Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Cara Menghilangkan Luka dalam Sekejap dengan 5 Trik Rahasia Ini!

Kesal dengan luka yang sulit untuk disembuhkan atau dihilangkan? Yuk, coba deh tips berikut ini supaya lukamu bisa sembuh dalam waktu cepat.

Meydiana Widyaningsih

Luka pada kulit bisa menjadi salah satu gangguan yang menyebalkan, bukan? Selain perih dan sakit di kulit, luka yang sulit disembuhkan juga bisa mengganggu kebersihan kulit kamu, lho! Umumnya jika kamu mendapati luka, kamu hanya mencucinya dengan air bersih dan sabun saja atau menggunakan cairan alkohol dan antibakteri agar lukamu tidak mengalami infeksi, Tapi, faktanya cara tersebut tidak cukup membantu dalam proses penyembuhan luka. 

Ada beberapa cara dan bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini, kok. Selain alami, bahan-bahan tersebut juga mampu menyembuhkan lukamu dalam waktu yang cepat. Nih, berikut tipsnya yang bisa kamu langsung coba di rumah.

Bawang Putih

Bawang putih

Kalau kamu memiliki luka kecil tapi sulit untuk disembuhkan, kamu bisa coba aplikasikan bawang putih di luka kecilmu. Berdasarkan penelitian, bawang putih memiliki zat allicin yaitu zat antibakteri yang sangat mengagumkan. Cukup iris tipis bawang putih dan aplikasikan langsung ke area luka. Setelah 20 menit, bilas lukamu dengan air bersih.

Kunyit

Menghilangkan luka

Salah satu bumbu dapur ini ternyata juga bisa kamu gunakan sebagai obat luka yang ampuh, lho! Di dalam kunyit terdapat zat antimikroba penyebab infeksi pada luka serta mengandung zat anti immflamasi. Zat asam pada kunyit juga mampu menghentikan pendarahan.

Kentang

Potato

Bahan makanan ini juga bisa jadi alternatif untuk kamu gunakan pada luka yang sulit disembuhkan. Kamu cukup potong kentang menjadi beberapa bagian kemudian iris dan parut kentang. Jika sudah selesai, langsung aplikasikan pada luka yang sulit disembuhkan tadi, Jangan lupa ganti parutan kentang yang kamu tempelkan pada luka setiap 4 jam sekali. Waktu yang tepat untuk menggunakan kentang ini adalah pada malam hari.

Aloe Vera

Aloe vera

Aloe vera memang sudah terkenal memiliki berbagai manfaat dalam bidang kesehatan, termasuk dalam hal penyembuhan luka, Aloe vera bisa jadi obat pada luka yang sulit disembuhkan karena di dalam aloe vera terdapat zat antiseptic yang ampuh menutup luka dengan cepat. Selain itu, di dalam aloe vera juga terdapat kandungan vitamin E yang bagus untuk mencegah kerusakan kulit akibat luka tersebut.

Madu

Menghilangkan luka dengan madu

Ada dua manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan madu untuk kamu aplikasikan pada luka. Pertama, madu sangat efektif dalam proses penyembuhan luka dengan sangat cepat. Kedua, madu memiliki zat antibiotik yang bagus untuk membunuh bakteri penyebab infeksi pada luka. Jadi, kalau kamu ingin luka pada kulit bisa segera hilang dan sembuh, gunakanlah madu murni dan oleskan di area luka.

Menggunakan bahan-bahan alami untuk menyembuhkan luka ternyata lebih efektif ya! Meskipun sudah tahu tips dan trik menghilangkan luka ini, alangkah baiknya jika kamu tetap menjaga dirimu agar tidak terluka kembali ya, ladies!

Tagged in:
Meydiana Widyaningsih
Easy going
Share this article

Artikel Terkait