Kawaii Beauty Japan

Health

8 Mitos Tentang Kesehatan Payudara yang Terlanjur Dipercaya Wanita

Tentu kamu sering sekali mendengar mitos mengenai kesehatan payudara ya, ladies. Tahukah kamu? Ternyata tidak sedikit juga yang salah tafsir mengenai ini lho. Yuk cari tahu jawabannya disini!

Inka Rahmawati

Payudara sebagai salah satu bagian dari tubuh wanita sangat penting untuk dijaga. Terlebih payudara akan mengendur seiring berjalannya usia. Jika tidak dijaga memang keindahan payudara akan menjadi semakin menurun. Sayangnya, tak sedikit mitos beredar terkait dengan kesehatan kesehatan payudara, yang ternyata itu adalah salah. Jangan lakukan ini, jangan lakukan itu, tanpa ada penjelasan ilmiah yang akhirnya membuat para wanita percaya. Hal ini justru malah akan membuat menjadi paranoid. Nah, agar kamu tidak salah mempercayai mitos. Yuk, ketahui hal-hal yang rupanya hanyalah mitos!

8 Mitos Tentang Kesehatan Payudara yang Terlanjur Dipercaya Wanita

Jangan percaya dengan hal-hal ini lagi ya, ladies!

Mitos 1 : Kamu Harus Tidur Mengenakan Bra untuk Mencegah Payudara Kendur dan Dada Berkerut

Payudara

Memakai bra saat kamu berbaring tidak akan ada pengaruhnya dengan kekencangan payudara. Memakai bra saat tidur juga hanya akan membuatmu tidak nyaman akibat tekanan dari bra yang kamu pakai. Kecuali jika kamu sedang melakukan aktivitas atau berdiri, memakai bra mungkin bisa mencegah payudaramu kendur.

Mitos 2 : Menyusui Bisa Merusak Bentuk Payudara

Anak-anak

Penelitian menunjukkan bahwa menyusui bisa melindungi payudaramu dengan mengurangi resiko kanker payudara. Menyusui juga tidak akan merusak bentuk payudara karena payudara akan mengalami perubahan ketika hamil dan kelenjar susu memproduksi air susu, meskipun kamu memutuskan untuk tidak menyusui.  

Mitos 3 : Lari, Lompat, dan Olahraga Berat Lain Bisa Membahayakan Payudara

Exercise

Tidak ada penelitian yang menunjukkan hasil bahwa olahraga bisa membuat payudara kendur atau bahkan melukainya. Bertambahnya usia adalah penyebab utama payudara mengalami perubahan bentuk. Jadi perubahan bentuk pada payudara tidak ada hubungannya dengan olahraga ya, ladies. Justru berolahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu.

Mitos 4 : Kamu Bisa Merasakan atau Melihatnya Sendiri Ketika Kamu Terkena Kanker Payudara

Payudara

Memang pada umumnya saat terkena kanker payudara akan muncul perubahan bentuk fisik pada payudara. Melakukan SADARI juga disarankan untuk deteksi dini kanker payudara. Tetapi, berkonsultasi dan melakukan mammography dengan dokter spesialis justru lebih efektif untuk mengetahui secara lebih mendalam bagaimana kesehatan payudaramu. Karena tidak menutup kemungkinan kanker tumbuh sebelum adanya perubahan fisik bentuk payudara.

Mitos 5 : Bra Berkawat Bisa Memicu Kanker Payudara

Bra berkawat

Menurut seorang pakar payudara, Denduluri, melalui She Knows mengungkapkan bahwa faktanya, bra berkawat tidak menyebabkan kanker payudara. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan bisa tetap memakai bra berkawat ya, ladies.

Tagged in:
Inka Rahmawati
Enjoy life, be grateful and learn to give :)
Share this article

Artikel Terkait