Kawaii Beauty Japan

Makeup

6 Tips Make Up yang Perlu Kamu Ketahui Jika Kulitmu Rentan Berjerawat

Punya kulit berminyak memang perlu berhati-hati dalam memilih make up, ladies!

Hikma Adriani

Wajah yang bersih dan cerah adalah impiah semua wanita. Untuk itu permasalahan jerawat menjadi masalah bagi semua orang. Sayangnya memang permasalahan selalu tidak ada habisnya. Masalah kulit seperti jerawat yang mengganggu penampilan dapat kamu akali dengan menggunakan make up. Tapi, untuk kulit yang rentan dengan timbulnya jerawat, menggunakan make up harus kamu lakukan dengan hati-hati agar tidak memperparah keadaan. Dengan memberikan perhatian yang lebih, kamu yang memiliki kulit berjerawat akan tetap bisa menggunakan make up dengan aman.

Yuk, simak make up apa saja yang perlu kamu perhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips make up untuk kulitmu yang berjerawat.

6 Tips Make up yang Perlu Kamu Ketahui Jika Kulitmu Rentan Berjerawat

Ketahui make up yang dapat kamu gunakan agar wajahmu tidak menjadi berjerawat, ladies!

1. Oil-free Primer

Primer

Menggunakan primer bebas minyak sebelum menggunakan make up adalah langkah pertama yang patut kamu coba. Primer akan meyerap minyak berlebih pada wajah dan membuat make up lebih tahan lama. Cek label pada primer terhadap tulisan 'oil free'. Wajah kamu akan terlihat lebih halus dan penggunaan make up yang selnjutnya menjadi lebih mudah.

2. Foundation Khusus Kulit Berjerawat

Foundation

Sebenarnya banyak foundation yang diformulasikan khusus untuk kamu yang memiliki kulit rawan berjerawat. Foundation dengan kandungan salicylic acid selain dapat menyamarkan jerawat juga dapat membantu menyembuhkannya.

3. Creamy Concealer

Concealer

Terkadang menggunakan foundation saja tidak cukup untuk menyamarkan noda-noda di wajah. Gunakan creamy concealer menggunakan ujung jari atau concealer brush, tepuk-tepukan perlahan pada bagian noda yang ingin ditutupi.

4. Setting Powder

Menggunakan bedak

Gunakan setting powder setelah foundation dan concealer untuk menjaga make up agar lebih tahan lama. Gunakan cukup tipis-tipis saja menggunakan powder brush agar hasil terlihat alami tidak terlalu matte dan tidak cakey. Untuk kulit berminyak, sebaiknya kamu menggunakan bedak dengan jenis loose agar tidak menutupi pori-pori dan membuat wajah berminyak.

5. Natural

Natural blush

Menggunakan blush yang terlihat natural adalah pilihan yang paling baik. Banyak orang tidak berani menggunakannya karena khawatir jerawat akan semakin terlihat. Jika tidak menggunakan blush, wajah kamu akan terlihat pucat dan kusam. Gunakan saja warna yang alami sesuai kulit kamu agar make up terlihat lebih natural.

6. Kontrol Minyak

Oil paper

Simpan blotting paper atau kertas minyak wajah dalam pouch make up kamu. Gunakan saat wajah kamu terasa berminyak, dengan begitu make up kamu akan tetap terlihat segar dan wajah tidak kusam. Minyak dapat membuat make up menjadi mudah luntur, selain itu dapat membuat wajah mengkilap ketika difoto. Untuk itu kertas minyak untuk wajah menjadi penyelamat untuk wajah yang berminyak.

Bagaimana, ladies? Sekarang jangan takut lagi untuk memakai make up untuk wajahmu yang berjerawat ya! Semoga beramnfaat!

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait