Foto 7 Cara Merawat Kulit Berminyak dengan Tepat yang Perlu Kamu Ketahui

7 Cara Merawat Kulit Berminyak dengan Tepat yang Perlu Kamu Ketahui

Foto Hikma Adriani
Hikma Adriani
Contributor
Perawatan kulit berminyak yang salah malah akan membuat wajahmu menjadi berjerawat lho.

Muka berminyak bisa menjadi hal yang menyebalkan bagi siapapun. Punya kulit berminyak berarti juga punya pori-pori besar, jerawat, dan komedo! Namun, hal tersebut tidak boleh dijadikan penghalang untuk penmapilan sempurna. Dengan beberapa tips, kamu bisa menghemat waktu untuk tidak selalu touch up make up tiap jam, tidak buang-buang kertas minyak, dan perawatan kulit yang mampu menanggulangi kelenjar minyakmu yang kelewat aktif.

Sebelum melakukan apapun, ingat-ingatlah satu aturan dasar dalam mengaplikasikan produk untuk kulit berminyak dan selalu pastikan produk yang kamu pakai itu kering dulu di kulit sebelum mengaplikasikan produk lainnya.

7 Cara Merawat Kulit Berminyak dengan Tepat yang Perlu Kamu Ketahui

Simak bagaimana cara merawat kulit berminyak dengan tepat agar tidak menjadi berjerawat.

1. Bersihkan Secara Menyeluruh

Foaming cleanser

Setelah menghapus make up dengan make up remover, bersihkan langsung dengan foaming cleanser yang akan menyerap semua sisa kotoran yang menyumbat pori. Kamu juga perlu memakai foaming cleanser dengan tepat lho, pastikan kamu menyentuh wajahmu dengan busanya bukan dengan tanganmu. Hal ini agar kotoran dalam pori-pori juga dapat bersih terangkat.

2. Segarkan Kulit

Memakai toner

Tidak cukup dengan membersihkan wajahmu. Kamu juga perlu untuk menyegarkan pori-porimu dengan memulaskan toner. Toner dengan formula mencerahkan juga bisa membantu karena mampu menyamarkan noda-noda bekas jerawat.

3. Serum

Menggunakan serum

Serum sebenarnya sangat bagus untuk semua jenis kulit. Usapkan serum wajah ke semua kulit, lalu pijat lembut kulit wajahmu. Pilihlah serum yang formulanya mengandung asam buah organik dan salycilic acid yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat tapi tetap lembut di kulit.

4. Atasi Jerawat dengan Tepat

Tea tree

Permasalahan nomer satu oleh kulit berminyak adalah timbulnya jerawat. Kamu perlu mengatasinya dengan tepat dan jangan memencetnya! Oleskan jerawat yang membandel dengan obat jerawat khusus yang bisa mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan. Untuk rekomendasi, kamu bisa gunakan tea tree oil. Selain alami, tea tree oil juga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

5. Lembapkan

Melembapkan

Banyak yang bilang kalau wajah berminyak tidak butuh pelembab lagi, karena pelembab justru akan membuat kulit semakin berminyak. Salah besar. Kita justru bisa mengontrol produksi minyak di wajah dengan melembabkannya dengan moisturizer bebas minyak. Oleskan pelembap ke wajahmu tiap hari dan kamu pasti akan takjub saat merasakan justru minyakmu jadi lebih terkontrol.

6. Rawat dengan Gunakan Masker

Masker

Manjakan kulitmu sekali seminggu dengan masker yang menyegarkan dan membersihkan kulit. Masker yang cocok untuk kulit berjerawat adalah clay mask dan masker yang mengandung asam sitrat.

7. Kertas Minyak

Kertas minyak

Oil paper adalah barang wajib yang harus selalu kamu bawa kemana-mana daripada menambahkan bedak terus-terusan (yang justru bisa membuat make up-mu tampak cakey), lebih baik serap minyak yang berlebih dengan kertas minyak. Lakukan langkah ini terakhir, saat minyak di wajah mulai mengkhawatirkan. 

Foto Hikma Adriani

Hikma Adriani

Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini