Foto Inilah Cara Merawat Kulit Sesuai dengan Urutannya yang Tepat

Inilah Cara Merawat Kulit Sesuai dengan Urutannya yang Tepat

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Produk skin care mana sih yang harus digunakan duluan? Ladies, kalau kamu menggunakan multi produk untuk merawat kulitmu, sebaiknya simak info mengenai urutan memakaI produk skin care berikut ini.

Merawat kulit bagi wanita merupakan hal yang penting. Merawat kulit dengan tepat bisa membuat kulit tampak lebih cerah, lembut dan bisa tampak awet muda. Produk untuk merawat kulit juga bermacam-macam sehingga bagi sebagian orang hal ini bisa menjadi hal yang membingungkan untuk memakai produk mana terlebih dahulu.

Pemakaian produk skin care seperti antara serum dan moisturizer mana yang perlu dipakai terlebih dulu dapat membingungkan karena masing-masing memiliki formula dan kegunaan yang berbeda-beda. Cara menggunakan produk perawat kulit juga sebaiknya tidak digunakan sembarangan karena masing-masing orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Nah, agar cara merawat kulit kamu tidak salah, yuk simak cara merawatnya pagi dan malam di sini!

Pagi

1. Bersihkan Wajah

Membersihkan wajah

Kenapa? Agar moisturizer, serum, atau produk skin care lain yang kamu pakai dapat terserap sempurna. Kamu harus membersihkan tumpukan kotoran di kulit wajahmu terlebih dahulu. Semahal atau sebagus apapun produk yang kamu pakai, tak akan efektif kalau masih ada sisa-sisa kotoran atau minyak di wajah. Apalagi kalau kulitmu adalah jenis yang berminyak, cleanser adalah hal yang wajib.

2. Rawat

Merawat

 Begitu kulit dalam keadaan bersih, pakailah krim perawatanmu, baik itu untuk jerawat, keriput, dan lain sebagainya. Dengan begitu, molekul produk perawatan tersebut bisa terserap dengan lebih baik dan lebih dalam. Kalau kamu menggunakan retinol untuk melawan keriput, kamu tetap bisa menggunakannya di siang hari. Meskipun retinoid bersifat photosensitive, yang artinya bisa pecah ketika terkena sinar matahari, kamu bisa melindunginya dengan juga memakai sunscreen.

3. Lembapkan dengan Serum

Memakai serum

Gunakanlah serum sebagai nutrisi tambahan bagi kulitmu. Serum kaya sekali akan pelembab dan antioksidan yang tidak bisa diberikan oleh kebanyakan pelembab biasa. Pilihlah serum dengan kandungan humektan seperti glycerin, lidah buaya, atau ekstrak tumbuhan lainnya. Bahan-bahan ini akan menarik kelembaban ke dalam kulitmu.

BACA JUGA: Urutan Make up Wajah yang Benar

4. Kunci dengan Facial Oil

Facial oil

Untuk mengunci kelembaban, gunakan facial oil di atas serum. Pilihlah facial oil yang ringan, seperti argan oil atau rosehip oil yang juga mengandung antibakteri untuk mengurangi jerawat dan inflamasi. Facial oil yang terlalu berat dan memadat di suhu ruangan, seperti minyak kelapa, hanya akan menempel di permukaan kulit dan bisa menyumbat pori-porimu.

5. Lembabkan dan Lindungi dari Sinar Matahari

Memakai sunblock

Gunakan lotion ringan dengan kombinasi pelembab dan sunscreen. Sunscreen dapat menghalangi produk-produk lainnya menembus kulit, jadi gunakanlah terakhir. Kandungan aktif sunscreen memang dibuat agar tidak bisa diserap. Jadi, kalau kamu menggunakan moisturizer dan sunscreen terpisah, gunakan moisturizer dulu, baru sunscreen.

Simak cara merawat wajah di malam hari, di halaman selanjutnya, ladies!

Malam:

1. Bersihkan Wajah

Membersihkan wajah

Mulailah membersihkan make up dengan oil-based make up remover untuk membersihkan area mata. Kamu juga bisa menggunakan makeup wipe untuk makeup yang berat. Namun, tetap lanjutkan dengan cleanser atau face wash yang biasa kamu gunakan.

2. Gunakan Toner

Memakai toner

Langkah ini bisa membantumu mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih tertinggal. Pilihlah toner yang tidak membuat kulit kering dengan kandungan alkohol yang rendah.

3. Rawat

Merawat wajah

Seperti di pagi hari, gunakan krim atau produk perawatanmu, termasuk produk pemutih, penghilang jerawat, ataupun penghilang keriput.

4. Pakai Krim Mata

Memakai krim mata

Gunakan krim mata yang mengandung retinol dan peptides. Krim mata akan merawat dan memperbaiki kondisi kulitmu di sekitar mata ketika kamu tidur.

5. Gunakan Krim Malam

Menggunakan krim malam

Kini waktunya memanjakan kulit wajahmu dengan krim malam yang kaya akan nutrisi. Kulit kehilangan kelembabannya selama kita tidur. Menggunakan moisturizer dengan tebal juga akan mengunci semua kandungan produk yang kamu pakai tersebut. Kamu juga bisa menggunakan masker sebagai pengganti krim malam sesekali dalam seminggu untuk memperlambat penuaan.

6. Facial Oil

Facial oil

Kalau kamu menggunakan facial oil murni 100%, gunakan terakhir kali, sehingga tidak mengganggu penyerapan produk water-based lainnya ketika kamu tidur.


Nah, sekarang kamu sudah mengetahui cara merawat kulit kamu dengan tepat kan? Lakukan perawatan ini setiap rutin maka kulit wajah pun akan lebih cantik dan sehat dengan urutan pemakaian produk skin care yang lebih tepat.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani