Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Kesalahan Merawat Wajah Ini Seringkali Dilakukan di Umur 20, 30, dan 40an Tanpa Disadari

Jangan sampai kamu melakukan kesalahan ini dalam merawat wajahmu ya, ladies!

Leonita Nerisa

Merawat kulit untuk bisa tetap kenyal, lembut dan bercahaya memang ribet. Hal yang memerlukan kehati-hatian adalah kulit wajah, karena kulit wajah yang kusam akan langsung terlihat dan bisa membuat kamu tidak percaya diri. Perawatan kulit memang dibutuhkan perawatan yang rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal karena kulit selalu berubah-ubah kondisinya, semakin bertambahnya umur, kulit pun akan mempunyai kondisi yang berbeda yang membuat kamu harus tetap waspada seiring bertambahnya usia. 

Meskipun merawat kulit sedikit sulit dan membutuhkan perawatan yang tepat, masih banyak wanita yang mengabaikan merawat kulitnya. Berikut adalah perawatan wajah yang sering dilakukan di umur 20, 30, 40 an. Bisa jadi tanpa disangka kamu sering melakukan kesalahan ini lho!

Umur 20-an

1. Tidak Membersihkan Handphone

Handphone

Coba ingat-ingat kapan terakhir kali kamu membersihkan handphone kamu? Saat ini, handphone menjadi benda yang paling estensial. Rasanya hampir tidak ada wanita berusia 20-an yang tidak menggunakan handphone dan membawanya kemanapun dia pergi. Selain itu, handphone juga sering diletakan diberbagai tempat yang tentunya dapat membawa bakteri dari tempat tersebut ke handphone-mu dan terus ke kulit wajah ketika kamu menggunakannya untuk menelpon. Hal ini, juga dapat menjadi pemicu terjadinya jerawat

2. Memencet Jerawat

Memencet jerawat

Salah satu yang paling sering kita lakukan secara tidak sengaja adalah memencet jerawat yang sudah matang. Memang rasanya mengganggu sekali ya ladies. Tetapi, memencet jerawat dapat mengakibatkan bekas jerawat yang susah sekali dihilangkan lho!

3. Memperlakukan Jerawat Seperti Jerawat Waktu Remaja

Membersihkan jerawat

Jerawat waktu dewasa banyak disebabkan oleh stres dan perubahan hormon, sehingga sangat berbeda dengan jerawat waktu remaja. Jerawat dewasa cenderung lebih dalam dan mudah meradang, ditambah kulit kita menjadi lebih kering dan lebih tipis karena usia. Memakai bahan jerawat seperti benzoyl peroxide dan salicyl acid bisa jadi membuat terlalu kering dan tidak efektif terhadap munculnya jerawat. Sebaiknya kamu memakai juga produk yang mengandung sulfur atau niacinamide, atau tanya juga dermatologist untuk mengobati jerawat.

4. Tidak Memakai Produk Anti-Aging

Anti aging

Kamu memang belum melihat adanya keriput pada wajahmu, namun untuk mencegah itu sebaiknya kamu mulai memakai serum anti-aging dan krim saat ini. Ketika kamu memulai sesuatu dengan segera, kamu dapat mendapatkan kondisi kulit yang baik. Coba gunakan sedikit krim malam untuk rutinitas perawatan wajah malam hari kamu. Jika kulitmu sensitif, coba kamu campur serum atau pelembap untuk dapat menahan penuaan pada kulit. Retinol sebagai bahan anti-aging dapat membuat mengurangi garis-garis halus, mencerahkan kulit, dan dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Umur 30-an

1. Tidak Memakai Skincare

Memakai skincare

Sebenarnya memakai skincare harus dilakukan sedini mungkin. Sehingga ketika kamu sudah memasuki usia 30 dan masing jarang memakai skincare, kulit akan lebih cepat terlihat tua dibandingkan umurmu yang sebenarnya. Memakai skincare siang dan malam setiap hari merupakan hal yang wajib.

2. Tidak Mengganti Produk Skincare

Sepertinya yang disebutkan diatas, kulit wajah mempunyai kondisi yang berbeda-beda ketika umurmu bertambah. Kondisi dan permasalahan kulit di umur 20-an dengan 30-an tentunya berbeda. Sehingga kamu harus mengatur ulang rangkaian skincare agar sesuai dengan pemasalahan dan kebutuhan kulitmu di umur 30-an.

3. Terlalu Sering Eksfoliasi

Eksfoliasi

Di usia muda kita sering menginginkan wajah yang bercahaya. Namun, kamu jangan terlalu sering mengeksfoliasi. Sebaiknya kamu membatasi eksfoliasi wajah kamu agar tidak kehilangkan elastisitas wajahmu. Kulit kamu akan kehilangkan elastisitanya. Selain itu terlalu sering menggosok kulit dapat membuat pori pori menjadi rusak dan merusak kulit.

Umur 40-an

1. Kurang Lembap

Lembap

Semakin bertambah umur, kulit akan semakin kering. Hal ini akan sangat terlihat di umur 40-an, untuk itu kelembapan ekstra sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit dari keriput dan permasalahan lainnya. Jadi, jangan lupa untuk memakai moisturizer sebelum beraktivitas ke luar rumah.

2. Memakai Terlalu Banyak Skincare

Produk skin care

Menggunakan semua skincare dengan berbagai manfaatnya tidak menjamin kulit akan seperti yang kamu bayangkan, malah sebaliknya, terlalu banyak mengkombinasikan skincare yang seharusnya sudah tidak diperlukan dapat membuat kulit menjadi kering, pecah-pecah hingga iritasi. Konsentrasi pada produk skincare yang mengandung antioksidan.

Nah, sekarang jangan lagi merawat kulit kamu dengan salah ya, ladies! Sekarang jangan lagi melakukan kesalahan ini ya, ladies!

Tagged in:
Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait