Foto Ketahui Masa Kadaluarsa Produk Kecantikan Kamu!

Ketahui Masa Kadaluarsa Produk Kecantikan Kamu!

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Tak hanya makanan, produk kecantikan pun memiliki masa kadaluarsa. Lalu, bagaimana cara mengetahui masa kadaluarsa produk skin care dan makeupmu? Simak yuk infonya yang satu ini!

Setiap produk skin care dan make up dibuat dengan formula yang berbeda-beda. Sehingga, masa kadaluarsanya pun juga tak sama antara produk satu dengan lainnya. Selain itu, awet tidaknya produk tersebut juga tergantung dari bagaimana kamu menyimpan dan menggunakannya. Semakin sering produk-produk tersebut terpapar panas, sinar matahari, udara luar, bakteri, atau jari-jarimu, semakin rentan pula produk-produk itu menjadi tidak efektif lagi. Berapa lama sih masa kadaluarsa sebenarnya produk kecantikan itu? Yuk, simak masa kadaluarsa produk-produk kecantikan ini!

Moisturizer: 6 Bulan Hingga 1 Tahun

Moisturizer

Kebanyakan moisturizer baik digunakan 6 bulan hingga 1 tahun setelah dibuka. Produk yang dikemas dengan “jar” biasanya lebih cepat kadaluarsa karena riskan sekali terkena bakteri dari jarimu ketika mengambil moisturizer. Dan produk di dalam “pump” bisa bertahan lebih lama. Namun yang terpenting adalah memperhatikan perubahan bau, tekstur, dan warna, yang bisa menjadi pertanda bahwa produk tersebut sudah saatnya dibuang.

Serum: 6 Hingga 9 Bulan

Serum vitamin C

Sumber: Ganique

Masa kadaluarsa serum lebih pendek karena kandungan bahan berperforma tingginya bisa kehilangan keefektifannya. Formula dengan vitamin C atau kandungan lain yang mengoksidasi memang berkurang keefektifannya setelah terekspos udara. Jadi sebaiknya kamu pilih serum dengan kemasan kedap udara agar formulanya terlindungi.

Face wash: 6 Bulan Hingga 1 Tahun

Garnier facial wash

Formula oil-based bisa bertahan hingga 1 tahun jika disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Sementara itu formula water-based harus digunakan dalam kurun 6 bulan, terutama jika mengandung BHA, AHA, atau enzim yang bisa mengoksidasi dengan cepat.  

Oil: Kurang Lebih 1 tahun

Bodyshop tea tree oil

Sumber: Thebodyshop

Oil lebih tahan terhadap bakteri dibandingkan produk-produk water-based. Namun tetap saja semua itu bergantung pada bagaimana kamu memperlakukannya. Oil bisa bertahan hingga 1 tahun, tapi kalau tidak disimpan dengan benar bisa cepat tengik. Simpanlah di tempak sejuk dan gelap.

Body Lotion: 1 Hingga 2 Tahun

Body lotion

Body lotion hampir sama dengan moisturizer. Produk ini bisa bertahan hingga 1 tahun, bahkan hingga 2 tahun, tergantung jenis formulanya dan apakah sering tereskpos bakteri. Sekali lagi, sangatlah penting untuk memeriksa apakah ada perubahan pada produk tersebut dibandingkan dengan ketika pertama kali dibuka.

SPF: Cek Tanggal Kadaluarsanya

Sunscreen

SPF biasanya diatur lebih ketat, sehingga diharuskan  mencantumkan tanggal kadaluarsanya. Meskipun begitu, ada kemungkinan SPF sudah tidak layak digunakan sebelum tanggal kadaluarsanya. Hal itu terjadi kalau kamu tidak memperlakukannya dengan benar. Jangan meninggalkannya di tempat yang panas, termasuk di bawah sinar matahari atau di dalam mobil yang panas.

Foundation: 6 Bulan Hingga 1 Tahun

Foundation

Sangat dianjurkan untuk mengganti foundation dan produk makeup wajah lainnya yang tidak berbentuk powder setelah 6 blan hingga 1 tahun. Penting sekali untuk memperhatikan kalau-kalau ada perubahan pada produk-produk tersebut, begitu juga dengan bagaimana kamu menjaga kebersihan kuas atau sponmu. Jika tidak dibersihkan dengan layak, peralatan tersebut bisa menarik banyak bakteri dan menyebar ke dalam produk dan kulitmu.

Maskara: 3 Hingga 6 Bulan

Mascara

Maskara dan eyeliner harus diganti setiap 3 hingga 6 bulan dan sebaiknya kamu meruncingkan eyeliner kamu setiap kali akan memakainya untuk mencegah bakteri masuk ke dalam matamu.

Lip Gloss: 1 Tahun

Lip gloss

Meski lipstik disebut-sebut bisa bertahan sampai 2 hingga 3 tahun, namun lebih dianjurkan kamu memakainya hingga 1 tahun saja. Apalagi untuk penggunaan di area mulut, produk-produk kecantikan yang masih fresh rasanya jauh lebih aman.


Nah, sekarang giliranmu untuk cek produk kecantikanmu sendiri, ladies. Jangan sampai kamu memakai barang-barang kadaluarsa dan malah membahayakan tubuhmu sendiri ya, ladies!

Tags:

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini