Foto Cara Merawat Kulit agar Selalu Lembut dengan Bahan-Bahan Alami

Cara Merawat Kulit agar Selalu Lembut dengan Bahan-Bahan Alami

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Kulit yang kasar bisa terjadi karena kondisinya yang kering karena kekurangan kelembaban. Untuk mengatasinya, inilah 6 bahan penting yang akan membuat kulit halus dan kenyal kembali.

Memiliki kulit yang halus dan lembut adalah dambaan setiap wanita. Namun, kondisi kulit setiap orang yang berbeda-beda membuat setiap orang berusaha untuk mendapatkan kulit yang lembut. Kulit kering tidak hanya disebabkan oleh faktor genetik, namun bisa disebabkan oleh faktor cuaca yang terik sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

Cara merawat kulit setiap orang berbeda-bedan dan salah satu faktor yang sangat penting untuk mempertahankan kelembutan kulit kita adalah kadar kelembaban kulit yang selalu terjaga. Tanpa kelembaban yang cukup, kulit akan menjadi kering dan kusam. Apalagi jika usia kita sudah tak lagi muda, kulit pun akan lebih rentan muncul garis-garis halus dan keriput. Oleh sebab itu, pilihlah produk-produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengembalikan kelembutan kulitmu.Selain terkandung dalam produk skincare, kamu juga bisa memakainya langsung untuk merawat kulitmu. Yuk, simak apa saja bahan-bahan alami tersebut.

Lidah Buaya

Lidah buaya

Ingin mengatasi kulit yang sangat kering? Pakai saja lidah buaya. Gel dari tanaman ini memiliki kandungan anti inflamasi yang sudah terbukti sangat efektif untuk membantu berbagai masalah, mulai dari masalah kulit eksim, di mana kulit menjadi sangat kering dan gatal, hingga ketombe dan luka bakar.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa

Kamu pasti sudah tahu jika bahan ini juga memiliki banyak manfaat, mulai dari melembabkan kulit hingga membersihkan makeup. Tapi, tahukah kamu jika yang membuatnya sangat efektif sebagai moisturizer adalah karena bahan ini mampu menciptakan lapisan perlindungan yang akan mengunci kelembaban di dalam kulit? Inilah apa yang disebut sebagai occlusive agent oleh para ahli dermatologi.

Rosehip Seed Oil

Rosehip seed oil

Kalau kamu memiliki masalah kulit yang kompleks, kamu bisa mencoba khasiat bahan ini. Rosehip seed oil selain melembabkan kulit juga mampu mengurangi noda-noda hitan di wajah serta bekas jerawat. Di samping itu, bahan ini juga sangat kaya akan antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Minyak tumbuhan yang satu ini akan sangat membantumu dalam mengatasi kulit kering serta tanda-tanda penuaan pada kulit.

Shea Butter

Shea butter

Mungkin kamu sering melihat bahan ini tertera dalam label produk skincare, namun tidak tahu apa manfaatnya. Shea butter merupakan sumber vitamin A dan E, yang akan menjadikan kulitmu terasa lebih halus dan lembut. Studi juga membuktikan bahwa bahan ini juga memiliki kandungan anti inflamasi. Selain itu, shea butter juga sangat bermanfaat untuk menyamarkan garis-garis halus dan kerutan yang mulai muncul di wajahmu.

Ceramide

Ceramide

Kalau ada lemak yang bagus bagi kulitmu, maka ceramide-lah jawabannya. Ceramide merupakan molekul lemak yang dapat membantuk kulit mempertahankan kelembabannya. Kalau kulitmu kering, kemungkinan besar kamu kekurangan lemak ini. Dan keuntungan lain memakai ceramide adalah sangat mudah diserap kulit, sehingga kulit yang kering pun dapat segera bisa dilembabkan kembali dengan bahan yang dapat menahan kelembaban.

Hyaluronic Acid

Krim wajah

Bayangkan bahan ini sebagai spon yang bisa menyerap kelembaban dalam jumlah yang besar. Seberapa banyak? 1000 kali beratnya di dalam air. Artinya bahan ini sangat melembabkan kulit dan karena hyaluronic acid mengembang ketika menyerap air, hal ini juga menandakan bahwa bahan ini mampu mengurangi garis-garis halus di wajah dan kerutan.


Bagaimana, ladies? Mulai sekarang cek kembali krim badan dan wajahmu ya, serta buktikan saja sendiri keampuhan bahan-bahan tersebut. Semoga bermanfaat!

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2022 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini