Foto 6 Langkah Periksa Payudara Sendiri (SADARI) untuk Mendeteksi Kanker Payudara

6 Langkah Periksa Payudara Sendiri (SADARI) untuk Mendeteksi Kanker Payudara

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Kanker payudara masih menjadi momok bagi kaum perempuan. Tak mengherankan karena kanker itu paling umum ditemukan di antara perempuan. Yuk, periksa payudara sendiri dengan mudah!

Kanker payudara merupakan kanker dengan jumlah kasus terbanyak dan menjadi salah satu penyebab kematian utama akibat kanker. Hal itu karena sebagian besar pasien kanker payudara datang berobat pada stadium lanjut. Padahal, jika terdeteksi dini dan segera diterapi, sebetulnya kanker bisa dikalahkan. Kesehatan payudara tentu menjadi perhatian semua wanita. Di samping untuk estetika, kesehatan payudara juga berguna untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, para wanita disarankan agar bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri agar dapat deteksi dini.

6 Langkah Periksa Payudara Sendiri untuk Mendeteksi Kanker Payudara

Memeriksa payudara

Sumber: magic-doctor

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dapat dilakukan oleh wanita siapa pun setelah berusia 20 tahun. Saat yang paling tepat untuk melakukan pemeriksaan ini adalah pada hari ke 5-7 hari setelah menstruasi, saat payudara tidak mengeras, membesar, atau nyeri lagi. Untuk wanita yang telah menopause, atau tidak menstruasi lagi, mereka dapat melakukannya kapan saja, dan disarankan untuk memeriksanya sendiri setiap awal atau akhir bulan. Yuk, simak langkah-langkah melakukan SADARI!

1.Mulailah pemeriksaan dengan mengamati bentuk payudara di cermin. Pastikan bahu lurus sejajar, dan letakkan tangan di pinggang. Perhatikan bentuk, ukuran, dan warnanya. Kelainan yang mungkin ditemukan seperti kerutan, benjolan, lekukan, posisi puting yang tidak normal, atau struktur kulit yang tidak normal (merah, kasar, berkerut), atau bahkan nyeri.

2.Angkatlah kedua lengan untuk melihat kelainan bentuk payudara lagi. Lihatlah apakah kedua payudara terangkat bersama-sama.

3.Dengan menggunakan ujung jari, tekan perlahan permukaan payudara dan rasakan apakah ada benjolan. Rabalah sesuai dengan pola berikut: melingkar, dari atas ke bawah, dari tengah ke samping, sampai area ketiak. Lakukan langkah ini pada kedua payudara.

4.Selain pola melingkar, kamu juga bisa melakukan pola diagonal.

5.Peras puting secara perlahan, lihatlah apakah ada keluar cairan berwarna putih, atau kekuningan, atau bahkan darah.

6.Selain dengan berdiri, kamu juga dapat memeriksanya dalam keadaan berbaring. Ganjallah separuh punggung (sisi payudara yang mau diperiksa) dengan bantal. Taruhlah tangan dibelakang kepala. Lalu gunakan ujung jari tangan Anda yang berlawanan untuk memeriksa.

Cara Lain untuk Memeriksa Payudara

Memeriksa payudara

SADARI juga bisa dilakukan saat mandi dengan menggunakan sabun. Sabun membuat permukaan payudara lebih licin, sehingga jika ada benjolan dalam payudara, akan lebih mudah untuk mengetahuinya. Apabila ditemukan benjolan pada payudara, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan secara medis seperti berikut ini:

Mammogram

Mammogram adalah metode untuk memeriksa apakah benar terdapat benjolan dalam payudara dengan menggunakan sinar X. Mammogram hanya dapat mendeteksi adanya benjolan dan tidak dapat memastikan apakah benjolan tersebut merupakan sel kanker. Untuk mengetahui apakah sel tersebut merupakan sel kanker perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Ultrasound

Metode Ultrasound atau yang juga dikenal dengan USG dapat digunakan untuk mendeteksi adanya benjolan pada payudara. Jika benjolan/ kista yang ditemukan berukuran kecil, maka dapat dilakukan Fine Needle Aspiration (FNA) untuk memeriksa dan mengangkat kista tersebut. Namun apabila ditemukan kista berukuran sedang atau besar dan padat serta berpotensi menimbulkan kanker, maka konsultasikan dengan dokter apa yang sebaiknya dilakukan. Biasanya dokter akan menyarankan operasi pengangkatan payudara sebagian (lumpectomy) atau pengangkatan payuda total (mastectomy).


Nah, itu dia cara periksa payudara sendiri dengan mudah. Segera ketahui gejala kanker payudara sedari dini ya sebelum semakin parah.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2017 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Miss V dengan Thermiva Kini Telah Hadir di Indonesia

Perawatan Miss V dengan Thermiva Kini Telah Hadir di Indonesia

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
7 Cara Mencegah Kanker yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

7 Cara Mencegah Kanker yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

Santi Berlinawati Santi Berlinawati