Foto Aneka Keuntungan Ini Ternyata Dimiliki oleh Wanita dengan Kulit Sawo Matang

Aneka Keuntungan Ini Ternyata Dimiliki oleh Wanita dengan Kulit Sawo Matang

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Kulit gelap tidak semestinya bikin kamu minder. Sebab justru kulit gelap membuatmu mendapatkan keuntungan ini.

Kebanyakan orang yang memiliki kulit sawo matang merasa minder karena kulitnya tidak putih dan cerah. Apalagi bagi wanita Indonesia, standar cantik di Indonesia yaitu memiliki kulit yang cerah sehingga banyak wanita yang berlomba-lomba menggunakan produk untuk kulit demi mencerahkan warna kulit mereka. Memang tak sedikit wanita dengan kulit sawo matang yang tidak percaya diri dengan warna kulitnya. Sebab mereka menganggap bahwa wanita berkulit cerah tampak jauh lebih menarik daripada mereka. Kalau kamu termasuk salah seorang wanita yang memiliki kulit sawo matang, apakah kamu pernah mengalaminya, ladies?

Sebenarnya semua wanita memiliki kecantikan khas yang tidak ada pada diri wanita lain lho. Jadi, kamu tidak perlu merasa malu dengan kulit gelap yang kamu miliki. Bahkan kamu harus tahu bahwa wanita berkulit gelap ternyata beruntung karena mereka memiliki keuntungan yang tidak dimiliki oleh orang dengan kulit cerah. Yuk, simak apa saja manfaatnya!

Mengurangi Dampak Buruk Sinar Matahari Bagi Kulit

Wanita di bawah pohon

Keberadaan melanin pada kulit adalah salah satu penangkal alami bagi dampak buruk sinar matahari. Jumlah melanin yang cukup banyak pada kulit adalah hal yang membuat kulitmu lebih tahan terhadap dampak buruk sinar matahari. Jadi, wanita berkulit gelap membutuhkan perlindungan kulit yang tingkatnya lebih ringan daripada wanita berkulit cerah. Sinar matahari dapat menjadi pemicu kanker kulit. Kemampuan kamu untuk bertahan dari efek sinar matahari yang merusak dengan sinar UV-nya tergantung dengan seberapa banyak kandungan melanin yang ada dalam kulit kamu yang ditentukan oleh melanosit aktif di dalam permukaan kulit.

Melanin Sangat Bermanfaat Bagi Sistem Kekebalan Tubuh

Melanin pada kulit sawo matang

Melanin merupakan pigmen yang membentuk warna kulit manusia. Semakin banyak kandungan melanin pada kulitmu, maka semakin gelap pula warnanya. Melanin rupanya tidak cuma menjadi komponen pembentuk warna kulit. Lebih dari itu, kadar melanin tinggi juga mampu membantu tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit. Hal inilah yang menyebabkan tentara kulit putih 3 kali lebih rentan sakit ketika berada di hutan dibandingkan rekan-rekan mereka yang warna kulitnya lebih gelap.

Melindungi Tubuh dari Parasit Penyerang Saraf

Warna kulit sawo matang

Parasit Cryptococcus neoformans merupakan salah satu jenis mikroorganisme yang dapat menyerang sistem saraf pusat manusia. Serangan parasit yang satu ini bisa mengakibatkan manusia mengidap penyakit saraf serius seperti multiple sklerosis, parkinson, dan beberapa penyakti saraf lainnya. Sebuah fakta menyebutkan bahwa orang-orang berkulit putih lebih rentan terkena serangan parasit tersebut karena kandungan melanin pada kulitnya tidak sebanyak orang-orang berkulit sawo matang.

Memiliki Tulang yang Kuat

Tulang yang kuat

Tahukah kamu bahwa sinar UV sebenarnya tidak sepenuhnya buruk untuk tubuh kita? Sinar UV secara alami dapat mengubah kolesterol pada tubuh menjadi vitamin D yang bermanfaat untuk tulang dalam membuatnya menjadi kokoh sehingga tidak mudah patah dan rapuh. Namun, memang terlalu banyak terpapar dengan sinar UV dapat menguras kandungan vitamin B dalam tubuh, seperti kulit yang terbakar, jika terlalu banyak paparannya akan mengarah ke kanker.

Kulit Gelap Membuatmu Lebih Awet Muda

Terlihat awet muda

Satu lagi fakta mencengangkan soal melanin pada kulitmu. Rupanya kulit yang memiliki kandungan melanin tinggi lebih awet muda daripada kulit putih dengan kandungan melanin rendah. Sebab melanin membuat kulitmu jadi tidak mudah keriput, tidak kering, dan risiko timbulnya flek hitam pun jadi lebih rendah. Manfaat melanin tersebut membuat kulitmu menjadi sehat dan risiko kanker kulit pun tergolong rendah.


Setelah membaca fakta tentang keuntungan yang dimiliki wanita kulit sawo matang ini, tentu kamu tidak akan berkecil hati lagi ya karena warna kulit yang gelap. Apa pun warna kulitmu, kamu semua memiliki sisi kecantikan istimewa yang berbeda dengan wanita lain. Jadi, rawatlah kulitmu secara cermat supaya senantiasa sehat dan awet muda, ya.

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini