Foto Benarkah Madu Dapat Mengatasi Jerawat dan Bekasnya dengan Tuntas?

Benarkah Madu Dapat Mengatasi Jerawat dan Bekasnya dengan Tuntas?

Foto Leonita Nerisa
Pernah dengar bisa menghilangkan jerawat secara tuntas dengan madu

Apakah kamu pernah membaca atau mendengar menghilangkan jerawat dengan menggunakan madu, Pastinya kamu sering membaca hal mengenai cara menyembuhkan jerawat menggunakan bahan-alami yang satu ini. Madu memang dikenal memiliki kandungan karbohidrat, vitamin seperti vitamin B dan C, mineral alami seperti kalsium, zat besi, dan sodium. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, madu juga memiliki manfaat untuk kecantikan. 

Madu dikabarkan sangat bermanfaat untuk mencegah hingga menyembuhkan jerawat. Di internet, banyak beredar hasil mencenangkan sesudah dan sebelum menggunakan madu sebagai obat jerawat. Tetapi, apakah benar madu sangat bermanfaat untuk mengobati dan mencegah jerawat? Yuk, simak ulasannya secara tuntas!

Mengandung Antibakterial

Antibakterial

Menurut chemist kosmetik Randy Schuller di websitenya, memang ada bukti jika madu mempunyai kandungan antibakterial untuk memerangi bakteri, tetapi madu alami tidak dapat memerangi bakteri P.acnes, yaitu bakteri yang menyebabkan jerawat. Dari sebuah studi Journal of Antibacterial Chemotherapy menunjukan jika dalam 2.5 - 5% konsentrasi madu efektif memerangi staphylococci, bakteri yang sangat berbahaya. Namun, tidak ditemukan studi yang menyataka madu dapat memerangi bakteri P.acnes.

Madu Alami Lebih Disarankan

Madu

Dematologis Annie Chiu menyarankan untuk memakai madu yang alami, madu yang sudah di proses tidak akan mempunyai efek antibakterial lagi. Dengan adanya penambahan air dan proses pemanasan yang biasanya dilakukan oleh merk madu terkenal, properti antibakterial dan antiinflamantori sudah hancur selama pemrosesan terjadi. Untuk penggunaan madu sebagai masker, aplikasikan madu selama 15-20 menit.

Madu Dapat Mengecilkan Jerawat Radang

Mengecilkan jerawat

Jangan mengharapkan madu dapat membuat wajah bebas jerawat seketika atau mengangkat komedo karena bentuknya yang lengket. Madu hanya berfungsi pada jerawat yang sedang meradang. Fungsi anti inflamantorinya dapat mengurangi peradangan sehingga membantu mengurangi kemerahan akibat jerawat. 

Madu Tidak Sekuat Obat Jerawat Tradisional

Madu

Tidak peduli seberapa alami atau seberapa mahalnya madu, bahkan madu yang paling berkualitas pun tidak dapat menggantikan obat jerawat yang memang sudah diformulasikan secara khusus di laboratorium. Madu memang mempunyai antibakterial dan anti-inflamantori tetapi tidak akan berkerja lebih baik dan lebih cepat dibandingkan pengobatan jerawat yang sudah teruji klinis. 

Madu Tidak Dapat Mengatasi Bekas Jerawat

Madu

Penah mendengar madu dapat membuat kulit bekas jerawat menjadi halus? Hal ini tidak lah benar! Rachel Nazarian, dermatologis di New York, Amerika Serikat mengatakan madu dapat membantu menyembuhkan luka namun tidak dapat menyembuhkan bekas luka maupun bekas jerawat. Madu mempunyai kemampuan untuk mempercepat penyembuhan dan membantu mengurangi kemerahan jika jerawat sedang meradang sehingga dapat membantu meminalisir bekas yang akan ditinggalkan oleh jerawat. Namun, ketika sudah berbekas, madu tidak dapat membuatnya kembali seperti semula.


Nah, itu dia fakta yang kamu perlu ketahui mengenai madu untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, ladies! 

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Leonita Nerisa

Leonita Nerisa

Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini