Kawaii Beauty Japan

Food

6 Manfaat Beras Merah yang akan Bikin Kamu Tercengang

Siapa di antara kalian yang rutin makan beras merah? makanan kaya gizi ini memang wajib masuk ke menu harianmu, ya..

Melisa

Nasi merupakan bahan makanan pokok bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Tidak mengherankan deh kalau banyak orang yang merasa belum kenyang maksimal jika belum makan nasi. Tetapi makan nasi berlebihan itu tidak baik lo, ladies. Sebab porsi nasi berlebihan berisiko membuat tubuhmu menimbun kalori dan berujung pada kenaikan berat badan.

Masih ada solusi kok untuk kamu yang gemar makan nasi tetapi tetap ingin sehat. Jangan ragu mengolah beras merah untuk menggantikan beras putih, ya. Sebab beras merah punya banyak manfaat istimewa bagi kesehatanmu. Mau tahu apa saja manfaat beras merah yang akan membuatmu tercengang?

6 Manfaat Beras Merah yang akan Bikin Kamu Tercengang

Beras merah memang memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan beras putih. Namun, dengan mengetahui manfaatnya kamu pasti akan lebih memilih beras merah.

1. Beras Merah Memiliki Indeks Glikemik yang Rendah

Beras merah

Indeks glikemik (Glycemic Index atau GI) dapat didefinisikan sebagai angka yang menunjukkan potensi peningkatan kadar gula dalam darah setelah mengonsumsi makanan tertentu. Semakin besar indeks glikemik pada suatu bahan makanan, maka semakin besar pula risiko peningkatan kadar gula darah usai menyantap makanan tersebut. Fluktuasi indeks glikemik ini dapat menyebabkan penyakit diabetes jika dibiarkan begitu saja.

Ternyata beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada beras putih. Sehingga mengonsumsi beras merah sangat baik bagi penderita diabetes serta mendukung kesuksesan program diet.

2. Kamu akan Merasa Kenyang Lebih Lama

Lebih cepat kenyang

Wajar saja bila kamu merasa kenyang lebih lama ketika menyantap nasi dari beras merah. Karena beras merah mengandung serat 6 kali lebih banyak daripada beras putih. Kandungan serat ini akan diproses oleh sistem pencernaan dalam waktu lama. Sehingga kamu tidak akan mudah merasa lapar. Pokoknya rasa kenyangnya lebih mantap dibandingkan dengan nasi dari beras putih.

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh

Ada beragam jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam beras merah. Itulah sebabnya mengonsumsi beras merah akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena kebutuhan mikronutrisi bagi tubuh akan terpenuhi dengan baik jika kamu menjadikan beras merah sebagai bahan makanan pokokmu.

4. Mencegah Penyakit pada Sistem Pencernaan

Sakit perut

Kandungan serat pada beras merah rupanya bukan hanya akan membuatmu kenyang lebih lama. Serat tersebut juga akan membantu memperlancar sistem pencernaan. Sehingga kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang sistem pencernaan seperti sembelit, iritasi usus, kanker usus, hingga wasir. Kebiasaan buang air besarmu pasti tidak akan terasa menyiksa lagi.

5. Tulang dan Gigi Pun Selalu Sehat

Gigi yang sehat

Kandungan kalsium dan magnesium yang dibutuhkan tulang dan gigi juga terdapat pada beras merah lo, ladies. Kebutuhan kalsium dan magnesium harian bagi tubuhmu bisa diperoleh dari konsumsi beras merah. Jangan lupa pula mengonsumsi lauk yang kaya kalsium untuk menyempurnakan asupan nutrisi yang satu ini bagi tubuhmu.

6. Bebas Stres Berkat Beras Merah

Bahagia

Cara ampuh mengatasi stres rupanya tidak sulit. konsumsi beras merah yang kaya kandungan vitamin B bisa menjadi salah satu caranya. Vitamin B adalah jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan otak dan sistem syaraf. Bagian otak dan syaraf yang mengendalikan emosi akan menjadi lebih rileks bila kebutuhan vitamin B sudah tercukupi.

Rugi sekali lho jika kamu melewatkan konsumsi beras merah. Sebab ragam manfaat istimewanya akan bikin kamu semakin sehat dari hari ke hari. Kunci untuk hidup sehat ternyata tidak harus sulit dan mahal asalkan kamu konsisten menjalaninya mulai sekarang.

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait