Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Masih Jerawatan? Apa sih Penyebabnya?

Jerawat dewasa berbeda dengan jerawat para remaja. Jerawat pada remaja (Adolescent) pada umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Kasih Elia Lg

ungkin kamu yang mengalami problem dengan jerawat bertanya-tanya, mengapa masih berjerawat padahal sudah memasuki usia dewasa (di atas 25 tahun). Jerawat dewasa disebabkan oleh gaya hidup, pola makan, dan kurangnya perawatan kulit. Yuk simak apa saja sih yang bisa menyebabkan jerawat dewasa berikut ini!

Pemakaian Produk Rambut

Apakah kamu sedang memakai produk styling atau perawatan rambut yang membuat rambutmu lebih halus, lembut, dan berkilau? Waspadalah untuk tidak memakai terlalu banyak atau menyebar ke daerah selain rambut dan kulit kepala. Mengapa? Karena produk rambut tersebut mampu menyebabkan komedo berupa blackhead maupun whitehead dan bisa berkembang menjadi jerawat.

BACA JUGA: Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambutmu

Dilansir dari totalbeauty.com, dermatologis asal New York; Macrene Alexiades-Armenakas, M.D. juga berpendapat bahwa jerawat dapat menyebar ke daerah pipi, terutama jika kamu tidur dengan menggunakan produk perawatan rambut (akan menempel di bantal, dan tentu wajahmu). Pencegahan adalah satu-satunya pilihan; ganti produk rambut yang menjadi pelaku utama timbulnya jerawat di wajahmu.

Kondisi Medis yang Serius

Jika kamu sedang dalam pengobatan dengan banyak konsumsi obat-obatan resep,  maka hormon dapat terganggu. Apabila ya, bisa jadi kamu menderita PCOS (polycystic ovary syndrome) dimana lebih dari 5 juta orang perempuan di Amerika Serikat pun juga mengalaminya. Segera periksakan dirimu ke dokter untuk mencari cara terbaik untuk menyeimbangkan kembali hormonmu.

Cek Kandungan Produk Kecantikanmu!

Tidak memiliki masalah dengan kedua faktor sebelumnya? Cobalah berhenti menggunakan sunscreen (tabir surya) yang sedang kamu pakai saat ini. Dermatologis membuktikan bahwa sunscreen merupakan pemicu utama jerawat karena bahan-bahannya berbasis minyak. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari sinar matahari sebisa mungkin dan hanya gunakan sunscreen berlabel “oil-free” jika harus menggunakannya saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

BACA JUGA: Tips Merawat Kulit di Musim Panas

Selain itu, hindari juga bahan-bahan seperti vitamin E, minyak alpukat (avocado oil), algae extract, dan sodium lauryl sulfate karena sangat comedogenic; yang berarti menyumbat pori-porimu.

Kasih Elia Lg
Kawaii Beauty Japan Beauty Writer. Mahasiswi Sastra Jepang yang ingin memahami lebih dalam dunia wanita, dan Jepang. Sering lupa menulis di blog pribadi tapi tidak pernah mau ketinggalan berbagi info mengenai kecantikan dan Jepang di Kawaii Beauty Japan.
Share this article

Artikel Terkait