Foto 5 Cara Merawat Kulit Berminyak yang Perlu Kamu Tahu

5 Cara Merawat Kulit Berminyak yang Perlu Kamu Tahu

Foto Hikma Adriani
Hikma Adriani
Contributor
Merawat kulit berminyak memang membutuhkan perawatan khusus agar tidak menjadi penyebab timbulnya jerawat, ladies!

Memiliki kulit berminyak bagi beberapa wanita memang akan merepotkan. Bagaimana tidak? Jenis kulit ini membutuhkan perawatan yang tepat agar tidak menjadi penyebab timbulnya jerawat. Penggunaan produk make up yang salah malah akan membuat menutup pori-pori dan menjadi penyebab jerawat. Belum lagi produk yang mengandung minyak akan membuat kulit wajah menjadi terlihat memiliki kandungan minyak berlebih.

Kulit berminyak disebabkan karena produksi sebum berlebih pada kelenjar sebaceousyang bisa disebabkan karena faktor genetik, perubahan hormone, stress, dan konsumsi kakanan. Nah, agar kamu tidak salah dalam memperlakukan kulitmu, ada tips sederhana yang bisa kamu ikuti untuk mengendalikan produksi minyak di kulit agar wajah kamu terbebas dari kilauan minyak seharian. Yuk, simak!

5 Cara Merawat Kulit Berminyak yang Perlu Kamu Tahu

Mulai sekarang, lakukan hal ini ya agar kulit wajahmu bisa terbebas dari minyak berlebihan dan jerawat, ladies!

1. Minyak Bukan Berarti Jerawat

Minyak di wajah

Kulit berminyak memang bisa mengalami jerawat, tapi hal ini tidak harus selalu terjadi. Umumnya, jerawat terbentuk karena minyak yang keluar dari jaringan sebaceous tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk. Saat terdapat minyak yang tersumbat di dalam, kulit akan mudah mengalami inflamasi dan menjadikannya sasaran bakteri untuk berkembang dan muncullah jerawat. Untuk mengatasinya, gunakan rutinitas perawatn kulit yang diformulasikan untuk kulit berminyak dan ikuti tips selanjutnya.

2. Saat Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah

Satu hal yang harus kamu ingat saat membersihkan wajah adalah hindari over-washing yang dapat menyebabkan iritasi dan memicu produksi minyak yang berlebihan. Menggunakan pembersih wajah ringan yang tidak mengeringkan kulit sangat penting untuk menjaga kelmabapan alami dan kesehatan kulit.

3. Exfoliate

Eksfoliate

Exfoliating juga penting bagi kamu yang memiliki kulit berminyak karena membantu menjaga pori-pori kulit wajah kamu tetap bersih dari sumbatan kotoran, minyak, sel kulit mati, dan bakteri yang menyebabkan masalah kulit. Dengan pori-pori kulit yang bersih, produk perawatn kulit kamu dapat terserap dan bekerja dengan lebih baik. Exfoliation hanya bisa kamu lakukan 1-2 kali dalam seminggu karena jika terlalu sering dapat mengiritasi sel kulit yang masih baru.

4. Jenis Sunscreen

Sunscreen

Kata kunci yang perlu kamu temukan saat memilih sunscreen adalah ‘oil-free’ dan ‘non-comedogenic’. Hal ini akan menyebabkan kilauan berlebihan di wajah dan breakout. Gunakan sunscreen yang ringan dan dapat terserap dengan mudah di kulit.

5. Pelembap Gel

Moisturizer

Jika kamu memiliki kulit yang berminyak dan menghindari menggunakan pelembap yang terasa berat, lebih baik pilihlah pelembap gel yang terasa lebih ringan di kulit. Pelembap gel umumnya memiliki kandungan air yang lebih tinggi untuk menghidrasi kulit dengan instan tanpa terasa greasy. Sebelum menggunakan pelembap, kulit yang berminyak juga disarankan untuk menggunakan toner yang dapat mengontrol minyak dan mengurangi kilauannya di wajah.


Nah, itu dia hal-hal yang kamu perlu lakukan untuk merawat kulit berminyakmu ya, ladies! Jangan sampai salah agar wajahmu tidak malah menjadi timbul jerawat. Selamat mencoba!

Tags:

Foto Hikma Adriani

Hikma Adriani

Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini