Foto 5 Tips Memerahkan Bibir dan Menjaga Kesehatan Bibir dalam Waktu Singkat

5 Tips Memerahkan Bibir dan Menjaga Kesehatan Bibir dalam Waktu Singkat

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Kebanyakan wanita saat ini memerahkan bibir dengan cepat hanya menggunakan lipstik saja, padahal ada banyak cara memerahkan bibir secara alami tanpa lipstik lho.

Bibir hitam dapat disebabkan karena berbagai faktor, seperti penuaan, faktor genetik, merokok, serta oksidasi sinar matahari merupakan beberapa pemicu warna bibir menjadi gelap. Selain itu, penggunaan lipstik secara berlebihan juga dapat membuat warna bibir menjadi gelap karena komposisi bahan pembuatan lipstik juga sangat berpengaruh. Untuk itu sebaiknya kamu pintar-pintar dalam memilih lipstik yang aman ya, ladies! Berikut adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan warna bibir.

5 Tips Memerahkan Bibir dan Menjaga Kesehatan Bibir dalam Waktu Singkat

Bibir yang menghitam biasanya disebabkan oleh berbagai faktor dan pastinya akan membuat kamu menjadi tidak percaya diri. Yuk, simak caranya!

1. Strawberry, Cherry atau Tomat

Strawberry

Kandungan vitamin C di dalam strawberry, cherry atau tomat dapat membantu meremajakan kulit bibir sehingga tampak lebih cerah. Caranya cukup dengan haluskan buah, kemudian oleskan pada bibir secara merata, tunggu 15-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

2. Susu

Susu

Susu mengandung asam laktat yang efektif untuk mencerahkan kulit, termasuk kulit bibir. Kamu dapat mengoleskan susu murni pada bibir dan membiarkannya selama 10-15 menit, kemudian membersihkannya dengan air. Selain itu, kamu juga dapat mengkonsumsi susu untuk mendapatkan efek mencerahkan kulit bibir dari dalam.

3. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Aloe vera

Aloe vera (lidah buaya) memiliki manfaat untuk memerahkan bibir dengan menghilangkan warna gelap pada bibir. Selain itu, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pelembab bibir yang baik dengan efek dingin yang menyegarkan. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bibir, lalu diamkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

4. Es batu

Es batu

Efek dari dinginnya es dapat memicu pembuluh darah berkonstriksi atau menyempit sehingga memberikan tekanan yang lebih besar. Tekanan ini akan membuat pembuluh darah mengalir dan memberi nutrisi pada bibir dengan lebih baik sehingga bibir menjadi lebih merah. Gosok-gosokkan merata pada bibir secara lembut selama 3-5 menit sambil sesekali lakukan pemijatan pada bibir. Kamu dapat mengurangi durasi waktu pemakaian es batu pada bibir, jika bibirmu terasa kebas.

5. Bunga Mawar

Bunga mawar

Mawar memiliki manfaat kesehatan untuk mendinginkan, melembapkan, dan meringankan bibirmu. Mawar juga membantu untuk memberikan warna cerah ke bibirmu yang menghitam. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampur beberapa tetes air mawar ke dalam madu kemudian aplikasikan ke bibir. Lakukan perawatan ini setiap 3-4 kali dalam satu hari. Cara lainnya kamu bisa merendam kelopak bunga mawar ke dalam susu selama 1 jam kemudian tumbuk sehingga memiliki bentuk seperti pasta. Tambahkan setengah sendok manakan mandu dan sejumput kunyit. Aplikasikan pastanya ke bibirmu dan biarkan selama 15 menit. Lakukan ini 2 kali sehari.

Simak cara menjaga kesehatan bibirmu, pada halaman selanjutnya ya, ladies!

Tips untuk Menjaga Kesehatan Bibir agar Tetap Cerah

Selain melakukan beberapa cara memerahkan bibir diatas, kamu juga perlu untuk menjaga kesehatan bibir agar tetap cerah dan tidak kembali berwarna gelap atau kusam. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan bibir:

1. Hindari Menjilat Bibir

Menjilat bibir

Sekilas sesaat setelah kamu menjilat bibir akan membuat bibir tampak basah, tetapi hal ini justru akan membuat bibir lebih mudah kering dan pecah-pecah setelahnya.

2. Hindari Merokok

Merokok

Sangat disarankan untuk tidak merokok karena kandungan zat dalam rokok dapat membuat bibir berkerut dan berubah warna menjadi lebih gelap.

3. Gunakan Produk dengan SPF

Lip balm Moogoo

Sinar matahari yang terik dapat membuat bibir cepat kering dan kusam. Oleh karena itu, memakai lip balm dengan SPF dapat membantu melindungi bibirmu.

4. Minum Air Putih dalam Jumlah yang Cukup

Minum air putih

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas agar terhindar dari dehidrasi yang umumnya ditandai dengan bibir yang kering.

5. Hindari Penggunaan Lipstik Terlalu Sering

Lipstik merah

Penggunaan lipstick terlalu sering akan membuat bibir kering dan menghitam. Akan lebih baik jika mengganti lipstick dengan lip balm. Namun jika kegiatanmu menuntutmu memakai lipstick, pilih produk yang bebas dari bahan kimia berbahaya dan memiliki kelembaban yang tinggi serta vitamin E yang membantu menjaga kesehatan bibir.

6. Tingkatkan Konsumsi Sayur-Sayuran dan Buah-Buahan

Makan sayuran

Mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin E mampu menutrisi dan menjaga kesehatan kulit tubuh termasuk kulit bibir.


Bagaimana, mudah bukan ladies tips memerahkan bibir di atas? Asalkan kamu rajin melakukannya dengan rutin, memerahkan bibirmu bisa dilakukan dengan waktu singkat. Selamat mencobanya!

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini