Kawaii Beauty Japan

Diet

Hati-hati! 5 Hal ini Bisa Menambah Berat Badan Kamu Tanpa Disadari

Psst, ternyata hal-hal ini menambah berat badan kamu lho!

Wikan Saputri

Sudah susah-susah menjalani diet, tiba-tibat berat badan mulai naik merupakan hal yang dibenci oleh semua wanita. Bagaimana tidak? Setelah kamu bersusah-susah menahan nafsu untuk makan-makanan yang kamu suka, namun berat badan masih saja tiba-tiba naik. Padahal kamu sudah berusaha keras untuk menahan hasratmu untuk makan banyak. Nah, agar kamu mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menambah berat badan kamu. Yuk, simak!

5 Hal ini Bisa Menambah Berat Badan Kamu Tanpa Disadari

Ketahui hal-hal ini sebelum terlambat dan membuat hasil diet kamu sia-sia, ladies!

1. Makan Cepat

Makan buru-buru

Kebiasaan makan cepat atau makan dalam keadaan buru-buru ternyata bukan hanya tidak baik bagi kesehatan, tapi juga secara tak sengaja membuat berat badanmu semakin meningkat. Pasalnya, rasa kenyang itu timbul bukan dari usus ataupun lambung melainkan dari otak. Karena stimulus lambung ke otak manusia membutuhkan waktu 20 menit, maka saat kamu makan dengan cepat, maka kamu baru akan merasa kenyang 20 menit kemudian. Tak hanya itu, dengan kebiasaan makan cepat ini, otomatis porsi makanan yang kamu konsumsi akan lebih banyak dan kamu tidak mengijinkan tubuh untuk menstimulus rasa kenyang ke otak. Dengan begitu lemak akan terus menumpuk dan membuatmu menjadi cepat lapar.

2. Tidak Sarapan

Sarapan

Sarapan adalah kegiatan yang paling penting daripada makan siang ataupun malam. Pasalnya, saat kamu sarapan pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 8 pagi maka makanan dapat diserap secara sempurna dan membuatmu kenyang lebih lama. Jika kamu melewatkan sarapan pada jam tersebut, maka kamu akan menjadi mudah lapar dan nafsu makan meningkat. Hal inilah yang menyebabkan berat badanmu bertambah tanpa disengaja, ladies!

3. Kurang Minum Air

Minum air

Setiap manusia memiliki kewajiban untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air tiap harinya. Namun, tak jarang kita sering mengabaikan fakta ini dan mengonsumsi air kurang dari jumlah yang sudah ditentukan. Hal ini tidak hanya berdampak bagi kesehatan tubuh kita, tapi juga akan mengakibatkan bertambahnya berat badan. Pasalnya, air yang memiliki sifat antioksidan ini bukan hanya berfungsi untuk mencukupi asupan mineral dalam tubuh saja, ladies! Konsumsi air mineral yang cukup juga akan membantumu menurunkan berat badan dan menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuhmu.

4. Makan Malam Lalu Mandi

Makan malam

Karena merasa sangat lapar sepulang bekerja, banyak orang yang memilih untuk makan malm terlebih dahulu sebelum mandi. Padahal hal ini akan secara tak sengaja akan membuat berat badanmu naik, ladies! Pasalnya, saat kamu mandi setelah makan malam, maka makanan yang kamu konsumsi tadi tidak akan tercerna secara sempurna karena mandi setelah makan dapat memperlambat proses pencernaan dan metabolisme tubuh. jadi, solusi paling tepat dalam hal ini adalah menunggu minimal 2 jam setelah makan, lalu mandi atau mandi dulu sebelum makan.

5. Kurang Tidur

Susah tidur

Manusia memiliki jam tidur biologis yaitu 8 jam per harinya. Jika waktu tidur ini kurang, maka tubuh kita akan mengalami peningkatan hormon yang akan membuatmu sering lapar. Jika kamu kurang tidur, maka nafsu makan meningkat dan kamu akan memakan makanan apapun yang tersedia saat itu tanpa memperhitungkan jumlah kalorinya, terlebih saat malam hari.

Nah, itulah 5 hal yang bisa menambah berat badanmu tanpa disengaja. So, jika kamu sudah mengetahuinya, jangan lagi-lagi melakukan kebiasaan yang merugikan ini, ya ladies!

Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait