Foto 7 Cara Mengatasi Wajah Kusam yang Perlu Kamu Perhatikan

7 Cara Mengatasi Wajah Kusam yang Perlu Kamu Perhatikan

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Kulit kusam? Lakukan beberapa kebiasaan berikut untuk mengatasinya, ladies!

Mengatasi kulit kusam memang sedikit ribet. Banyak faktor yang membuat kulit menjadi kusam salah satunya adalah stres dan polusi. Kulit kusam sering membuat beberapa orang tampil kurang percaya diri. Meskipun telah menggunakan banyak produk kecantikan, kulit kusam ini masih sangat sulit untuk diatasi, ladies! Tak hanya itu, banyak produk yang menjanjikan bisa mengatasi kulit kusam pun ternyata malah justru mengandung zat-zat berbahaya yang tidak boleh digunakan.

Pada dasarnya, kulit kusam ini dapat diatasi dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang menghindarkanmu dari masalah kulit kusam. Berikut beberapa kebiasaan baik yang bisa kamu biasakan     mulai sekarang untuk mengatasi kulit kusam.

7 Cara Mengatasi Wajah Kusam yang Perlu Kamu Perhatikan

Ikuti cara ini mengatasinya agar wajahmu cerah dan berseri sepanjang hari ya, ladies!

1. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya

Salah satu penyebab kulit menjadi kusam adalah karena paparan sinar matahari. Menggunakan tabir surya yang ber-spf 30 atau lebih, kamu dapat terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung dan bahaya radikal bebas. Sebisa mungkin hindari berada terlalu lama di bawah terik matahari. Jika aktivitasmu menuntut untuk terus berada di bawah sinar matahari, biasakan untuk mengoleskan tabir surya setiap 3 jam sekali.

2. Hindari Merokok

Merokok

Penelitian membuktikan bahwa orang yang merokok memiliki resiko kulit kusam yang lebih besar daripada mereka yang tidak. Hal inilah yang menyebabkan perokok terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya. Jika kamu memiliki kulit yang kusam, berhentilah merokok agar wajahmu menjadi cerah.

3. Gunakan Produk yang Sesuai

Cuci muka

Tak perlu produk yang mahal, cukup produk yang sesuai saja yang sebenarnya kamu butuhkan, ladies! Bagi kamu yang memiliki jenis kulit yang kering, gunakan pembersih yang tidak mengandung alkohol dan tidak memiliki aroma. Jangan lupa untuk selalu membilasnya dengan air hangat setiap kali selesai melakukan perawatan. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit bermunyak, sebaiknya kamu memilih pembersih yang tidak memiliki kandungan minyak di dalamnya. Jangan lupa untuk mengaplikasikan scrub seminggu sekali.

4. Membersihkan Make up

Membersihkan wajah

Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi membersihkan makeup setiap akan tidur memang sangat penting untuk mencegah pori-pori yang tersumbat oleh sisa makeup yang akhirnya akan memicu timbulnya jerawat. Hindari pula berbagi makeup dengan orang lain karena hal ini juga beresiko menyebarkan bakteri penyebab jerawat.

5. Olahraga dan Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat

Kesehatan dan kesegaran kulit wajahmu juga sangat tergantung dengan makanan apa yang kamu konsumsi setiap harinya. Tempatkan sayur dan buah segar di daftar menu utama harianmu. Jangan lupa untuk berolahraga secara rutin, ladies! Berolahraga dapat melancarkan aliran darah dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk di daerah wajahmu.

6. Tidur berkualitas

Tidur

Sudah menjadi rahasia umum, kurang tidur akan menyebabkan wajah kusam dan terlihat lebih tua. Tapi sebaliknya, terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk kesehatan kulitmu. Solusi utamanya adalah dengan tidur berkualitas dalam waktu normal, yaitu sekitar 7-8 jam per hari. Saat kamu tidur dengan waktu normal, tubuh akan memproduksi kolagen yang membuatmu akan tampak segar di keesokan harinya.

7. Jangan Stres

Stres

Semakin banyak hal yang membuatmu stres maka akan semakin kusam kulitmu terlihat. Hal ini dapat kamu hidari dengan cara berekreasi dengan teman atau hanya sekedar hangout dengan obrolan yang positif bersama orang-orang terdekat. Meskipun tidak menghilangkan stres secara keseluruhan, tapi hal ini setidaknya bisa mengurangi beban yang ada di pundakmu, bukan?


Nah, itulah 7 cara mengatasi wajah kusam jika kamu sedang memiliki masalah kulit wajah yang kusam. Makanan sehat, pola hidup yang teratur, dan berpikir positif adalah kunci utamanya. Selamat mencoba membiasakan kebiasaan baik di atas, ladies!

Tags:

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini