Foto Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini Jika Kamu Ingin Mengecilkan Pori-Pori Wajahmu

Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini Jika Kamu Ingin Mengecilkan Pori-Pori Wajahmu

Foto Marga Apsari
Hati-hati, 6 kebiasaan inilah yang menghambatmu memiliki kulit yang lembut dan bebas masalah.

Siapa sih wanita yang tidak menginginkan wajah yang mulus dan bebas jerawat? Namun, tidak semudah itu untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang mulus karena kondisi kulit dan pori-pori wajah setiap orang berbeda-beda. Faktanya, kita semua memiliki pori-pori. Bagi beberapa orang yang memiliki pori-pori besar sangatlah mengganggu. Terlebih lagi, pori-pori besar inilah yang biasanya menjadi penyebab masalah-masalah kulit seperti jerawat atau komedo. Mungkin kamu tak menyadarinya, tapi beberapa kebiasaan yang seringkali kita lakukan merupakan penyebab menyumbatnya pori-pori. Untuk kamu yang ingin mengecilkan pori-pori wajah, sebaiknya jangan melakukan kebiasaan buruk ini ya, ladies!

Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini Jika Kamu Ingin Mengecilkan Pori-Pori Wajahmu

Berikut ini adalah 6 kebiasan yang harus kamu hindari jika tidak ingin pori-porimu tersumbat:

1. Memencet Jerawat

Memencet jerawat

Jika kamu menginginkan wajah yang mulus bebas jerawat, sebaiknya kamu hindari memencet jerawat! Sebab, ketika kamu melakukan hal tersebut, kamu akan membuat kulitmu menimbulkan garis-garis halus, inflamasi dan bakan iritasi. Semua hal ini akan membuat pori-pori wajahmu semakin membesar dan tersumbat. Untuk menyembuhkan jerawat kamu bisa gunakan produk perawatan yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide.

2. Menyentuh Wajah Terus-terusan

Menyentuh wajah

Pikirlah sekali lagi sebelum kamu menyentuh wajahmu dengan tangan dan jari-jarimu. Bisa saja gagang pintu, meja, kursi, atau uang di dompetmu telah terkontaminasi kuman jahat, yang kemudian berpindah ke tanganmu. Kemudian kuman-kuman tersebut berpindah lagi ke wajahmu saat kamu menyentuhnya. Pada akhirnya kuman-kuman ini akan membuat wajahmu kotor dan menyumbat pori-pori. Jika kamu ingin membersihkan wajahmu, pastikan kamu membersihkan tanganmu terlebih dahulu ya!

3. Lupa Membersihkan Make up Sebelum Tidur

Tidur dengan menggunakan make up

Mungkin kamu telah mendengar hal ini sampai bosan, bahwa kamu harus membersihkan makeup sebelum tidur. Hal ini memang benar adanya, ladies! Tidak membersihkan wajah sebelum tidur dapat meneyebabkan sisa-sisa makeup, minyak, debu polusi, dan kuman lainnya terus bertengger di kulitmu seharian dan menyumbat pori-pori.

4. Membiarkan Minyak dan Sel Kulit Mati Menumpuk

Wajah berminyak

Penyebab utama tersumbatnya pori-pori adalah berlebihnya produksi sebum, yaitu minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit. Sebum ini sebenarnya berfungsi untuk melembapkan kulit dan menyalurkan vitamin E. Bila pori-pori tertutup sel kulit mati, sebum akan tetap diproduksi oleh kulit dan akhirnya menyebabkan jerawat atau komedo. Saat jerawat dan komedo muncul, pori-pori kulit akan ikut membesar dan mempermudah proses penyumbatan.

5. Melewatkan Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah

Cara terbaik untuk membersihkan pori-pori adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Cleanser biasa tidak dapat menghilangkan sel-sel kulit mati secara keseluruhan. Jika sel-sel kulit mati, menumpuk, pori-pori wajahmu akan tersumbat. Namun, perhatikanlah bahwa ini bukan berarti kamu harus melakukan eksfoliasi sering-sering. Kamu hanya perlu melakukannya 1-2 kali dalam seminggu.

6. Menggunakan Make up yang Salah

Wanita make up

Untuk menutupi pori-pori yang besar, seringkali wanita menggunakan concealer atau make up yang tebal. Namun, kosmetik comedogenic akan membuat pori-porimu tersumbat, ladies. Pastikan kamu memilih kosmetik dengan label non-comedogenic ya! Apabila kulitmu berjerawat, kamu bsia menggunakan make up dengan kandungan mineral.


Maka dari itu, jika kamu ingin memiliki kulit mulus bebas komedo dan jerawat, kamu harus perhatikan 6 kebiasaan ini, ladies! Bila kamu masih sering melakukannya, segeralah ubah kebiasaan itu agar kamu tak menyesal nantinya.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini