Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Wajib Tahu! 12 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Digunakan Secara Berlebihan

Ternyata produk kecantikan ini justru tidak bagus jika kamu menggunakannya terlalu banyak lho, ladies!

Hikma Adriani

Merawat wajah memang sudah menjadi kebiasaan wajib yang harus dilakukan oleh wanita. Salah satu jenis perawatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan produk kecantikan untuk perawatan kulit. Tak jarang untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita seringkali mengoleskan produk kecantikan tersebut lebih dari porsi awalnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan produk dapat bekerja lebih baik, mengeluarkan produk pembersih lebih banyak agar wajah lebih cepat bersih, atau kamu mengoleskan lotion jerawat sangat tebal agar jerawat cepat mengering.

Tapi ternyata, melakukan hal seperti itu bukanlah ide yang bagus. Menggunakan produk kecantikan dalam jumlah yang benar tidak hanya akan menghemat produk tapi juga mencegah efek buruknya jika kamu menggunakan secara berlebihan. Simak produk kecantikan mana saja yang berbahaya bagi kulitmu.

12 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Digunakan Secara Berlebihan

Ketahui produk kecantikan mana yang berbahaya untuk kecantikan kulitmu, ladies! Jangan-jangan tanpa sadar kamu sering menggunakannya secara berlebihan.

1. Pelembap

Moisturizer

Saat menggunakan pelembap, beberapa dari kita mungkin mencoba menggunakannya terlalu banyak untuk menghindari munculnya garis halus dan kerutan di kulit. Akibat buruk yang dapat terjadi adalah tersumbatnya pori-pori, kulit tebal, dan tekstur kulit kasar karena sel kulit mati yang menumpuk. Jika kulitmu berminyak, resiko timbulnya komedo dan jerawat juga akan semakin besar. Selain menggunakan pelembap secukupnya, pastikan juga kamu sudah memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

2. Pembersih Wajah

Face cleanser

Untuk produk-produk pembersih umumnya kamu hanya membutuhkan jumlah yang sedikit untuk membersihkan seluruh bagian wajah. Membersihkan dengan produk yang berlebih akan membuat kulitmu mengering dan mengalami iritasi. Jika kamu ingin kulit menjadi lebih halus atau lebih cerah, exfoliation atau scrubbing juga tidak bisa dilakukan terlalu sering. Pilihlah produk-produk yang memberikan efek menenangkan atau menyejukkan bagi kulit kamu.

3. Produk Untuk Rambut

Produk rambut

Saat mencuci rambut, menggunakan shampoo dalam jumlah yang banyak akan terkesan lebih praktis dan lebih bersih terutama jika kamu merasa rambut sudah lepek. Kamu hanya perlu fokus membersihkan bagian pangkal rambut dan cukup gunakan lebih sedikit produk pada sisanya. Selain pada rambut, kulit kepala kamu juga bisa menjadi kering, iritasi, dan muncul ketombe.

4. Pewangi

Parfum

Menggunakan produk pewangi terlalu banyak tidak akan pernah menjadi ide yang bagus. Walalaupun kamu sangat menyukai aromanya, bagi orang lain yang sering berada di sekitar kamu, hal ini cukup mengganggu. Jika kondisi ini berlanjut atau semakin parah, bisa-bisa kamu menjadi bahan candaan atau dibicarakan di belakang. Akan lebih baik jika kamu memilih aroma yang lembut dan menggunakan produk pewangi secukupnya sehingga orang lain tidak dapat menyadari aromanya kecuali saat orang tersebut berada dekat dengan kamu.

5. Primers

Primer

Kebanyakan primer berbahan dasar silikon sehingga membantu pori-pori menjadi lembut, namun dapat keringan dan minyak terjebak dalam pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Sebaiknya gunakan primer pada event tertentu atau ketika wajahmu membutuhkan pertolongan pertama untuk mengurangi noda pada wajah. Jangan lupa untuk memakai pembersih wajah yang bagus untuk bisa membantu menghapus primer berbahan dasar silikon ini dengan sempurna.

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait