Kawaii Beauty Japan

Diet

Berapa Banyak Sih Porsi Makan Nasi yang Boleh Kamu Santap Setiap Hari?

Makan nasi dengan porsi yang wajar tidak akan membuat badan menjadi gemuk kok! Tapi, seberapakah porsi yang wajar?

Melisa

Kalimat seperti ini tentu pernah kamu dengar kata-kata belum lengkap rasanya jika belum makan nasi kan, ladies. Malah mungkin kamu sendiri yang sering mengalaminya. Merasa belum kenyang kalau belum makan nasi. Padahal banyak yang menyarankan untuk membatasi atau menghindari konsumsi nasi kalau ingin punya berat badan ideal.

Sebenarnya kamu tidak perlu merasa takut begitu kalau kamu memang suka nasi karena kamu boleh makan nasi asalkan kamu teliti menakar porsinya. Simak bagaimana porsi nasi yang sesuai dengan tubuhmu, ladies!

Inilah Porsi Makan Nasi yang Seimbang untuk Kebutuhan Tubuhmu

Nasi

Menurut saran dari para ahli gizi, porsi nasi seimbang yang kamu butuhkan adalah sebanyak satu kepalan tanganmu setiap kali makan. Jumlah ini terbilang cukup bila kamu makan 3 kali sehari. Orang yang memiliki ukuran tubuh besar tentu memiliki kepalan tangan yang lebih besar. Sehingga jumlah nasinya pun bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat harianmu.

Ada pula saran lain yang menyatakan bahwa kamu butuh konsumsi nasi sebanyak 6 hingga 9 sendok makan dalam sekali makan. Karena asupan karbohidrat tambahan bisa kamu peroleh dari lauk atau camilan yang kamu santap.

Ketika Kamu Berencana Makan Nasi dalam Jumlah Banyak

Makan nasi

Kamu pasti pernah dong mendapat suguhan sayur atau lauk pauk kesukaanmu ketika makan. Sampai-sampai nafsu makanmu bertambah dan kamu pun memutuskan untuk nambah berkali-kali. Jangan khawatir kalau kamu sedang mendapat kesempatan untuk menikmati makanan kesukaanmu. Kamu bisa menyiasati asupan karbohidratmu dengan cara menghindari camilan. Sebab ternyata menikmati camilan sedap berupa gorengan, biskuit, atau aneka milk tea akan menyumbang karbohidrat dalam jumlah mencengangkan bagi tubuhmu.

Pilih Nasi Merah Supaya Kamu Kenyang Lebih Lama

Makan nasi merah

Nasi merah adalah solusi terbaik bagi kamu yang sering lapar walaupun sudah makan nasi. Kandungan serat nasi merah yang lebih tinggi daripada nasi putih akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Indeks glikemik beras merah yang terbilang rendah tidak berisiko meningkatkan kadar gula darahmu setelah kamu makan. Kamu pasti merasa lebih kenyang dan lebih bersemangat jika terbiasa menyantap nasi merah.

Kenyang Maksimal dengan Sayur dan Lauk Berprotein

Makan nasi

Tidak kenyang kalau hanya makan sedikit nasi itu cuma sugesti saja kok. Karena nyatanya kamu bisa merasa kenyang bila kamu menyantap sayur dan lauk yang mengandung protein dalam jumlah banyak. Variasi menunya juga bisa kamu sesuaikan dengan selera. Menyantap sup, sayuran yang ditumis, ayam bakar, pepes, tahu, dan tempe goreng serta menu lainnya akan membuat kau lekas kenyang walaupun jumlah nasimu hanya sedikit.

Jangan menghindari nasi atau makan nasi secara berlebihan ya, ladies. Nikmati saja nasimu secara wajar agar tetap mendapat asupan karbohidrat tanpa khawatir dengan pertambahan berat badan. So, kamu berencana makan nasi dengan sayur dan lauk apa hari ini?

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait