Foto Cara Memutihkan Lutut dan Siku yang Menghitam secara Alami dalam Sekejap

Cara Memutihkan Lutut dan Siku yang Menghitam secara Alami dalam Sekejap

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan siku dan lutut menghitam. Apapun sebabnya, siku dan lutut yang menghitam sering membuat kita tak percaya diri. Bagaimana cara yang tepat untuk memutihkannya?

Area siku dan lutut memiliki kulit yang lebih tebal dan elastis dibandingkan kulit di bagian tubuh lainnya. Sehingga, siku dan lutut lebih riskan kering dan menghitam karena sel-sel kulit mati yang menumpuk. Selain itu, terlalu banyak paparan sinar matahari dan terlalu sering menggosok area ini juga bisa membuat siku dan lutut semakin gelap. Paparan sinar matahari memang meningkatkan produksi melanin pada kulit, yaitu zat warna gelap pada kulit yang melindungi kulit dari radiasi UV sinar matahari. Elastisitas kulit pada siku dan lutut juga menjadikannya lebih mudah berkeriput. 

Bagaimana Mencerahkan Kembali Siku dan Lutut yang Hitam

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk memutihkan siku dan lututmu yang hitam. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti dengan mudah di rumah:

1. Memutihkan Siku dan Lutut dengan Air Lemon

Air lemon

Air lemon adalah bahan bleaching alami yang sangat efektif. Namun, berhati-hatilah jika kulitmu sensitif karena lemon mungkin saja bisa membuatmu alergi. Untuk menggunakannya, kamu bisa memilih salah satu cara berikut ini.

2. Lemon sebagai Eksfolian

Lemon eksfolian

Ambil 2 sdm gula, 1 sdt air lemon, dan 1 putih telur. Campurkan semua bahan, dan gunakan sebagai scrub untuk menggosok kulit di sekitar siku dan lututmu dengan gerakan melingkar dan lembut. Diamkan 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Gunakan pelembap setelah itu.

3. Lemon sebagai Masker Pemutih

Lemon

Kombinasikan 1 sdm air lemon, 1 sdm kayu cendana, 1 sdm air tomat, dan 1 sdm air mentimun. Aplikasikan pasta ini pada siku dan lututmu selama 15-20 menit, dan bilas menggunakan air hangat. Atau kalau kulitmu hangat kamu bisa memakai resep air lemon dan madu dengan perbandingan yang sama, plus beberapa tetes minyak esensial sesuai selera.

4. Memutihkan Siku dan Lutut dengan Lidah Buaya

Lidah buaya

Lidah buaya terbukti kaya akan antioksidan, dan bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, termasuk pigmentasi, noda-noda hitam, bekas jerawat, dan lain sebagainya. Siku dan lutut hitam karena terbakar sinar matahari atau hiperpigmentasi bisa diatasi dengan lidah buaya. Caranya, potong daun lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan pada siku dan lutut, kemudian pijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit, dan bilaslah dengan air. Lakukan 2 kali dalam sehari selama 2 minggu, dan kamu akan melihat perbedaan yang cukup signifikan.

5. Memutihkan Siku dan Lutut dengan Kunyit

Kunyit

Kunyit tidak hanya mencerahkan, namun juga membuat kulit semakin bercahaya dan terlihat lebih muda. Dengan kandungan antioksidannya, kunyit akan membantu menangkal radikal bebas dari kulit, sehingga dapat mencegah penuaan, keriput, stretch marks, jerawat, dan eksim. Untuk menggunakannya, kombinasikan kunyit bubuk dengan air lemon hingga berbentuk pasta. Atau kamu juga bisa mengganti air lemon dengan air mentimun. Pakaikan pasta ini di bagian siku dan lututmu yang mengalami pigmentasi. Karena kunyit bisa meninggalkan bekas di kain, sebaiknya kamu berhati-hati dalam mengaplikasikannya.

6. Memutihkan Siku dan Lutut dengan Baking Soda

Baking soda

Baking soda sudah dikenal dengan berbagai macam khasiatnya. Salah satunya adalah kemampuannya untuk mencerahkan. Tak heran jika bahan ini menjadi pilihan yang tepat untuk memutihkan siku dan lutut yang menghitam. Pertama-tama siapkan baking soda, dan tambahkan sedikit air hingga adonan tersebut berbentuk pasta. Gunakan pasta ini pada siku dan lutut untuk memijat dengan gerakan memutar. Setelah itu, gunakan pelembab. Baking soda akan membuat kulit siku dan lututmu semakin cerah, lembut, dan cantik.


Nah, itu dia memutihkan lutut dan siku kamu yang menghitam, ladies! Menjaga kecantikan kamu tidak perlu ribet dan mahal kan. Hal yang perlu diingat adalah untuk selalu melakukannya dengan rutin agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini