Kawaii Beauty Japan

Skin Care

8 Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh Saat Musim Hujan yang Wajib Kamu Perhatikan

Di musim hujan, cuaca yang dingin dan rintik hujan bisa membuat make up pada wajahmu cepat luntur lho.

Hikma Adriani

Memasuki musim hujan, bukan hanya tubuh saja yang butuh perhatian khusus, masalah kulit pun harus diatasi dengan perawatan secara rutin. Perubahan cuaca membuat kelembapan kulit berkurang, sehingga kondisi kulit menjadi lebih kering. Kulit kering bukan hanya akan mengganggu penampilan, namun juga akan menyebabkan kulit berisiko gatal-gatal dan iritasi.

Tidak hanya kulit menjadi kering karena cuaca yang dingin, make up yang sedang kamu gunakan pun berpotensi untuk luntur karena rintik-rintik hujan. Nah ladies, maka dari itu untuk menghindari kulit yang bermasalah, kamu perlu mencoba tips berikut ini.

8 Perawatan Kulit Wajah dan Tubuh Saat Musim Hujan yang Wajib Kamu Perhatikan

Yuk, rawat kulit wajahmu agar selalu berseri sepanjang hari di musim hujan ini.

1. Jangan Terlalu Lama Berendam Saat Mandi Pagi

Berendam

Berendam di pagi hari dengan menggunakan air hangat di musim hujan memang nampaknya seperti ide yang bagus untuk menghangatkan badanmu. Meskipun kamu menggunakan air hangat, berendam berlama-lama akan menyebabkan turunnya suhu di atas permukaan kulit, kondisi ini pada akhirnya akan menyebabkan kulit lebih kering.

2. Masker atau Gel Pelembap

Pelembap

Masker Gel bisa menjadi alternatif untuk menggantikan kelembabpn kulit yang sangat cocok untuk digunakan di musim hujan atau musim ekstrim lainnya karena bisa menenangkan kulit sensitif dan melembabkan kulit kering.

3. Penggunaan Tabir Surya

Sunblock

Tetap oleskan tabir surya di wajah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Banyak yang menganggap cuaca mendung tidak berbahaya untuk kulit. Meskipun cuaca sedang dingin, paparan sinar matahari tetap ada dan berbahaya untuk kulit. Disarankan menggunakan tabir surya dengan SPF 30 yang sesuai dengan iklim di Indonesia.

4. Hindari Pembersih Kulit yang Berbasis Alkohol

Membersihkan wajah

Kamu harus menghindari pembersih kulit berbasis alkohol karena pembersih tersebut akan mengganggu dan mengeringkan kulit. Gunakan pembersih ringan secara teratur untuk menyingkirkan kelebihan minyak, kotoran, dan debu untuk menjaga kulit bebas dari bakteri.

5. Gunakan Pelembap di Malam Hari

Pelembap

Pelembap sangat dibutuhkan ketika kulit sering terkena udara kering yang selalu berubah-ubah. Menggunakan pelembab di malam hari akan membantu menjaga kelembaban kulit saat tidur, dan mempertahankan hidrasi pada kulit.

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait