Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Langkah Merawat Kulit Wajah Rutin yang Wajib Dilakukan Setiap Hari oleh Si Kulit Berminyak

Kulit berminyak memang butuh perawatan ekstra! Jangan sampai ketinggalan rutinitas perawatan kulit ini, ladies.

Marga Apsari

Mereka yang memiliki masalah kulit berminyak pasti tak bisa jauh-jauh dari oil-blotting sheets atau kertas minyak wajah. Ini saatnya kamu mengurangi penggunaan kertas minyak dan buat kondisi kulitmu lebih seimbang, ladies! Apabila kamu sudah lelah dengan make up-mu yang mudah luntur gara-gara minyak berlebih, ini saatnya kamu merapikan rutinitas perawatan kulitmu.

6 Langkah Perawatan Kulit Rutin Untuk Kulit Berminyak

Ada 6 langkah perawatan kulit yang wajib dilakukan untuk mereka dengan kulit berminyak, agar kondisi kulit menjadi lebih seimbang. Penasaran apa saja rutinitas perawatan kulit tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Langkah 1: Cleansing

Cleansing

Langkah yang satu ini sangat penting untuk si kulit berminyak. Minyak yang berlebih dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Namun, membersihkan wajah secara keseluruhan mungkin sulit dilakukan dengan produk biasa. Carilah produk pembersih wajah yang khusus dibuat untuk kulit berminyak untuk mengatasi hal ini.

Bila kamu sulit menemukannya, kamu bisa melakukan double cleansing yang memegang peranan penting dalam perawatan kulit. Jangan lupa untuk membersihkan tanganmu sebelum kamu membersihkan wajah ya, ladies!

Langkah 2: Toner

Toner

Toner merupakan hal yang esensial untuk perawatan kulit berminyak. Gunakanlah toner yang dibuat khusus untuk kulit berminyak. Kamu bisa mengaplikasikan toner dengan kapas atau menaruhnya pada botol spray. Pastikan kamu menghindari bagian mata saat mengaplikasikan toner.

Langkah 4: Moisturizer Atau Serum

Serum

Memiliki kulit berminyak bukan berarti kamu harus terus-menerus membuat wajah sekering mungkin. Kamu tetap harus menjaga kelembapan pada wajah. Sebab, saat wajah kering, kulit akan semakin memproduksi minyak berlebih. Setelah menggunakan toner, kamu bisa aplikasikan moisturizer atau serum wajah. Gunakan moisturizer yang dibuat untuk mereka dengan kulit berminyak. Pilihlah moisturizer dengan tekstur yang ringan agar wajah tidak terasa berat.

Langkah 5: Sunscreen

Sunscreen

Apapun jenis kulitmu, kamu wajib melindunginya dari efek buruk radiasi sinar matahari, yang dapat menyebabkan penuaan dini, bahkan kanker kulit. Namun, kebanyakan wanita dengan kulit berminyak justru menghindari pemakaian sunscreen, sebab kulit akan semakin tampak berminyak nantinya. Untuk itu, banyak ahli kecantikan yang menyarankan penggunaan mineral powder SPF pada area wajah dan leher. Dengan demikian, kulit wajah cantikmu akan terlindungi tanpa perlu merasakan campuran sunscreen yang cenderng oily.

Langkah 6: Masker

Masker

Langkah perawatan kulit selanjutnya adalah masker yang dapat menyeimbangkan produk kecantikan yang membuat kulit terlalu kering. Kamu bisa coba berbagai masker alami untuk mengatasi masalah minyak berlebih pada kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menggunakan maskermu  sebanyak dua kali dalam seminggu.

Walaupun terlihat sulit, sebenarnya perawatan kulit untuk kamu yang memiliki masalah minyak berlebih cukup mudah. Selamat mencoba, ladies!

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait