Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

5 Mitos dan Fakta Seputar Tidur

Saat susah tidur, kamu akan mencoba banyak cara agar bisa tertidur pulas, padahal mitos itu bisa saja membuat tidurmu semakin tidak nyenyak. Yuk cari tau apa saja fakta dan mitos seputar tidur!

Yenni Octavia

Kamu memiliki masalah dengan tidur dan mencoba berbagai cara untuk mengatasinya? Ladies, mitos – mitos mengenai tidur yang sering kamu dengar belum tentu semuanya benar. Malah mungkin akan membuat tidurmu tidak nyenyak, dan tidak semua mitos yang kamu dengar bisa kamu praktekkan setiap harinya lho.

Berikut ini beberapa fakta dan mitos mengenai tidur:

Mitos : Minuman Beralkohol Membuat Tidur Nyenyak

Faktanya, segelas wine sebelum tidur bisa membuat seseorang segera tertidur, namun hal ini berlaku sebaliknya bagi sebagian orang. Tetapi tidur yang diawali dengan minuman  beralkohol hanya akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak dan tubuh merasa lelah. Alkohol adalah bahan alami yang membuat tubuh menjauhi produksi melatonin (zat yang diproduksi tubuh untuk memperoleh tidur nyenyak). Selain itu, minum-minum sebelum tidur hanya akan menghambat siklus REM dan mimpi indah.

Mitos : Tetap Berbaring di Ranjang saat Insomnia Melanda

Faktanya, hal ini tergantung seberapa jauh kamu mengalami masalah insomnia. Para ahli masalah tidur, memiliki penfapat yang berbeda – beda, tapi mereka setuju bahwa yang harus kamu lakukan adalah merasa santai dan nyaman. kamu bisa tetap berada di tempat tidur jika kamu merasa nyaman dan tenang. Tapi jika itu membuatmu semakin cemas dan frustasi, segeralah bangun dan lakukan sesuatu yang membuat tubuhmu nyaman.

Mitos : Ruangan yang Hangat Membuat Tidur Nyaman

Fatanya, hal sebaliknya justru akan membuat tidurmu nyenyak. Menurut National Sleep Foundation, suhu ideal untuk tidur ada pada angka 12 – 24 derajat celcius. Suhu tersebut cocok untuk menurunkan suhu tubuhmu dan tidur nyenyak bersamanya. Tenang, kamu masih bisa menarik selimut dan menggunakan kaos kaki untuk mendapatkan tidur yang sehat.

Mitos : Secangkir Kopi di Sore Hari Tidak Akan Mengganggu Tidur

Faktanya, ini tergantung pada usia dan sensitivitas kamu terhadap kafein. Seseorang bisa terjaga semalaman hanya karena menikmati sedikit kopi. Sebenarnya, tubuh memerlukan waktu 7 jam untuk memecah setengah jumlah kafein yang telah di konsumsi, serta perubahan sensitivitas terhadap kafein yang selalu berubah setiap waktu. Jika kamu terjaga semalaman karena mengonsumsi kopi di sore hari, gantilah jadwal minum kopimu menjadi siang atau pagi hari atau nikmati saja kopi tanpa kafein.

Mitos : Camilan yang Mengandung Banyak Karbohidrat Membuat Tidur Lelap

Faktanya, karbohidrat mampu meningkatkan triptofan (zat yang meningkatkan hormon pengganggu tidur –serotonin). Banyak ilmuwan telah memeperingatkan agar hati –hati pada makanan berat sebelum tidur. Makan larut malam bukan hanya meningkatkan suhu tubuh tapi juga mengganggu sistem pencernaan yang akhirnya mengganggu kenyamanan tidurmu.

Sudah tahu dong sekarang mana yang hanya sekedar mitos belaka, mana yang fakta dan mana yang sebaiknya kamu lakukan untuk mendapatkan tidur nyaman. Ingat ya, tidur cukup akan membuat tubuhmu lebih sehat dan terasa segar dipagi hari.

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy