Kawaii Beauty Japan

Diet

6 Tips Diet Sehat untuk Penderita Maag

Siapa sih yang tak ingin memiliki tubuh langsing ideal? Sayangnya bagi penderita maag, diet agak sulit dilakukan. Coba simak tips berikut ini yuk!

Marga Apsari

Sebagian besar orang, khususnya wanita menginginkan tubuh yang tinggi dan berat badan yang proporsional. Untuk mendapatkan postur tubuh ideal ini, kebanyakan orang pastinya menjalankan diet yang cukup ketat. Sayangnya, pola diet sehat yang ketat seringkali menimbulkan masalah baru bagi penderita penyakit maag. Diet yang salah dapat membuat tubuh menjadi lemas, bahkan dapat membuat lambung menjadi tidak sehat. Hal ini dapat membuat penderita maag berbahaya ketika melakukan diet karena ditakutkan malah akan membuat lambung menjadi semakin parah.

Namun, bukan berarti para penderita maag tidak bisa menjalankan diet lho, ladies. Hal yang perlu kamu tahu adalah mengetahui cara menjalankan diet untuk para penderita maag. Bagaimana caranya? Yuk, simak!

6 Tips Menjalankan Diet Untuk Penderita Maag

Selama dilakukan dengan benar dan sesuai prosedur, penderita maag juga dapat menjalankan diet untuk menurunkan berat badannya. Berikut ini adalah tips ampuh untuk menjalankan diet bagi penderita maag:

1. Membuat Jadwal Pola Makan

Jadwal makan

Menyusun sendiri jadwal pola makan sehat merupakan salah satu hal utama yang harus kamu lakukan. Hindari menunda waktu makan, sebab perut yang teralu lama kosong akan membuat asam lambung akan mencerna lapisan atau dinding lambung itu sendiri. Akibatnya, penyakit maag-mu akan kambuh. Maka dari itu, tetap makan pada jam yang tepat agar menghindari jam lambung yang berantakan

2. Hindari Makanan Pemicu Maag

Makanan pedas

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit maag, seperti makanan yang keras atau sulit dicerna. Gorengan, makanan dengan kadar lemak tinggi, cokelat, krim kue, keju, makanan pedas, dan beraroma kuat merupakan beberapa contoh makanan yang sebaiknya kamu hindari. Ketika kamu diet, perut beradaptasi dengan porsi yang dikonsumsi oleh lambung, sehingga makan-makanan yang tidak sehat akan menjadi pemicu maag kamu menjadi kambuh.

3. Olahraga Teratur

Olahraga

Pola makan diet sehat juga perlu didukung dengan olahraga secara teratur. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging atau bersepeda di pagi atau sore hari. Melakukannya dengan disiplin dapat membantu proses menurunkan berat badan jadi lebih maksimal.

4. Jauhi Rokok

Smoking

Kebiasaan merokok memang merupakan kebiasaan yang tidak sehat baik bagi penderita maag ataupun bukan penderita maag. Namun, bagi penderita maag, kebiasaan merokok dapat menjadi pemicu bagi penderita maag. Pola hidup sehat juga perlu ditekuni oleh para penderita maag jika ingin menurunkan berat badan. Salah satunya adalah menjauhi kebiasaan merokok yang seringkali menjadi pemicu meningkatnya produksi asam langsung penyebab maag. 

5. Menjaga Kondisi Emosional

Stress

Banyak orang yang tidak percaya bahwa stres dan maag memiliki hubungan yang kuat. Stress merupakan salah satu kondisi emosional yang membuat kondisi penyakit maag menjadi semakin buruk dan melambatkan proses penyembuhannya. Maka dari itu, sering-seringlah berpikir positif dan hindari pikiran-pikiran buruk. Perbanyak kegiatan positif untuk mengisi hari-harimu.

6. Istirahat Cukup

Tidur

Selain menjalankan pola dan jadwal makan sehat, para penderita maag juga harus memaksimalkan waktu istirahatnya. Kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit maag lho, ladies. Tidurlah selama 7-8 jam dalam sehari agar proses menurunkan berat badan bisa jalan tanpa perlu membuat maag-mu kambuh.

Bagaimana, ladies? Siapapun bisa menjalankan tips diet bagi penderita penyakit maag. Hanya dengan menjalankan 6 tips di atas secara rutin, kamu bisa menurunkan berat badan secara maksimal. Selamat mencoba, ladies!

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait