Foto 5 Penyebab Kulit Wajah Berminyak yang Wajib Kamu Ketahui

5 Penyebab Kulit Wajah Berminyak yang Wajib Kamu Ketahui

Foto Marga Apsari
Wajah berminyak bikin kulitmu jadi lebih kusam. Atasi dengan cara ini, yuk!

Minyak berlebih pada wajah seringkali mengganggu penampilan, khususnya bagi para wanita. Wajah jadi tampak lebih kusam dan make up jadi cepat luntur. Belum lagi, jika minyak wajah atau sebum bercampur dengan sel-sel kulit mati pada wajah, bisa menjadi jerawat. Komedo yang bermunculan di area pipi dan hidung juga bermula dari kondisi kulit yang terlalu berminyak.

5 Penyebab Kulit Wajah Berminyak yang Wajib Kamu Ketahui

Tinggal di negara tropis membuat kulit cenderung lebih berminyak. Karena itu, selain mengetahui cara mengatasi kulit berminyak, kita juga harus mengetahui penyebabnya. Berikut ini adalah 5 penyebab kulit wajah berminyak yang harus kamu ketahui:

1. Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah

Membersihkan wajah terlalu sering akan memicu diproduksinya minyak wajah untuk menyeimbangkan tekstur kulit yang menjadi kering setelah dibersihkan. Sebaiknya, gunakanlah pembersih wajah yang lembut di wajah, dan jangan menggosok wajah terlalu keras saat mengeringkannya.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Produk Susu

Minum susu

Dairy food atau produk turunan susu dipercaya sebagai penyebab minyak berlebih pda wajah yang nantinya akan menyumbat pori-pori. Sebab, produk susu mengandung hormon yang memancing produksi minyak pada kulit. Selain itu, hindari juga makanan olahan yang mengandung kadar gula tinggi.

3. Hormon

Hormon

Siklus menstruasi ternyata memiliki kaitan yang erat dengan kondisi kulit. Siklus hormon yang mengalami fluktuasi dari minggu ke minggu juga dapat meningkatkan produksi minyak, khususnya pada kulit wajah. Setiap bulan, akan ada saat-saat kulitmu terasa lebih berminyak dari biasanya. Ini bisa disebabkan oleh siklus hormonal bulanan.

4. Penggunan Produk Kecantikan yang Tak Sesuai

Moisturizer

Jika kamu merasa kulitmu sangat berminyak, coba perhatikan kandungan dalam produk kecantikan yang kamu gunakan secara rutin. Mungkin kamu tak menyadarinya, tetapi beberapa produk dapat membuat kulit wajah semakin berminyak. Hindari penggunaan produk kecantikan yang terlalu berat untuk kulit wajahmu. Dengan demikian, kulit akan dapat lebih bernafas secara efektif, dan mengurangi produksi minyak berlebih. Konsultasikan pada ahli kecantikan, produk manakah yang memang diformulasikan untuk kulit berminyak.

5. Gen

Keluarga

Setiap orang terlahir dengan gen keturunan yang berbeda-beda. Bisa saja kondisi kulitmu yang berminyak merupakan faktor genetis. Jumlah kelenjar minyak dan tingkat produktivitasnya merupaka hal yang rumit dan bersifat spesifik. Sehingga, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda.


Nah, itu dia penyebab wajah berminyak yang wajib kamu ketahui, ladies! Setelah kamu mengetahuinya segera atasi dengan benar kondisi wajahmu ya!

Tags:

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini