

Santi Berlinawati Santi Berlinawati