Foto 7 Tips Menghilangkan Jerawat Punggung Secara Ampuh

7 Tips Menghilangkan Jerawat Punggung Secara Ampuh

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Karena tidak terlihat, jerawat di punggung sering diabaikan dan tidak dirawat. Padahal membiarkannya akan membuat jerawat tersebut semakin parah dan meninggalkan bekas. Yuk simak tips mengatasinya.

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di punggung juga terjadi karena kotoran, minyak, atau sel-sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Terlebih lagi, kulit di bagian punggung memiliki pori-pori yang lebih besar, sehingga lebih mudah tersumbat. Jerawat di punggung biasanya disebabkan oleh keringat, bahan conditioner rambut yang mengenai punggung, pelembut pakaian yang tidak cocok di kulit, serta bahan pakaian yang tidak menyerap keringat. Untuk mengatasi jerawat di punggung, lakukan 7 tips menghilangkan jerawat di punggung berikut ini, ladies!

1. Gunakan Body Wash dengan PH-balancing

Menggunakan body wash

Seperti halnya facial cleanser, menggunakan body wash yang tepat ketika mandi adalah salah satu kunci untuk menghilangkan jerawat di punggung. Shower gel biasanya lebih keras dibandingkan facial cleanser, jadi pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya saja produk yang mengandung bahan aktif vitamin A, yang akan meningkatkan pergantian sel sekaligus mendukung fungsi kandungan antioksidan dan pelembab.

2. Segera Mandi Usai Olahraga

Shower

Jangan menunggu terlalu lama untuk mandi usai berolahraga. Keringat yang menumpuk di antara kulit dan bajumu bisa menyuburkan bakteri penyebab jerawat, sehingga punggungmu riskan sekali ditumbuhi jerawat pasca olahraga. Jadi segera mandilah dan bersihkan keringat dari kulitmu sebelum tertutup oleh pori-pori.

3. Investasikan Body Scrub yang Bagus

Body scrub

Memiliki body scrub berkualitas adalah investasi yang sangat bagus bagi semua jenis kulit. Apalagi jika kamu memiliki jerawat di tubuhmu. Body scrub sangat esensial untuk mendorong pergantian sel-sel kulit tua dengan yang baru. Pilihlah yang berformula lembut dan mampu membuka pori-pori yang tersumbat.

4. Lakukan Spot Check

Punggung wanita

Tak peduli apakah itu jerawat di wajah atau punggung, spot check atau spot treatment harus diutamakan. Dengan menangani langsung pada bagian yang berjerawat, kemungkinan besar jerawatmu bisa segera diatasi. Gunakan krim jerawat atau produk sejenis, dan oleskan pada area yang ditumbuhi jerawat. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi jerawat di punggungmu.

5. Konsumsi Suplemen

Minum vitamin

Selain perawatan dari luar, kamu juga harus mulai mempertimbangkan perawatan dari dalam karena 80% dari sel-sel kulitmu hanya bisa dicapai melalui aliran darahmu. Ada berbagai macam suplemen yang bisa membantu mengatasi jerawat dari dalam, serta membuat kulit lebih bersih dan halus.

6. Gunakan Cuka Apel

Cuka apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami terbaik yang bisa mengatasi semua jenis jerawat, termasuk jerawat punggung. Cuka apel mengurangi inflamasi dan pertumbuhan bakteri karena kandungan anti inflamasi dan anti bakterinya. Di samping itu, bahan ini juga dapat menyeimbangkan kadar pH kulit. Encerkan 1 sdm cuka apel dengan 1 cangkir air. Oleskan cairan ini pada bagian yang berjerawat, dan tunggu 10 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian gunakan water-based moisturizer. Lakukan 2-3 kali dalam sehari sampai jerawat hilang. Kamu juga bisa mengkonsumsi cuka apel yang dicampur madu dan air hangat sehari 2 kali sebagai perawatan dari dalam.

7. Manfaatkan Madu

Madu

Madu bermanfaat untuk merawat area yang berjerawat agar tetap lembab. Madu juga merupakan antibiotik dan anti bakteri alami yang bisa mengurangi gejala jerawat dan mencegah infeksi. Menambahkan madu ke dalam rutinitas skIn care-mu dapat mencegah munculnya jerawat. Kamu bisa langsung mengoleskan madu pada jerawat di punggungmu, atau Mencampurnya dengan sedikit bubuk kayu  manis. Diamkan 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan sekali dalam sehari.  


Jadi, selalu jaga kebersihan, dan rawat jerawat punggungmu dengan teratur agar segera hilang ya, ladies!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini