Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Kesalahan Perawatan Wajah Berminyak yang Perlu Kamu Ketahui

Memiliki wajah berminyak perlu diperlakukan dengan hati-hati, ladies!

Hikma Adriani

Kulit berminyak memang menjengkelkan. Bayangkan, kamu harus hati-hati memilih make up yang bisa tahan lama, harus membawa kertas minyak kemana-mana, harus sering  touch up  make up, dan sering menemukan jerawat bermunculan jika kurang teliti ketika membersihkan muka. Kamu mungkin sudah mencoba berbagai macam produk untuk kulit berminyak, tapi tampaknya kilap di wajahmu tak juga hilang.

Wajah berminyak tidak hanya dari faktor genetik, ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari wajah berminya. Penyebabnya antara lain, makanan yang berlemak, hormon yang tidak seimbang, dan salah pemilihan kosmetik. Jika wajah yang berminyak dibiarkan dan terpapar dengan polusi, nantinya malah akan menutupi pori-pori dan menyebabkan jerawat. Untuk itu, kamu perlu memerlakukan wajah berminyak kamu dengan tepat, jangan sampai kamu melakukan kesalahan-kesalahan ini.

5 Kesalahan Perawatan Wajah Berminyak yang Perlu Kamu Ketahui

Hati-hati, itu bisa jadi disebabkan oleh 5 kesalahan yang tanpa sadar sering kamu lakukan berikut ini.

1. Takut Akan Minyak

tea tree oil

Kamu pikir, jika wajah sudah berminyak, maka kamu harus menghindari segala jenis produk minyak apapun yang terjadi. Salah besar. Kamu justru harus berteman dengan produk minyak. Ada beberapa jenis minyak yang cocok untukmu, seperti minyak jojoba, tea tree, rosehip, dan chamomile. Dengan mengaplikasikan minyak alami tersebut, wajahmu jadi tidak memproduksi  minyak berlebih lagi. Plus, beberapa minyak seperti tea tree dan rosehip bisa mengatasi jerawat juga.

2. Membersihkan Wajah dengan Produk yang Keras

Membersihkan wajah

Biasanya, kulit berminyak menggunakan facial wash keras yang mampu menyedot semua minyak wajah. Padahal, facial wash yang formulanya keras justru akan membuat masalahmu semakin memburuk. Maka itu, gunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid atau tea tree oil guna mengatasi minyak berlebih dan mengobati kulit kering.

3. Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi wajah

Menggosokkan formula eksfoliator terlalu sering ke wajah justru bisa, menyebabkan kerusakan kulit. Akibatnya, jerawat dan produksi minyak justru akan semakin parah. Maka itu, jangan terlalu sering eksfoliasi. Cukup seminggu sekali. Selain itu, pilih eksfoliator yang mengandung AHAs dan BHAs untuk me regenerasi kulit dengan lembut.

3. Menggunakan Make up yang Salah

Make up

Jika kamu belanja make up, pastikan produk yang kamu beli itu cocok untuk kulit berminyak. Itu karena make up cenderung cepat hilang di kulit yang licin, maka itu kamu butuh formula khusus yang bisa tahan lama dan juga memberikan hasil akhir matte. Biasanya produk-produk make up khusus kulit berminyak memiliki kemampuan untuk menaklukan jerawat dan kelenjar minyak.

5. Tidak Pakai Pelembap

Moisturizer

Kamu pikir, wajahmu sudah cukup “lembap”. Buat apa butuh pelembap lagi? Kamu salah. Kelenjar minyak itu memproduksi minyak karena ia mendeteksi kulit wajah kering, maka kelenjar tersebut memproduksi minyak berlebihan untuk tampak seperti kilang minyak. maka itu, jangan pernah lupa untuk pakai pelembap setiap pagi. Pilih produk yang berbentuk gel dan formulanya bebas minyak.

Nah, itu dia kesalahan perawatan wajah berminyak yang seringkali dilakukan oleh banyak wanita. Jangan melakukan kesalahan ini lagi ya, ladies! 

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait